Khasiat Buah Bit yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Khasiat Buah Bit yang Menakjubkan untuk Kesehatan - Buah Bit merupakan sejenis umbi-umbian yang memiliki ciri berwarna merah. Warna merah pada buah bit ini karena bit mengandung pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin. Buah Bit ( Beet Roots) ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita dan bahkan untuk kecantikan juga. Namun, tidak banyak orang yang mengkonsumsi buah bit ini, hal ini mungkin karena buah yang memiliki warna merah keunguan ini masih belum begitu dikenal masyarakat luas dan masih sangat jarang ditemukan.

Khasiat Buah Bit yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Bit

Buah bit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan digunakan pula untuk pengobatan berbagai jenis penyakit, hal ini dikarenakan dalam buah bit terkandung banyak sekali nutrisi dan vitamin. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah bit ini  antara lain : vitamin c, magnesium, kalsium, serat, asam folalt, caumarin, fosfor, betasianin, kalium, triptofan, zat besi, dll. dan tentunya semua zat nutrisi yang teradapat dalam buah bit tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk memelihara kesehatan tubuh dan mencegah berbagai serangan penyakit.

Berikut ini adalah khasiat buah bit untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Buah bit ini adalah salah satu makanan super sehat untuk jantung Anda. Kandungan kalium yang terdapat dalam buah bit dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Dan seperti yang telah diketahui bahwa hipertensi ini merupakan salah satu yang menghambat aliran darah yang menuju ke jantung. Mengkonsumsi buah bit juga mampu mencegah homosistein (zat berbahaya bagi kesehatan jantung, dan menyebabkan pembuluh darah perifer jadi rusak dan meningkatkan resiko stroke).

2. Menjaga stamina tubuh

Mengkonsumsi buah bit dengan menjadikan jus dan diminum rutin setiap pagi dapat membuat stamina tubuh tetap terjaga. Anda akan terhindar dari kelelahan, keletihan, dan lesu. Jus buah bit memiliki kandungan nutrat yang bermanfaat untuk mengurangi pengluaran oksigen saat Anda beraktivitas.

3. Mencegah anemia

Penyakit Anemia atau penyakit kurang darah memang bisa menyerang siapa saja. Bagi Anda yang menderita penyakit anemia, siasati semua ini dengan menggunakan buah bit yang telah diketahui kaya akan kandungan zazt besinya. Zat besi mampu memperbaiki hemoglobin atau sel darah merah yang bertugas menyuplai oksigen dalam tubuh. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Anemia).

4. Melancarkan pencernaan

Pola makan yang tidak sehat menyebabkan pencernaan menjadi terganggu, seperti : diare, mual, disentri, dll. Masalah pencernaan tersebut dapat diatasi dengan meminum secara rutin jus buah bit, karena mengandung banyak serat yang bermanfaat dalam melarutkan makanan dalam usus dan racun di dalam usus.

5. Menjaga kesehatan ginjal dan kantung empedu

Mengkonsumsi buah bit secara langsung atau dengna menjadikannya jus, akan memberikan keuntungan bagi tubuh kita. Betapa tidak, buah bit mampu menjaga kesehatan ginjal dan kantung empedu. Hal ini karena buah bit mampu membersihkan ginjal dan kantung empedu dari racun-racun yang tertimbun dan mengendap dalam kedua organ tersebut.

Khasiat Menakjubkan Buah Bit untuk Ibu Hamil

1. Menjaga imunitas di dalam tubuh

Ibu hamil rentan sekali terkena penyakit, oleh sebab itu ibu hamil penting untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Dengan menjaga sistem imun di dalam tubuh, penyakit akan tidak mudah hadir di dalam tubuh.  Jus buah bit mampu menjaga sistem imun di dalam tubuh, sebab buah bit kaya akan antioksidan dan vitamin C yang begitu tinggi.

2. Menurunkan Kadar kolesterol

Saat hamil, berat badan bumil atau ibu hamil tidak akan terkontrol. Saat hamil biasanya berat badan akan melonjak tajam, dengan peningkatan berat badan tersebut kadar kolesterol yang ada di dalam darah pun ikut tidak terkontrol. Oleh sebab itu, buah bit dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Jus ini akan terasa khasiatnya jika dikonsumsi secara rutin.

3. Pencegahan Kanker

Buah bit juga sangat berkahasiat dalam pencegahan kanker, mengapa begitu?. Karena buah bit kaya akan vitamin C dan bisa berperan sebagai antioksidan buat tubuh. Zat antioksidan sangat bermanfaat dalam pencegahan kanker.

Khasiat Buah Bit untuk Kesehatan Bayi

1. Pertumbuhan tulang dan gigi

Kandungan kalsium pada buah bit sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi, bayipun akan mudah untuk merangkak kemudian berjalan.

2. Darah stabil

Buah bit mampu memperbaiki dan menormalkan jumlah hemoglobin dalam darah, sehingga sel darah merah yang ada di dalam tubuh bayi bisa stabil dan juga terhindar dari anemia.

3. Mencegah radang

Kandungan mineral dalam buah bit ini dipercaya mampu mencegah terjadinya peradangan yang biasanya dialami oleh bayi. Peradangan itu sendiri berasal dari virus dan bakteri, bayi memang rentan terkena serangan virus dan bakteri.

4. Mata yang sehat

Khasiat buah bit untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk kesehatan mata. Kandungan betakaroten dalam buah bit ini dapat menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari kerusakan (Baca : Macam-macam Kelainan (Penyakit) pada Mata). Mata yang jernih pada bayi akan tetap terjada dengan mengkonsumsi buah bit ini.

5. Kecerdasan otak

Masukkan buah bit dalam menu makan bayi Anda, karena asupan buah bit secara rutin pada bayi ajan bermanfaat untuk peningkatan fungsi dari otaknya. 

Itulah khasiat buah bit yang menakjubkan untuk kesehatan. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah penetahuan Anda mengenai buah bit dan meningkatkan kesadaran kita semua untuk senantiasa mengkonsumsi berbagai macam sayur dan buah segar yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita, terutama buah bit. Salam sehat dari Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Khasiat Buah Bit yang Menakjubkan untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment