Manfaat Luar Biasa Paprika untuk Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Paprika untuk Kesehatan - Paprika juga dikenal dengan Capsicum dan tersedia dalam berbagai warna seperti : kuning, merah, hijau, ungu, dan oranye. Sayuran yang memiliki bentuk seperti lonceng ini telah dibudidayakan lebih dari 900 tahun yang lalu di Amerika Tengah dan Selatan.

Manfaat Luar Biasa Paprika untuk Kesehatan
Paprika dalam bahasa ilmiahnya Capsicum annuum dan termasuk ke dalam kategori nightshade (Solanaceae) keluarga tanaman yang terdiri dari Cabai, cabai rawit, kentang, tomat, dan terong. Paprika memiliki rasa manis yang khas dan renyah, paprika hijau memiliki rasa pahit sedangkan yang merahk,oranye dan kuning cenderung lebih manis. 

Selain mampu menambah rasa dan membuat daya tarik dalam setiap menu masakan, paprika juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin A, C dan K, karotenoid, dan serat makanan yang membuat sayuran ini sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Paparika juga memiliki kandungan vitamin B6 dan folat yang membantu untuk menurunkan kadar homocysteine, sehingga mengurangi resiko penyakit jantung.

1. Kesehatan Mata

Paprika mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan paprika merah membantu untuk menjaga kesehatan mata dan menjernihkan penglihatan, terutama pada malam hari. Paprika adalah sumber yang kaya akan karotenoid yang disebut dengan lutein yang membantu dalam mengurangi resiko degenerasi makula pada mata. Degenerasi makula mata adalah penyebab paling umum dari usia terkait kehilangan penglihatan. Paprika juga melindungi mata dari katarak karena tingkat beta-karoten dan juga vitamin C.

2. Penurunan Berat Badan

Paprika merah dapat membantu dalam mengaktifkan thermogenesis dan meningkatkan tingkat metabolisme. Paprika memiliki aksi termogenik  ringan yang meningkatkan metabolisme tanpa meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah sehingga tidak seperti cabai. Oleh karena iru, paprika dapat membantu proses berlangsungnya penurunan berat badan atau program diet yang sedang Anda jalani.

3. Anti Kanker

Kandungan paprika yaitu antioksidan dan anti-inflamasi nutrisi sehingga paprika memberikan beberapa manfaat anti-kanker. Risiko kanker meningkat karena peradangan kronis yang berlebihan dan stres oksidatif yang tidak diinginkan kronis. Faktor-faktor ini dapat diimbangi dengan asupan rutin fitonutrien yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, paprika juga mengandung senyawa belerang. Enzim enzim  paprika membantu untuk mencegah kanker lambung dan kanker kerongkongan. Sedangkan kandungan karotenoid lycopene ditemukan efektif dalam pencegahan prostat, kandung kemih, leher rahim dan kanker pankreas.

4.  Mengandung Manfaat Kardiovaskular


Paprika merah kaya akan kandungan likopen, sehingga membuat paprika ini sangat baik untuk kesehatan jantung sedangkan paprika hijau merupakan sumber serat yang baik menurunkan kolesterol. Peningkatan kadar homosistein dapat menyebabkan risiko lebih tinggi penyakit jantung. Paprika mengandung vitamin B6 dan folat yang membantu untuk menurunkan kadar homocysteine. Selain itu, antioksidan yang tinggi dan kandungan vitamin A dan C hadir dalam sayuran ini membantu untuk menghapus radikal bebas. Kalium yang terkandung dalam paprika menurunkan sekitar 162 miligram tekanan darah yang juga bermanfaat bagi jantung.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan untuk membangun kolagen yang kuat untuk menjaga kesehatan kulit dan sendi. Hal inilah yang berperan dalam menurunkan resiko radang sendi dan mengurangi peradangan. Vitamin K membantu dalam pembentukan bekuan darah. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mampu melindungi sel dari berbagai kerusakan oksidatif.

Itulah sajian manfaat luar biasa paprika untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai khasiat paprika bagi kesehatan tubuh serta bisa mengambil manfaat yang bisa kita dapatkan dari paprika untuk kebutuhan sehari-hari. Terima kasih telah menyimak manfaat paprika untuk kesehatan tubuh di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Manfaat Luar Biasa Paprika untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment