Kandungan Nutrisi dan Khasiat Lobak untuk Kesehatan

Kandungna Nutrisi dan Khasiat Lobak untuk Kesehatan - Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang dimanfaatkan bagian umbinya. Jenis dari sayuran inipun beragam, khusus jenis lobak menurut warna, ada lobak yang berwarna putih, lobak merah, dan bahkan ada lobak yang berwarna ungu.

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Lobak untuk Kesehatan

Sekilas lobak terlihat mirip kentang atau wortel. Manfaat lobak ini sendiri telah kita ketahui sebagai bahan untuk membuat makanan, khususnya acar atau menjadi campuran soto. Tanaman asal China ini sudah banyak dikembangkan di Indonesia. Selain diambil manfaatnya sebagai bahan dapur, lobak juga dikenal sebagai tanaman obat, karena mampu mengobati demam dan gangguan ginjal. Lobak ini sendiri mengandung nutrisi yang cukup tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Kandungan Nutrisi dalam Lobak
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Minyak Atsiri
  • Beta Carotene
  • Niasin
  • Mangan
  • Kolin
  • Asam Folic
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Asam oksalat
  • Serat Kasar
Khasiat Lobak untuk Kesehatan

1. Mengurangi efek pramenstruasi

Asam folat yang terkandung dalam lobak ini secara aktif mampu meredakan efek dari sindrom pramenstruasi atau yang lebih dikenal dengan PMS, sindrom ini terjadi sebelum masuk pada masa haid yang menyerang hampir semua wanita.

2. Melancarkan pencernaan

Lobak kaya akan serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat juga sangat efektif untuk mengatasi penyakit sembelit yang kronis dan secara aktif dalam mencegah penyakit jantung.

3. Mencegah penuaan dini

Sayur lobak mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit, vitamin ini membuat kulit terlihat lebih muda. Dengan mengkonsumsi lobak secara rutin dapat membantu tubuh memperbaiki sel kulit yang rusak. (Baca : Obat Tradisional Pencegah Penuaan Dini).

4. Mencegah anemia

Ibu hamil sangat rentan dengan gangguan anemia di sepanjang kehamilannya. Kandungan RNA yang terdapat dalam sayur lobak ini memberikan banyak manfaat pada ibu hamil, karena dapat memenuhi kebutuhan sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga terhindar dari penyakit anemia atau penyakit kurang darah.

5. Menjaga kesehatan rambut, kulit, dan mata

Mengkonsumsi lobak sangat baik untuk menjaga kecantikan. Lobak membantu menjaga kulit tetap cerah dan halus. Tanaman umbi ini juga mampu meningkatkan kesehatan rambut. Vitamin A yang terkandung di dalamnya mampu membantu menjaga kesehatan mata. Anda tidak percaya? Silakan buktikan sendiri.

6. Mencegah keriput

Tidak hanya akar atau umbinya saja, daun lobak ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Daun lobak dikenal mampu menghilangkan kerutan pada kaki. Rendamkan kaki pada air yang telah dicampur dengan dan lobak dalam waktu lama, cara ini dipercaya efektif menghilangkan kerutan pada kaki.

7. Mencegah kejang otot

Otot dalam tubuh membutuhkan kalium dalam jumlah yang sesuai guna menjaga kesehatan dan kekuatan otot itu sendiri. Tanpa kalium, otot akan melemah dan mengalami kejang. Dengan mengkonsumsi lobak yang kaya akan kandungan kalium, tentunya ini akan sangat membantu Anda yang mengalami kejang otot.

8. Mengeluarkan racun

Antioksidan yang terdapat dalam lobak mampu membantu tubuh untuk mengeluarkan berbagai macam racun berbahaya dalam tubuh. Selain itu, juga dapat membersihkan tubuh dari segala bentuk racun, dan tidak hanya sampai di situ, lobak juga mampu melancarkan sistem sirkulasi darah.

9. Mengatasi nyeri sendi

Kandungan vitamin K dalam lobak telah diketahui sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K sangan dibutuhkan tubuh untuk menunjang pertumbuhan sel tubuh dan meredakan rasa nyeri pada persendian.

10. Mengurangi resiko cacat pada bayi

Jika ibu hamil mengkonsumsi lobak setiap hari selama masa kehamilannya, maka akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatannya dan juga memperkecil resiko terjadinya cacat pada bayi yang akan dilahirkan.

11. Efektif mengobati jamur

Lobak diketahui bisa membunuh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di dalam tubuh. Dengan adanya enzim – enzim seperti enzim diastase, amylase, mirosinase serta enzim esterases dapat berguna untuk membunuh jamur – jamur yang pertumbuhannya berlebihan. Selain untuk membunuh jamur pada tubuh, enzim – enzim tersebut juga memiliki manfaat untuk melenyapkan zat – zat berbahaya, virus – virus, dan juga parasite – parasite yang ada di dalam tubuh kita secara efektif.

12. Menyembuhkan batu ginjal

Penelitian telah membuktikan bahwa lobak merupakan sayuran yang paling efektif dijadikan sebagai obat tradisional penyakit batu ginjal dan kerusakan pada ginjal lainnya. Bagi Anda penderita batu ginjal, disarankan untuk mengkonsumsi jus lobak setengah gelas setiap harinya. Minum jus lobak di pagi hari sebelum sarapan akan membantu melarutkan batu yang terbentuk pada ginjal dan mendorongnya keluar melalui air kencing.

Lobak sangat efektif dalam mengatasi batu ginjal hal ini karena lobak sangat kaya akan kandungan potassium yang bermanfaat untuk mengurangi kalsium di dalam urine yang dapat membentuk batu ginjal. Sehingga dengang mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar potassium tinggi seperti lobak ini akan dapat menurunkan resiko penyakit ginjal. Zat-zat yang bersifat diuretic tersebut tidak hanya dapat membantu membersihkan ginjal tetapi juga menyeluruh pada bagian kandung kemih.

13. Mengatasi jerawat dan kulit kering

Khasiat lobak untuk kesehatan kulit sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, fosfor, zinc, pada lobak ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan  kulit. Kandungan air yang cukup banyak dalam lobak mampu membuat kulit menjadi lembab dan sehat. Jika lobak dihaluskan, berguna sebagai pembersih alami untuk wajah Anda.

Cara penggunaan : Jika Anda memiliki jerawat, gunakan lobak sebagai masker wajah, hal ini akan mempercepat pengempisan jerawat. Sedangkan pemanfaatan loba dengan cara mengkonsumsinya akan membantu mendetoksifikasi tubuh serta membantu mencegah jerawat agar tidak tumbuh kembali.

14. Mengatasi ketombe

Memiliki permasalahan rambut rontok, ketombe atau berminyak? Jangan khawatir, kita bisa menyiasati semua masalah rambut tersebut dengan lobak yang digunakan sebagai masker rambut. Cara penggunaannya : Haluskan lobak lalu aplikasikan pada rambut. Jangan lupa untuk melakukan pemijatan secara ringan agar kandungan yang terdapat dalam lobak bisa bekerja mengatasi masalah rambut secara maksumal. Untuk masalah ketombe, gunakan masker pada rambut di malam hari, biarkan dan keesokan harinya bilas dengan air bersih. Penggunaan masker rambut secara rutin akan berdampak positif bagi kesehatan rambut Anda, rambut menjadi lebih sehat, hitam berkilat dan tentunya terhindar dari masalah ketombe, rambut rontok dan berminyak. Anda penasaran? Ayao, coba sekarang juga!

15. Mengobati liver

Khasiat menakjubkan dari lobak salah satunya adalah sebagai obat alami penyakit liver Beberapa penelitian menunjukan bahwa lobak putih membantu penyembuhan masalah yang terjadi pada liver. Lobak putih dapat membantu menjaga kenormalan fungsi dari liver. Kandungan di dalam lobak putih dapat mendetoksifikasi liver dan juga bermanfaat mengatur empedu dan bilirubin. Lobak putih bisa membantu pelepasan enzim – enzim yang nantinya akan membantu mencegah liver dari serangan infeksi yang mungkin terjadi serta membantu mengobati luka ataupun bengkak yang terdapat pada liver.

16. Mengobati ambeien

Ambeien merupakan sebuah penyakit yang sangat mengganggu. Lobak putih bisa menjadi alternative pengobatan untuk menyembuhkan ambeien. Di dalam lobak putih, mengandung banyak zat yang bersifat tidak mudah dicerna. Zat – zat ini akan memfasilitasi sistem pencernaan dan menahan air serta mengobati sembelit. Penyakit ambeien seperti diketahui faktor penyebab utamanya adalah sembelit. Jika sembelit sudah teratasi, ambeien akan mereda dan selanjutnya bisa sembuh.

Lobak putih dapat menjadi detoksifikasi yang sangat baik. Hal ini sangat baik guna membantu proses pencernaan dan pengeluaran tubuh kita. Jika anda menderita penyakit ambeien, minumlah jus lobak putih dua kali dalam satu hari agar ambeien dapat reda dengan segera dan pencernaan pun menjadi lancar.

17. Mengobati kanker

Kandungan nutrisi dan khasiat lobak untuk kesehatan ternyata tidak berhenti sampai pada perawatan kulit dan yang lainnya saja. Ada fakta luar biasa mengenai lobak ini, yaitu kemampuannya yang mampu membantu pengobatan penyakit kanker. Kandungan vitamin C asam folic, dan anthocyaninns akan mendetoksifikasi radikal bebas dan membantu efektivitas berbagai treatment dalam upaya penyembuhan penyakit kanker.

18. Menurunkan berat badan

Mengkonsumsi lobak membuat kita merasa cepat kenyang dan hal ini tentunya membuat kita mengurangi jumlah asupan makanan, sehingga secara tidak langsung ini akan membatu mengontrol berat badan. Lobak juga rendah karbohidrat dan banyak mengandung air. Jika saat ini Anda sedang menjalani program diet, jangan ragu untuk menambahkan lobak pada menu makan harian Anda.

19. Penawar racun

Manfaat lobak putih untuk menawarkan racun sudah tidak diragukan khasiatnya. Dulu lobak ini digunakan untuk penawar racun bagi yang overdosis obat-obatan. Efek yang akan ditimbulkan adalah memuntahkan obat yang masuk di dalam tubuh sehingga tidak berdampak kronis.

Itulah Kandungan Nutiris dan Khasiat Lobak untuk Kesehatan tubuh yang sudah tidak diragukan lagi. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda akan manfaat sayuran lobak yang sangat baik untuk menjaga kesehatan serta mampu mencegah berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita.

0 comments "Kandungan Nutrisi dan Khasiat Lobak untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment