Khasiat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Khasiat Kulit Pisang untuk Kesehatan - Kulit pisang sangat mudah kita temui, dimana saja. Pisang adalah salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan (Baca : Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan). Selain untuk kesehatan, buah pisang juga bermanfaat untuk kecantikan dan keperluan kita sehari-hari.

Khasiat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Buah pisang bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker, daun pisang biasanya digunakan untuk membungkus makanan. Sedangkan batang pohon pisang digunakan untuk pertunjukan wayang, atau digunakan sebagai media untuk mengeringkan jenis penganan seperti opak, bahkan akarnya bisa dimasak. Tidak berhenti sampai disitu, kulit pisang juga ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Hal ini karena kulit pisang mengandung antijamur dan antibiotic, mineral, vitamin, serat, yang berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Khasiat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Mengobati Psoriasis

Khasiat kulit pisang untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai obat tradisional penyakit psoriasis. Kulit pisang ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit psoriasis. Caranya mudah, kita cukup menggosokkan kulit pisang bagian dalam ke bagian kulit yangn terkena penyakit psoriasis. Pada awalnya, bagian kulit yang psoriasis yang diobati akan terlihat memerah, tetapi jika diobati secara terus menerus dan teratur, maka psoriasis akan dapat disembuhkan.

Mengobati Jerawat

Siapa yang mengira, bahwa ternyata kulit pisang merupakan obat tradisional penghilang jerawat yang efektif? Cara mendapatkan manfaat kulit pisang untuk mengobati jerawat ini cukup mudah, gosokkan bagian dalam kulit pisang di area wajah yang berjerawat. Jika pengobatan dilakukan secara rutin, jerawat pada wajah dapat diatasi secara tuntas. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya lakukan pengobatan jerawat dengan kulit pisang pada malam hari.

Mengobati Kutil

Kulit pisang identik dengan pengobatan penyakit kulit. Bahkan kulit buah yang berwarna kuning ini ternyata efektif digunakan sebagai obat kutil. Kita hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada bagian kutil setiap malam. Perubahan bisa dilihat pada hari ke-7 sampai hari ke-10 setelah penggunaan rutin. Lakukan pengobatan secara rutin setiap hari, sampai keluhan sembuh.

Mengobati Luka

Kulit pisang juga sangat efektif untuk mengobati luka. Terutama luka yang ada pada lutut. Biasanya jika kita mengalami sebuah kecelakaan atau terjatuh dan menimbulkan luka goresan, kita bisa memanfaatkan kulit pisang untuk mengobatinya. Kita bisa mengoleskan kulit pisang yang bagian dalam pada luka yang telah dibersihkan.

Memutihkan Gigi

Banyak yang percaya bahwa kulit pisang bisa memutihkan gigi. Hal ini memang benar, jika kita menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi dengan gerakan memutar. Khasiat kulit pisang ini dapat terlihat setelah penggunaan rutin selama kurang lebih 2 minggu.

Mengatasi Gigitan Nyamuk

Kulit pisang mampu mengobati gigitan nyamuk, jika kita terkena gigitan nyamuk, kulit kita akan mengalami iritasi. Akibatnya kulit kita akan mengalami garal-gatal, bentol atau ruam merah pada kulit. Dan untuk mengatasi akibat gigitan nyamuk tersebut, kita bisa menggunakan kulit pisang.

Mengatasi Gatal dan Iritasi

Iritasi, ruam, gatal-gatal, alergi bahkan luka memar pada kulit ternyata bisa diatasi dengan menggunakan kulit pisang. Kita bisa menempelkan kulit pisang bagian dalam pada luka atau bagian kulit yang dakit, selama semalam. Kulit pisang memiliki kandungan mineral yang membantu mengurangi rasa gatal.

Mempercantik Kulit

Kabar gembira bagi Anda yang ingin memiliki kulit cantik secara alami. Kulit pisang bisa dijadikan salah satu alternatif untuk membuat kulit wajah Anda menjadi lebih cantik dan lembab. Caranya, kita cukup menggosokkan kulit pisang pada wajah sebelum tidur dan biarkan semalaman. Pagi harinya, bilaslah wajah dengan air hangat. Lakukan secara rutin, dan lihatlah hasilnya.

Demikianlah sajian informasi khasiat kulit pisang untuk kesehatan. Dengan mengetahui manfaat kulit pisang bagi kesehatan, semoga kita bisa menjadi lebih bijak lagi untuk bisa mengambil manfaat kulit pisang yang selama ini belum kita sadari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

1 comments: