Khasiat Santan Kelapa untuk Kesehatan

Khasiat Santan Kelapa untuk Kesehatan - Kelapa merupakan pohon yang multifungsi. Seluruh bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, dimulai dari akar, batang, daun, dan terutama buahnya.

Khasiat Santan Kelapa untuk Kesehatan
Satu hal menarik mengenai kelapa yang akan kita bahas kali ini adalah santannya. Santan kelapa merupakan salah satu bahan pelengkap masakan yang kerap digunakan dalam berbagai aneka kuliner di nusantara.

Biasanya santan ini didapat dari perasan daging buah kelapa yang telah diparut sebelumnya, kemudian ditambahkan dengan sedikit air. Rasanya yang gurih dan berlemak, memberikan citarasa tersendiri dan membuat masakan menjadi lebih lezat dan digemari banyak orang. 

Kandungan Nutrisi Santan Kelapa

Santan Kelapa Peras Dengan Air mengandung energi sebesar 122 kilokalori, protein 2 gram, karbohidrat 7,6 gram, lemak 10 gram, kalsium 25 miligram, fosfor 30 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu di dalam Santan Kelapa Peras Dengan Air juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 2 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Santan Kelapa Peras Dengan Air, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Khasiat Santan Kelapa untuk Kesehatan

1. Mencegah penuaan
Santan adalah salah satu jenis makanan anti penuaan dini. Serat, lemak dan nutrisi serta zat antioksidan yang terdapat dalam santan bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Bagi Anda yang ingin awet muda, jangan pernah ragu untuk memasukan santan dalam masakan hidangan harian yang Anda konsumsi.

2. Mencegah anemia
Zat besi yang terkandung dalam santan kelapa ini mampu mencegah terjadinya penyakit anemia atau penyakit kurang darah. Anemia terjadi karena tubuh tidak memproduksi hemoglobin dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Akibatnya, tubuh menjadi lemas, cepat lelah, dan tidak produktif. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Kurang Darah).

3. Menjaga kesehatan tulang
Tulang yang kuat tidak hanya membutuhkan kalsium saja, tetapi juga fosfor yang banyak terdapat dalam santan kelapa. Konsumsi santan kelapa juga dapat membantu menyehatkan dan menguatkan tulang Anda.

4. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
Santan kelapa juga mengandung vitamin C yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubu atau sistem imun. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan kelapa, maka flu dan infeksi akan jarang Anda alami.

5. Antioksidan
Santan kelapa juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan melindung dari kerusak sel.

6. Penyubur rambut
Fakta menarik mengenai santan kelapa ini adalah kemampuannya yang mampu membantu menyuburkan rambut. Minyak dari santan kelapa yang telah diproses atau sisa perasan santan kelapa yang berupa ampas kelapa, berkhasiat untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Silakan coba dan rasakan manfaatnya.

7. Mengencangkan kulit
Santan kelapa yang menjadi olesan wajah atau sabun bagi wajah dipercaya mampu mengencangkan kulit atau mencegah terjadinya penuaan kulit Anda yang ditandai dengan timbulnya keriput pada kulit. Anda tertarik? Silakan dicoba..

Itulah sajian infomrasi mengenai manfaat santan kelapa bagi kesehatan tubuh. Sekarang kita sudah tahu, bahwa santan kelapa tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehar-hari sebagai penambah citarasa masakan belaka. Akan tetapi, banyak sekali khasiat yang tersimpan dari santan kelapa yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Terima kasih telah menyimak Khasiat Santan Kelapa untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat..

0 comments "Khasiat Santan Kelapa untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment