Jenis-jenis Rambut pada Tubuh Manusia

Jenis-jenis Rambut pada Tubuh Manusia - Rambut manusia merupakan biomaterial yang berserabut dan tumbuh dari folikel pada kulit manusia dan ditemukan dalam berbagai jenis. Rambut pada dasarnya adalah karakteristik dari kelas mamalia, dan fungsinya sebagai lapisan yang melindungi kulit dari faktor eksternal. Seperti mamalia, kelas-kelas lain dari tumbuhan dan hewan juga memiliki struktur rambut tertentu yang berserabut dan sensorik untuk perlindungan dermis.

Jenis-jenis Rambut pada Tubuh Manusia
Ada 2 struktur yang membentuk filamen rambut, yaitu : folikel rambut di bawah kulit, dan rambut yang merupakan filamen di atas kulit. Warna filamen ini adalah hasil dari dua jenis utama pigmen rambut, yaitu : eumelanin (yang menyebabkan warna rambut menjadi hitam, coklat, atau berwarna gelap) dan pheomelanin ( yang menyebabkan warna rambut menjadi merah dan pirang).

Jenis Rambut pada Tubuh Manusia
Tubuh manusia memiliki rambut di seluruh tubuh, seperti pada wajah, tangan, kaku, kepala, organ reproduksi, dsb, untuk melindungi bagian-bagian tersebut. Secara biologis, hanya ada 3 jenis utama dari rambut manusia yang secara alami terbentuk oleh tubuh. Adapun jenis-jenis rambut pada tubuh manusia tersebut adalah sebagai berikut :

1. Rambut Terminal

Seperti telah disebutkan, hal ini berkaitan dengan filamen keras berpigmen yang keluar dari kulit. Rambut ini disebut dengan rambut terminal yang tumbuh pada dermis dan terlihat di berbagai bagian tubuh seperti : kepala, tangan, kaki, ketiak, wajah, daerah kemaluan, dll. Ketebalan dan tekstur yang bervariasi tergantung pada etnis.

2. Rambut Vellus

Jenis rambut ini dikenal sebagai rambut vellus dapat ditemukan pada seluruh tubuh sejak lahir. Rambut jenis ini sangat halus, tipis dan tidak terlihat dengan jelas, namun bisa saja berubah menjadi rambut terminal setelah masa pubertas, tergantung pada pengaruh hormon juga. Fungsi rambut vellus ini bukanlah sebagai pelindung, melainkan sebagai pengaturan suhu tubuh yang dapat dihubungkan dengan fungsi sensorik. Panjang rambut vellus ini hanya beberapa milimeter, Hal ini dapat dikaitkan terutama untuk perempuan dan anak-anak, dan rambut vellus pada pria dapat berubah menjadi rambut terminal.

3. Rambut Lanugo

Ketika bayi lahir, kita akan melihat bahwa seluruh tubuh bayi tertutup atau terlapisi dengna rambut yang kadang-kadang sangat kuat. Inilah yang disebut dengan rambut lanugo yang menutupi bayi ketika berada di dalam rahim untuk menjaga kulit terhidrasi dan sehat. Rambut ini akan digantikan dengan rambut vellus setelah kelahiran anak atau seiring dengan bertambahnya usia.

Berbicara tentang jenis rambut, ada banyak sekali variasi yang dapat kita jumpai. Kebanyakan orang cenderung mengklasifikasikan jenis rambut tergantung pada etnis seperti Asia, Afrika, India, Eropa, dsb. Akan tetapi, jenis rambut pada klasifikasi ini hanya didasarkan pada pengamatan stereotip, setiap individu pada suatu daerah juga memiliki bentuk khas rambut yang berbeda. Pada umumnya, semua jenis rambut juga merespon terhadap kondisi cuaca seperti kelembaban, panas dan dingin.

0 comments "Jenis-jenis Rambut pada Tubuh Manusia", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment