7 Zat Kimia Berbahaya dalam Produk Perawatan Rambut

7 Zat Kimia Berbahaya dalam Produk Perawatan Rambut - Memiliki rambut yang indah tentunya adalah impuan setiap orang, terutama kaum hawa. Untuk menjaga penampilan rambut agar tetap sehat dan berkilau, tidak sedikit kaum wanita menggunakan produk perawatan rambut yang tanpa disadari ternyata mengandung zat-zat kimia berbahaya yang dapat merusak rambut dan menyebabkan masalah pada kesehatan.
7 Zat Kimia Berbahaya dalam Produk Perawatan Rambut
Seperti diberitakan oleh Times of India, para ahli menyatakan bahwa bahan kimia tertentu dalam produk perawatan rambut dapat mengakibatkan sakit kepala, mual, kelelahan, dan bahkan penyakit kanker. Ironis bukan? Kita yang melakukan perawatan pada rambut dengan harapan memiliki rambut yang sehat dan indah, justru harus menanggung resiko atau dampak buruk yang timbul dari penggunaan produk perawatan rambut itu sendiri.

Dr. Nipun Jain, Konsultan Senior Dermatologi daru Sri Balaji Action Medical Institute, Delhi membeberkan daftar bahan kimia yang harus kita hindari dalam berbagai produk perawatan rambut yang kita gunakan. Adapun 7 zat kimia berbahaya dalam produk perawatan rambut tersebut adalah sebagai berikut :

1. Isopropil alkohol
Adalah pelarut yang ditemukan dalam larutan pewarna rambut dan beberapa lotion. Menghidup zat kimia ini akan dapat mengakibatkan sakit kepala, pusing dan mual.

2. Propylene glycol
Zat kimia ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sjampoo dan kondisioner rambut. Karena bisa menembus kulit dengan mudah, dapat mengambil protein kulit dan menyebabkan rambut mudah rontok.

3. Polyethylene glycol
Zat ini banyak digunakan di sejumlah produk perawatan pribadi dan pembersih. Jika terlalu sering menggunakan produk perawatan yang memiliki kandungan zat ini, kulit Anda akan mengalami penuaan dini.

4. Natrium lauril sulfat (SLS) & Sodium laureth sulfat (SLES)
Kedua bahan kimia ini mungkin paling berbahaya dari semua jenis bahan kimia yang ada dalam setiap produk perawatan tubuh dan rambut. Sebagian besar digunakan dalam kondisioner bahan kimia ini bisa mengganggu kualitas rambut dan menghambat pertumbuhannya. Rambut bisa rontok dibuatnya. Selain itu, SLS juga bisa mengakibatkan katarak ketika diserat dalam kulit bahkan tanpa kontak langsung dengan mata sekalipun.

5. DEA(dietanolamina), MEA (momoethanolamine) TEA (trietanolamia)
Bahan-bahan kimia ini juga sering digunakan dalam shampoo dan dikatakan pula sebagai zat kimia yang berbahaya yang bisa membentuk agen penyebab kanker.

6. Wanra pigmen FD & C
Shampoo dan kondisioner banyak mengandung pewarna buatan dan sintetis, agar terlihat lebih menarik. Warna yang digunakan dalam pewarna rambut menyebabkan kulit menjadi sensitif dan menyebabkan masalah iritasi dan syaraf. Beberapa zat warna juga dapat menyebabkan penurunan kadar oksigen dalam tubuh.

7. Formaldehida
Bahan kimia ini digunakan dalam shampoo dan kondisioner rambut yang jika merembes ke kulit dapat mengakibatkan alergi, sakit kepala dan kelelahan. Zat ini juga terkenal mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah 7 jenis zat kimia yang berbahaya dalam produk perawatan rambut. Sungguh disayangkan memang, ketika kita menggunakan beragam produk kesehatan rambut namun justru bisa menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan kita sendiri. 

Ini merupakan fakta yang nyata dan harus ditanggapi dengan serius. Semoga kita bisa lebih bijak dalam memilih produk perawatan yang aman untuk kesehatan rambut dan tubuh kita. Terima kasih telah menyimak sajian informasi zat kimia berbahaya dalam produk perawatan rambut yang kami berikan, semoga bermanfaat.

0 comments "7 Zat Kimia Berbahaya dalam Produk Perawatan Rambut", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment