Khasiat Daun Singkong yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Khasiat Daun Singkong yang Menakjubkan untuk Kesehatan - Daun singkong, siapa yang tidak tahu dengan salah satu jenis sayuran ini? Ya, daun singkong merupakan jenis sayuran yang tidak asing lagi bagi ktia. Sayuran yang memiliki daun berwarna hijau ini memang banyak digemari di berbagai daerah di Indonesia, dan sudah akrab di lidah kebanyakan masyarakat kita.

Khasiat Daun Singkong yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Daun singkong ini banyak diguankan dalam berbagai aneka kuliner Nusantara, baik itu dimanfaatkan sebagai lalapan atau dijadikan sebagai bahan campuran suatu masakan. Selain memiliki rasa yang enak, daun singkong ternnyata juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah luar biasanya. Berikut ini akan kita ulas, kandungan nutrisi apa saja yang terdapat dalam daun singkong ini sendiri.

Kandungan Nutrisi dalam Daun Singkong

Kandungan nutrisi dalam daun singkong ini cukup bervariasi, seperti halnya sayuran hijau yang lainnya, daun singkong juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Adapun kandungan nutrisi dan zat gizi dalam daun singkong adalah sebagai berikut :
  • Serat
  • Vitamin A, B1
  • Karbohidrat
  • Asam Amino Essensial
  • Protein
Khasiat Daun Singkong yang Menakjubkan untuk Kesehatan

1. Membantu metabolisme tubuh

Khasiat Daun Singkong untuk Kesehatan yang pertama kali akan kita bahas adalah untuk membantu metabolisme tubuh. Daun singkong merupakan sumber protein nabati yang sangat tinggi. Daun singkong adalah jenis protein nabati yang banyak mengandung vitamin B, dan seperti yang telah kita ketahui bahwa vitamin B ini sendiri sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk membangun sel-sel tubuh yang akan membentuk enzim-enzim yang membantu metabolisme tubuh. Kandungan nutrisi dalam daun singkong dapat membantu proses dalam tubuh.

2. Sumber energi

Kandungan berbagai protein atau asam amino essensial pada daun singkong sangat membantu memberikan energi bagi tubuh kita. Asam amino essensial ini mampu membantu perubahan karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas.

3. Antioksidan

Mungkin Anda sedikit bertanya-tanya, mengapa daun singkong dikatakan sebagai antioksian yang alami? Ya, kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun singkong ini telah diketahui mampu berperan sebagai salah satu sumber antioksidan yang baik untuk mencegah dan membuang radikal bebas dalam tubuh. Dan radikal bebas ini sendiri merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit kronis lainnya, dan juga menyebabkan penuaan dini.

4. Meregenerasi sel-sel tubuh

Asam amino essensial yang terkandung dalam daun singkong merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel-sel dalam tubuh kita. Asam amino ini merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan pembaharuan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi secara normal.

5. Baik untuk diet

Daun singkong ternyata baik digunakan untuk diet, kandungan seratnya yang tinggi dan protein yang ada di dalamnya merupakan salah satu menu diet sehat harian Anda. Jika saat ini Anda sedang melakukan program diet, dan ingin memiliki berat badan yang ideal, jangan pernah ragu untuk memasukan daun singkong ke dalam menu makan harian Anda, dan rasakan manfaatnya.

6. Menyehatkan pencernaan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa daun singkong ini memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk pencernaan, sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar manusia. Dengan memasukan daun singkong ke dalam menu makan harian Anda dan dikonsumsi secara rutin, maka akan memberikan efek yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan tubuh kita.

Penggunaan Daun Singkong untuk Pengobatan

Yang paling mengejutkan dari khasiat daun singkong adalah kemampuannya dalam memerangi dan sebagai remedi untuk keluhan penyakit. Beberapa penyakit, diyakini dapat ditangani oleh daun singkong untuk mengurangi deritanya. Berikut diantaranya :
a. Menyembuhkan Diare

Daun singkong merupakan obat tradisional penyakit diare yang efektif. Resep pengobatannya, ambil sekitar tujuh lembar daun singkong kemudian cuci bersih. Rebusalah daun singkong dengan air sebanyak 800cc. Sisakan sampai airnya tinggl 400cc. Minum dua kali sehari, sebanyak 200 cc per minum. Daun singkong dipercaya cukup efektif dalam hal membantu mengurangi diare.
b. Pengobatan penyakit rematik

Bila anda yang suka terjadi pegal-pegal sehabis bekerja, bisa saja ada gejala rematik dalam tubuh. Solusi pengobatannya, Siapkan sekitar 5 lembar daun singkong kemudian campurkan daun kapur sirih dan beri air sedikit. Lalu remas hingga ramuan hancur dan balurkan pada persendian yang terasa linu. Gunakan ini tiga kali sehari. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Rematik).

Itulah khasiat daun singkong yang menakjubkan untuk kesehatan. Dengan mengetahui manfaat daun singkong, semoga kita bisa menjadi semakin bijak dalam mengambil manfaat dari daun singkong, yaitu suatu tanaman obat yang baik untuk kesehatan kita dan dapat kita temui dengan mudah di lingkungan sekitar kita, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal dan tanpa efek samping. Luar biasa, bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Daun Singkong yang Menakjubkan untuk Kesehatan ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment