Nyamuk Penyebab Penyakit Demam Berdarah

Nyamuk Penyebab Penyakit Demam Berdarah - Mungkin sudah menjadi rahasia umum, bahwa penyakti demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk jenis inilah yang menyebarkan virus dengue melalui gigitannya dengan cara menghisap darah manusia, sehingga seseorang yang terkena gigitan nyamuk ini akan mengalami penyakit demam berdarah.

Nyamuk Aedes Aegypti
Nyamuk Penyebab Penyakit Demam Berdarah

Adalah jenis nyamuk yang dapat mambawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Selain dengue, nyamuk jenis ini juga merupakan pembawa virus demam kuning (yellow Fever) dan chikungunya. Penyebaran nyamuk ini sangat luas meliputi hampr seluruh daerah trop[is di seluruh dunia. Sebagai pembawa virus dengue, nyamuk Aedes aegypti merupakan pembawa utama (primari vektor) dan bernama aedes albopictus menciptkaan siklus persebaran dengue di desa dan di kota.

Morfologi nyamuk Aedes aegypti

Ciri-ciri jentik nyamuk aedes aegypti

Ada beberapa kriteria yang khas dari jenis nyamuk penyebab demam berdarah ini, sehingga kita dapat mengenali dan membedakannya dengan nyamuk biasa dengan melihat beberapa ciri berikut ini:
  • Bntuk hipon besar dan pendek yang terdapat pada abdomen terakhir
  • Bentuk comb seperti sisir
  • Pada bagian thoraks terdapat stroot spine
Ciri-ciri bentuk nyamuk aedes aegypti
  • Bentuk tubuh kecil dan di bagian abdomen terdapat bintik-bintik serta warna hitam
  • Tidak membentuk 90 derajat
  • Penyebaran penyakitnya pada waktu pagi atau sore
  • Hidup di air besih serta tempat-tempat lain yaitu seperti kaleng-kaleng bekas yang bisa menampung air hujan.
  • Penularan penyakit dengan cara membagi diri
  • Nyamuk jenis ini adalah nyamuk pembawa virus penyebab penyakit demam berdarah.
Telur Aedes aegypti

Telur nyamuk aedes aegypti diletakkan pada bagian yang berdekatan dengan permukaan air atau menempel pada permukaan benda yang terapung. Jentik nyamuk ini memiliki rambut abdomen dan pada stadium ini jentik membentuk sudut dna terdapat alat untuk menghisap oksigen.

Nyamuk Aedes aegypti dewasa

Nyamuk aedes aegypti yang jantan hanya menghisap cairan tumbuh-tumbuhan atau sari bunga untuk keperluan hidupnya, sedangkan yang menghisap darah manusia itu adalah jenis nyamuk aedes aegypti yang betina, dan yang menjadi keunikan tersendiri dari nyamuk ini adalah nyamuk aedes aegypti lebih tertarik untuk menghisap darah manusia dibandingkan dengan menghisap darah binatang.

Darah diperlukan untuk pemasakan telur agar jika dibuahi oleh sperma nyamuk jantan, telur yang dihasilkan dapat menetas. Setelah berkopulasi, nyamuk betina menghisap darah dan tiga hari kemudian akan bertelur sebanyak kurang lebih 100 butir. Nyamuk demam berdarah akan menghisap darah setelah 24 jam kemudian, dan siap bertelur lagi. Setelah menghisap darahnyamuk akan beristirahat di dalam atau kadang - kadang di luar rumah berdekatan dengan tempat perkembangbiakannya.

Tempat-tempat hinggapa yang paling disenangi oleh nyamuk adalah beberapa benda yang tergantung seperti kelambu, pakaian, tumbuh-tumbuhan, dan biasanya di tempat inilah nyamuk yang menjadi penyebab demam berdarah ini akan menunggu proses pemasakan telurnya.

Prilaku menggigit nyamuk aedes aegypti

Nyamuk betina lebih menyukai darah manusia( anthropophilic) daripada darah binatang dan nyamuk jantan tertarik apda cairan yang mengandung gula seperti pada bunga. Nyamuk demam berdarah ini menggigit pada jam 08.00 - 12.00 WIB dan sore hari antara 15.00-17.00. Malam harinya nyamkui ini lebi suka bersembunyi di sela-sela pakaian yang tergantung atau gorden dan terutama di ruangan yang gelap serta lembab.

Tempat perkemabangbiakan nyamuk aedes aegypti
  • Tempat penampungan air, yiatu tempat penampungan air untuk kebutuhan sehari-hari, seperti drum, bak mandi, bak wc dan ember
  • Bukan tempat penampungan air, tempat-tempat yang biasa digunakan untuk menampung air tetapi bukan untuk keperluan sehari-hari seperti tempat air minum hewan peliharaan, kaleng bekas, ban bekas, botol, pecahan gelas, vas bunga, dan perangkap semut.
  • Tempat penampungan air alami, seperti lubang pohon, lubang batu, pelepah daun, tempurung kelapa, kulit kerang, pangkal pohon pisang dan potongan bambu.
Langkah Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan demi terhindar dari penyakit demam berdarah. Dan hal utama yang terlebih dahulu kita lakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan, agar tidak ada genangan air yang bisa dijadikan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk. Menguras tempat air yang selalu kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, agar tidak ada telur ataupun jenitk nyamuk, mengubur dan membuang sampah dengan benar agar. Langkah-langkah tersebut adalah beberapa kegiatan sederhana yang justru memiliki peran penting dalam mencegah dan menghindari penyakit demam berdarah.

Jika memang anda sudah terlanjur terjangkit oleh penyakit demam berdarah, segera lakukan pengobatan agar penyakit demam berdarah yang dikeluhkan tidak menjadi semakin parah. Karena jika tidak segera ditangani dengan tepat, dampak terburuk yang sangat mungkin terjadi adalah dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya. Kami memiliki rekomendasi penyembuhan penyakit demam berdarah dengan menggunakan obat alami, simak sajian selengkapnya di => Obat Tradisional Penyakit Demam Berdarah.

Itulah sajian informasi mengenai nyamuk penyebab penyakit demam berdarah. Semoga dengan mengetahui bahaya yang ditimbulkan olehp neyakit demam berdarah, dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar kita sebagai langkah utama pencegahan penyakit demam berdarah. Terima kasih, semoga bermanfaat..

1 comments:

  1. Nyamuk Demam berdarah memang sangat berbahaya, oleh karena itu segera konsultasikan ke dokter. btw terimakasih infonya sudah mau berbagi

    ReplyDelete