Khasiat Daun Pisang untuk Kesehatan

Khasiat Daun Pisang untuk Kesehatan - Pisang merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaatnya, diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan kulit serta memenuhi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu, daun pisang ternyata juga memiliki khasiat yang tak kalah luar biasanya. Berikut ini adalah sajian lengkap mengenai manfaat daun pisang bagi kesehatan tubuh kita.

Khasiat Daun Pisang untuk Kesehatan
Pisang adalah jenis buah yang kaya akan kandungan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Pisang mengandung karbohidrat yang mampu memerikan rasa kenyang lebih lama. Selain karbohidrat, ada juga kandungan mineral dan vitamin yang cukup tinggi seperti vitamin C, vitamin E, kalori yang tinggi, potassium, mangan, vitamin B6, fosfor, kalsium, magnesium, karoten, asam amino, hingga vitamin A.

Tidak hanya buahnya saja, daun pisang ternyata memiliki kandungan bahan obat alami yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit kita. Kandungan dalam daun pisang yang paling tinggi adalah Allantolin yang berperan untuk memperbaharui sel-sel kulit mati di lapisan kulit Anda.

Khasiat Daun Pisang untuk Kesehatan

Mungkin tidak semua orang mengetahui tentang manfaat atau khasiat daun pisang ini. Selama ini, kita hanya menggunakannya sebagai bahan pembungkus makanan, selebihnya kita buang. Berikut ini akan kami sajikan sederet manfaat daun pisang untuk kesehatan, dan tentunya Anda akan berfikir dua kali untuk tidak mengambil manfaat luar biasa dari daun pisang ini.

1. Ramuan obat luka dan ketombe

Daun pisang mengandung bahan obat alami yang mampu mengobati luka kecil di kulit. Tidak hanya menyembuhkan luka, daun pisang juga bermanfaat untuk mengobati gangguan kulit kepala seperti ketombe, sengatan sinar matahari, dan penyakit eksim. Untuk membuat ramuan dari daun pisang ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuat jusa sari daun pisang segar dan gunakan secara bertahap dalam menyembuhkan gangguan kulit yang Anda keluhkan tersebut. Rendamlah dengan air dingin jika Anda ingin mengobati luka bakar pada kulit yang terkena sengatan sinar matahari.

2. Obat penetralisir racun serangga

Ada sering mendapatkan gigitan serangga beracun? Daun pisang bisa kita jadikan obat alami untuk mengatasinya. Daun pisang bisa menetralisir racun akibat gigitan lebah atau laba-laba, karena mengandung antioksidan tinggi untuk mencegah kulit dari pengaruh buruk lingkungan, baik itu iritasi kulit ataupun ruam dapat disembuhkan dengan ramuan daun pisang ini.

3. Menjaga kecantikan kulit

Daun pisang mengandung bahan aktif allantolin yang dimanfaatkan sebagai campuran bahan krim kecantikan. Kandungan allantolin yang cukup tinggi dalam daun pisang ini bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi, peradangan, hingga mampu membunuh kuman. Dengan bantuan allantolin ini, kulit dapat meningkatkan rangsangan pertumbuhan sel kulit baru.

4. Obat radang alami

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bayi memiliki jenis kulit yang sensitif, jadi kita harus memilih produk perawatan dengan hati-hati. Jika terjadi peradangan atau iritasi pada kulit bayi, kita bisa menggunakan daun pisang sebagai salep alami karena mengandung zat alami penyembuh masalah kulit bayi. Campurkan dengan minyak zaitun serta lilin lebah, Anda bisa mengatasi ruam popok ataupun gigitan seranggap pada kulit bayi. Selain itu, campuran daun pisang dengan comfrey, dan cabai rawit dapat menghilangkan bekas luka di kulit, mengurangi pendarahan, dan gatal-gatal.

5. Manfaat lainnya

Manfaat daun pisang yang lain adalah sebagai pembungkus bahan makanan, kue, dan berbagai jenis sayuran atau kuliner di seluruh wilayah di Indonesia. Dan satu hal yang menarik dari daun pisang. Mengapa kebanyakan orang menggunakan daun pisang untuk membungkus masakan atau aneka jenis kue? Hal ini karena aroma daun pisang harum dan dapat menambah citarasa gurih pada setiap masakan.

Simak Juga :
Itulah sajian kumpulan manfaat dari daun pisang bagi kesehatan tubuh. Semoga dengan mengetahui khasiat daun pisang untuk kesehatan, kita bisa menjadi lebih bijak dalam menggunakan dan mengambil manfaat dari daun pisang untuk memenuhi keperluan kita sehari-hari. Semoga bermanfaat.

0 comments "Khasiat Daun Pisang untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment