Berbagai Manfaat Batang Pohon Pisang

Berbagai Manfaat Batang Pohon Pisang - Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan pohon pisang. Pisang dikenal dengan rasa buahnya yang khas dan juga khasiatnya yang luar biasa dari mulai buahnya, jantung pisang, daun, dan bahkan batang pohon pisang ini memiliki manfaat yang tak kalah hebatnya.

Berbagai Manfaat Batang Pohon Pisang
Memang kebanyakan masyarakat mungkin belum mengetahui manfaat yang terkandung dalam batang pohon pisang, dan tak heran jika sampai saat ini batang pisang dianggap sebelah mata, diabaikan begitu saja tanpa diambil manfaatnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan, ternyata batang pisang mengandung berbagai senyawa aktif yaitu antraquinon, saponin, dan quinon. Ketiga senyawa ini telah terbukti secara ilmiah mampu mengurangi rasa nyeri dan dapat menstimulasi sel kulit baru. 

Berbagai Manfaat Batang Pohon Pisang

1. Untuk Kecantikan

Senyawa lignin dalam batang pohon pisang ini berperan dalam absorbsi senyawa ke dalam kulit sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka bakar, luka memar, luka terkena gigitan serangga dan antiradang. Sedangkan senyawa saponin, memiliki fungsi untuk mengobati luka dengan cara membantu pembuluh darah lebih aktif bekerja menutup luka.

Kandungan asam arskorbat bermanfaat dalam meningkatkan dan mempercepat pembentukan jaringan ikat atau kolagen baru yang tentunya mempunyai efek yang baik bagi kulit. Manfaat batang pisang untuk kulit ternyata tidak hanya sampai di situ, batang pisang juga mengandung flavonoid yang terbukti ampuh dalam mengatasi radang dikarenakan adanya fungsi anti-inflamasi.

2. Penawar Racun

Manfaat batang pisang untuk kesehatan terletak pada kandungan getahnya. Getah batang pisang telah lama diolah menjadi obat penawar racun dan sebagai bahan baku dalam industri obat tradisional.

3. Merawat Rambut

Manfaat batang pohon pisang tidak hanya sebagai penawar racun saja, akan tetapi besar manfaatnya untuk merawat kesehatan rambut. Hal ini karena adanya kandungan senyawa antraquinon dalam batang pisang telah terbukti mampu menyuburkan rambut dan mengatasi kerontokan. 

Cara menggunakan batang pisang untuk merawat rambut sangatlah mudah. Apabila Anda menemukan pohon pisang yang sudah ditebang, serta bagian pokok dan bonggol masih tertanam di tanah, lubangi saja bagian tengah batangnya hingga membentuk cekungan. Setelah itu, tutup dengan menggunakan daun pisang atau plastik. Esok harinya, Anda akan melihat batang pisang yang sudah Anda lubangi tersebut terisi air, oleskan air itu secara merata ke rambut. Selain bagus untuk merawat rambut, air pada batang pisang tersebut juga bagus untuk meremajakan kulit wajah Anda. Apakah Anda tidak percaya? silakan buktikan sendiri.

4. Bahan Baku Industri

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, batang pisang merupakan bahan baku industri yang sangat bagus. Batang pisang dari jenis Abaca ternyata bisa diproses menjadi serat yang merupakan salah satu bahan dalam produksi kain dan kertas. Kertas yang dibuat dari serat pisang Abaca ternyata sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan kerajinan tangan.

Demikian sajian informasi berbagai manfaat batang pohon pisang untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai khasiat batang pisang, serta bisa dengan bijak mengambil manfaat dari batang pisang untuk kebutuhan sehari-hari. Simak juga sajian informasi kesehatan menarik lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Berbagai Manfaat Batang Pohon Pisang", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment