Khasiat Singkong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Khasiat Singkong untuk Kesehatan - Singkong merupakan tanaman asal Brazil dan Paraguay yang juga memiliki nama ketela pohon dan umbi kayu. Singkong ini merupakan makanan pokok yang ada di Indonesia dan Thailand, serta beberapa bagian di Afrika. Hal ini karena singkong sebagai sumber karbohidrat yang lain selain beras.Tidak hanya umbinya, daun singkong juga bisa kita ambil manfaatnya, yaitu sebagai sayuran atau lalapan.
Khasiat Singkong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Pada masa Hindia Belanda, singkong ini ditanam secara komersial di wilayah Indonesia sekitar tahun 1810, setelah sebelumnya diperkenalkan oleh orang portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil. Setelah itu, berbagai jenis olahan kuliner dengan menggunakan bahan dasar singkong mulai bermunculan, seperti : keripik, tape, roti, dll. Selain digunakan sebagai bahan makanan, ternyata singkong ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

1. Sumber serat

Singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida serta menjadi sumber serat yang baik. Hal ini membuat singkong dapat menurunkan resiko penyakit stroke, jantung, kanker usus besar, serta membantu mengendalikan diabetes atau penyakit kencing manis. Manfaat singkong ini bisa kita dapatkan dengan cara kukus atau merebusnya.

2. Sumber karbohidrat

Singkong memiliki jumlah kalori yang 2x lebih banyak dibandingkan dengan kentang. Jadi, tidak salah bila singkong menjadi salah satu bahan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat yang baik. Dalam 100 gram singkong, terkandung 160 kalori yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

3. Kaya protein

Singkong lebih rendah lemak jika dibandingkan dengan sereal dan kacang-kacangan. Namun, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan kentang dan pisang.

4. Vitamin K

Singkong mengandung vitamin K yang memiliki fungsi membangun massa tulang. Vitamin K ini juga dapat melindungi penderita penyakit Demensia Alzheimer dan berperan penting dalam proses penyembuhannya, serta dapat membatasi kerusakan syaraf di otak.

5. Vitamin B kompleks

Khasiat singkong untuk kesehatan yang selanjutnya adalah kemampuannya yang efektif untuk dijadikan sebagai obat tradisional penyakit kurang darah. Hal ini karena tanaman singkong ini merupakan sumber vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Riboflavin inilah yang membantu pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah untuk mencegah terjadinya anemia( kurang darah).

6. Mineral

Tahukah Anda bahwa singkong merupakan sumber mineral yang sangat penting bagi tubuh, antara lain : magnesium, seng, tembaga, besi, dan juga mangan. Selain itu, jumlah kalium pada singkong juga bermanfaat sebagai komponen penting dalam pembentukan sel tubuh serta berfungsi untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh. Berdasarkan penelitian, yang dilansir Affleap manfaat singkong sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah.

7. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan Insoluble fiber atau serat pada singkong tidak larut dalma air. Serat jenis ini membantu memperlancar proses buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang roksin dalam usus, sehingga pencernaan dalam tubuh menjadi lebih sehat.

Itulah khasiat singkong untuk kesehatan yang jarang diketahui. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini bermanfaat dna menambah pengetahuan kita semua, serta mampu dengna bijak mengambil manfaat dari berbagai jenis tanaman yang dapat kita temua di lingkungan sekitar kita, terutama tanaman singkong ini. Terima kasih telah berkunjung dan menyimak sajian informasi di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Khasiat Singkong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment