Tips Mencegah Bekas Luka

Tips Mencegah Bekas Luka - Berikut ini adalah cara mencegah luka agar tidak menimbulkan bekas. Berbagai aktifitas yang kita lakukan sehari-hari, terkadang memiliki resiko yang menimbulkan kecelakaan ringan atau kecelakaan berat. Tentunya kecelakaan adalah salah satu peristiwa yang tidak kita inginkan. Biasanya kecelakaan yang kita alami tersebut menimbulkan bekas luka di kulit atau sekedar berupa goresan.

Beberapa hal yang mungkin membuat kulit kita terluka atau mengalami luka goresan diantaranya adalah tersayat benda tajam, teriris pisau dapur, terkena pechan kaca, tertusuk paku, ataupun luka lainnya yang menimbulkan bekas luka di kulit. Bekas luka yang tertinggal pada kulit, tidak jarang menimbulkan rasa tidak nyaman dan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri penderitanya. Karena, secara tidak langsung bekas luka tersebut mengganggu penampilan yang kurang sedap dipandang mata.

Tips Mencegah Bekas Luka

Berikut ini adalah saran terbaik dari para ahli Dermatologis (ahli kulit) yang merupakan tips mencegah bekas luka, agar luka yang dialami tidak mneimbulkan bekas luka.

1. Membersihkan luka dan daerah sekitar luka

Bersihkan luka dari beberapa objek yang menimbulkan luka seperti pecahan benda tajam, dan kotorean yang menempel pada luka dengan menggunakan alat bantu yang sebelumnya telah disterilkan dengan cairan alkohol. Guankan air dingin untuk membantu pembersihan luka tersebut, dan akan lebih baik jika air yang diguanakan untuk membersihkan luka tersebut adalah dengan menggunakan air yang mengalir seperti air dari kran.

Setelah itu, bersihkan dengan mengginakan sabun dan kain lap secara lembut pada luka. Akan tetapi, sebelumnya, kita harus mengenali terlebih dahulu jenis sabun yang digunakan untuk membersihkan luka tersebut. Jangan menggunakan sabun yang mengandung yodium dan hydrogen peroksida yang tinggi, karena hal ini justru akan memperlambat proses penyembuhan luka.

2. Menutup luka dengan rapat selama jangka waktu tertentu

Untuk mencegah masuknya kotoran, bakteri, dan iritasi pada luka, tutuplah luka dengan sebaik mungkin. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kelembaban yang berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Luka yang dalam kondisi tertutup akan membantu mencegah timbulnya bekas luka.

3. Hindari menggaruk atau mengorek luka dan koreng

Koreng akan muncul setelah terjadinya luka. Hal ini karena ketika terjadinya luka, bakteri penyebab infeksi dan sel darah merah akan diserang oleh sel darah putih. Fibrin dan platelet akan bekerja untuk memberikan gumapalan di atas luka. Jika koreng pada bekas luka digaruk hingga tercabut, maka luka akan terbuka kembali dan ini akan memberikan kesempatan pada bakteri untuk masuk dan kembali menginfeksi ada luka, dan dampaknya adalah akan membuat bekas luka sebelumnya menjadi lebih besar.

Ada beberapa orang yang sangat rentan terhadap jaringan parut. Setiap mengalami luka maka bekas lukanya akan cenderung berkembang pada daerah kulit yang tertarik. Bekas lukany terbentuk datar dan umumnya memiliki warna yang pucat. Dan tidak jarang lukanya tersebut akan menonjol dan inilah yang biasa kita sebut dengan Keloid. Untuk mengatasi keloid ini, anda tidak perlu khawatir. Kita dapat melakukan pengobatan dan penyembuhan dengan menggunakan bahan alami dari alam, teripang laut. Anda bisa menyimaknya lebih lanjut di Obat Tradisional Penyakit Keloid.

Itulah beberapa Tips Mencegah Bekas Luka. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi penyembuhan luka yang saat ini anda keluhan. Jika kita mengetahui cara merawat luka sejak awal, bukanlah hal yang sulit bagi kita untuk mendapatkan kesembuhan luka tanpa menimbulkan bekas. Terima kasih..

0 comments "Tips Mencegah Bekas Luka", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment