Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan - Ada berbagai jenis minyak yang sering kita gunakan untuk keperluan sehari-hari. Tidak hanya digunakan untuk memasak saja, penggunaan minyak alami juga telah lama digunakan untuk perawatan tubuh. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah tentang manfaat minyak kelapa murni bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan
Minyak kelapa dianggap sebagai zat yang tidak baik dan menjadi pemicu terjadinya berbagai jenis penyakit berbahaya, hal itu sangatlah keliru. Justru minyak kelapa murni ini memiliki berbagai kandungan nutrisi dan zat gizi yang sangat populer khasiatnya di bidang kecantikan dan kesehatan rambut.

Penelitian terkini telah menunjukkan bahwa asupan minyak kelapa dapat membantu tubuh kita meningkatkan resistensi terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit. Minyak kelapa juga dapat mempengaruhi hormon positif terhadap tiroid dan mengontrol kadar gula di dalam darah. Orang yang mengkonsumsi minyak kelapa juga cenderung memiliki perbaikan dalam menurangi gula darah. Hal ini karena kelapa itu sendrii mampu membantu meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh. Minyak kelapa murni juga dapat meningkatkan fungsi tiroid dengan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

1. Sehat untuk jantung

Khasiat minyak kelapa untuk kesehatan yang menakjubkan adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Minyak kelapa baik untuk kesehatan jantung. Bagaimana tidak, selama ini banyak orang yang memiliki anggapan keliru terhadap peranan minyak kelapa pada organ yang berperan penting dalam tubuh manusia tersebut.

Minyak kelapa bermanfaat untuk kesehatan jantung, hal ini karena minyak kelapa mengandung asam larut sekitar 50%, yang dapat membantu mencegah berbagai masalah pada jantung, seperti kadar kolesterol yang tinggi dan tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi. Lemak jenuh dalam minyak kelapa ini sama sekali tidak berbahaya seperti yang sering ditemukan dalam minyak sayur. Minyak kelapa juga tidak akan menyebabkan kadar LDL (kolesterol jahat) meningkat. Selain itu, minyak kelapa juga mampu mengurangi cedera dan kerusakan arteri, secara otomatis hal ini juga bisa membantu mencegah terjadinya aterosklerosis.

2. Perawatan rambut

Minyak kelapa adalah salah satu nutrisi alami terbaik untuk rambut, dan hal inilah yang menyebabkannya menjadi terpopuler di dunia. Minyak kelapa membantu pertumbuhan rambu yang sehat dan menjadikan rambut lebih berkilau. Selain itu, minyak kelapa juga mampu menutrisi rambut dan kulit kepala, sehingga kesehatan dan keindahan rambut tetap terjaga.

3. Merawat kulit

Minyak kelapa telah lama digunakan untuk membantu perawatan kulit. Minyak kelapa merupakan salah satu pelembab yang cukup baik untuk membantu berbagai jenis kelainan kulit, terutama untuk kulit kering. Berikut ini adalah manfaat minyak kelapa untuk perawatan kulit :
  • Melembabkan kulit kering
  • Mengobati infeksi kulit (psoriasis, dermatitis/eksim, dan infeksi kulit lainnya).
  • Mencegah pengelupasan kulit
  • Mencegah munculnya keriput pada kulit
  • Mengencangkan kulit
4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengapa minyak kelapa dikatakan mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh? Jawabannya adalah karena minyak kelapa memiliki kandungan lipid antimikroba, asam kaprat, asam laurat, dan asam kaprilat yang memiliki sifat antijamur, anti bakteri dan antivirus. Tubuh kita akan mengubah asamm laurat menjadi monolaurin, dari berbagai penelitian zat yang dihasilkan ini sangat penting untuk membasmi virus dan bakteri yang menjadi pemicu utama terjadinya penyakit seperti influenza, herpes dan bahkan HIV. Selain itu, bakteri lain yang dapat dibasmi oleh minyak kelapa antara lain :
  • Listeria monocytogenes
  • Helycobacter pylori
  • Protozoa berbahaya seperti giardia lamblia.
5. Mengobati luka bakar

Jika Anda memiliki luka bakar, seperti luka terkena knalpot atau jenis luka bakar lainnya, tentu akan menimbulkan bekas dan rasa sakit yang cukup hebat. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada kulit yang terkena luka bakar untuk membatu mengatasi bekas luka bakar tersebut. Cara penggunaanya mudah, cukup oleskan minyak kelapa pada luka bakar secukupnya, jangan campur dengan air atau bahan lainnya. Cara ini cukup efektif untuk mencegah terjadinya bekas luka bakar yang mengganggu Anda.

6. Meningakatkan energi

Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Kandungan kalori yang cukup tinggi menjadikannya sebagai salah satu sumber nutrisi yang mampu meningkatkan energi secara instan.

7. Mengontrol berbat badan

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009, ditemukan bahwa hubungan antara penurunan berat badan dan konsumsi minyak kelapa pada perempuan dalam mengurangi obesitas atau kegemukan. Para peneliti telah mengemukakan bahwa minyak kelapa ternyata sangat mudah dicerna, selain itu juga minyak kelapa membantu menjaga resistensi insulin. Cara penggunaannyapun sederhana, cukup tambahkan 1 sendok teh untuk diet. Dan lakukan secara bertahap sampai dengan 4 sendok makan per hari.

8. Mengurangi resiko penyakit alzheimer

Tahukah Anda bahwa minyak kelapa memiliki peran sebagai obat tradisional pencegah penyakit alzheimer? Kandungan zat keton dalam minyak kelapa merupakan asal mula peran pentingnya untuk kesehatan otak. Zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Selain itu, keton juga dapat membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita penyakit Alzheimer. Dosis yang ditemukan adalah 2 sendok teh per hari dapat membantu fungsi kognitif.

9. Menyehatkan kulit kepala

Secara teratur memijatk kulit kepala dengan minyak kelapa, dapat dipatikan Anda akan terbebas dari masalah ketombe bahkan kulit kepala yang kering. Hal ini juga akan bermanfaat bagi rambut dan kulit kepala bebas dari kutu dan telur kutu serta berbagai bakteri lainnya yang bersarang di dalam rambut.

10. Manfaat lainnya

Masih ada banyak lagi manfaat minyak kelapa yang dapat kita jadikan sebagai sumber nutrisi yang penting untuk tubuh, berikut adalah ulasan berbagai khasiatnya.
  • Mencegah penyakit hati.Trigliserida & asam lemak membantu dalam mencegah penyakit hati, kedua zat ini sangat mudah diproses menjadi energi ketika ia mencapai hati. Efek jangka panjang adalah mengurangi beban kerja hati dan juga mencegah penumpukan lemak dalam hati.
  • Mencegah batu ginjal. Minyak kelapa dapat membantu mencegah penyakit ginjal dan menghancurkan batu ginjal.
  • Mengobati Pankreatitis. Minyak kelapa juga diyakini berguna dalam mengobati pankreatitis.
  • Baik untuk Diabetes. Minyak kelapa diyakini juga dapat membantu untuk mengendalikan gula darah serta meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh. Hal ini menyebabkan ia dapat dengan efektif melepaskan glukosa dalam darah, hal ini penting untuk mencegah dan mengobati diabetes.
  • Kesehatan Gigi. Kalsium merupakan salah satu zat yang penting untuk menjaga kesehatan gigi
  • Tulang. Seperti halnya gigi, kalsium juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang.
Itulah sajian khasiat minyak kelapa untuk kesehatan yang obattradisionalpenyakitamandel sajikan. Minyak kelapa memang telah terbukti memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan, namun hal ini tidak lantas membuat Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Diharapkan kita bisa dengan bijak menggunakan minyak kelapa sewajarnya sesuai kebutuhan kita. Insya Alloh, banyak manfaat yang akan kita dapat.

0 comments "Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment