Khasiat Lamtoro (Petai Cina) untuk Kesehatan

Khasiat Lamtoro (Petai cina) untuk Kesehatan - Tanaman Lamtoro (petai cina) ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasau untuk kesehatan dan sebagai obat penyembuh berbagai penyakit yang telah terbukti secara klinis.

Tanaman Lamtoro atau Petai Cina

Khasiat Lamtoro (Petai Cina) untuk Kesehatan
Lamtoro, Petai Cina, atua Petai Selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (=Leguminosae, polong-polongan) yang seringkali digunakan untuk penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika Tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun masuk ke Jawa utnuk kepentingan pertanian dan kehutanan, kemudian menyebar ke pulau-pulai lain di seluruh indonesia. Oleh sebab itu, di Malaysia sendiri tanaman ini dinamakan Petai Jawa.

Tumbuhan ini dikenal pula dengan aneka sebutan yang lain seperti pĕlĕnding, peuteuy sélong (Sunda); kemlandingan, mètir, lamtoro dan lamtoro gung (=lamtoro besar; untuk varietas yang bertubuh lebih besar) (Jawa); serta kalandhingan (Madura).

Nama-namanya dalam pelbagai bahasa asing, di antaranya: petai belalang, petai jawa (Mly.); lamandro (PNG); ipil-ipil, elena, kariskis (Fil.); krathin (Thai); leucaena, white leadtree (Ingg.); dan leucaene, faux mimosa (Prc.).Nama ilmiahnya, Leucaena leucocephala (=’lamtoro berkepala putih’) mengacu kepada bongkol-bongkol bunganya yang berwarna keputihan.

Biji Tanaman Lamtoro
Rasa buah tanaman lamtoro ini agak pahit dan bersifat netral. Ada beberapa kandungan kimia yang terdapat dalam lamtoro atau petai cina ini, antara lain : kalsium, lemak, fosfor, besi. protein, serta vitamin A, B1, dan C. Sementara dalam biji lamtoro terkandungan mimosin, leukanin, protein, dan leukanol.

Metode pengembangbiakan tanaman lamtoro ini terbilang cukup mudah, kita hanya perlu menyebarkan bijinya saja. Cara merawatnyapun relatif mudah. Pastikan tanaman ini mendapatkan pasokan air yang cukup, dan jaga kelembaban tanahnya serta berilah pupuk organik agar pertumbuhannya berlangsung baik.

Kandungan nutrisi dan zat gizi yang terkandung dalam daun petai
  • Banyaknya daun petai cina yang diteliti (Food Weight) = 100 gram
  • Bagian daun petai cina yang dapat dikonsumsi (Bdd/Food Edible) = 40%
  • Jumlah kandungan energi daun petai cina = 128 kkal
  • Kandungan protein = 12 gram
  • Kandungan lemak = 6,5 gr
  • Kandungan karbohidrat = 12,4 gr
  • Kandungan kalsium = 1500 mg
  • Kandungan fosfor = 100 mg
  • Kandungan zat besi = 3mg
  • Kandungan vitamin A = 17800 IU
  • Kandungan vitamin B1 = 0,04 mg
  • Kandungan vitamin C = 64 mg
Kandungan nutrisi dan zat gizi yang terdapat dalam biji lamtoro mudah:
  • Banyaknya biji lamtoro yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Biji lamtoro muda yang dapat dikonsumsi (Bdd/ Food Edible) = 100 %
  • Jumlah kandungan energi biji lamtoro muda = 85 kkal
  • Kandungan protein = 5,7 gr
  • Kandungan lemak = 0,3 gr
  • Kandungan karbohidrat = 15,4 gr
  • Kandungan kalsium = 180 mg
  • Kandungan fosfor = 53 mg
  • Kandungan zat besi = 3 mg
  • Kandungan vitamin A = 423 IU
  • Kandungan vitamin B1 = 0,08 mg
  • Kandungan vitamin C = 15 mg
Khasiat Tanaman Lamtoro atau Petai Cina 

1. Disentri

Mungkin tidak sedikit orang yang kurang menggemari buah petai cina ini, tapi siapa yang mengira ternyata petai cina ini sangat berkhasiat untuk kesehatan kita. Bukan hanya kulit manggis saja yang memiliki fungsi sebagai obat tradisional penyakit disentri, ternyata petai cina ini juga berkhasiat untuk mengobati penyakit disentri. Caranya : Rebus 15 gram biji lamtoro, 30 gram krokot dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian setelah dingin saring dan minum airnya sehari dua gelas (pagi segelas dan sore hari segelas).

2. Cacingan, Bengkak (Oedem) dan Radang Ginjal

Rebus atau seduh 3-5 gram serbuk biji tanaman lamtoro kering dengan 1 cangkir air panas, lalu minum air rebusan atau seduhannya. Lakukan pengobatan tiga kali sehari dengan dosis yang sama.

3. Bisul, Abses Paru, Luka Terpukul, Insomnia

Sederet penyakit di atas dapat kita atasi dengan manfaat lamtoro atau petai cina yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar. Cara membuat ramuan herbal dari petai cina untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit di atas tidaklah sulit, kita hanya cukup merebus 10 gram seluruh bagian tanaman lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum sekaligus satu kali sehari saat hangat.

4. Meluruhkan Haid

Rebus segenggam akar tanaman lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas. Lakukan secara rutin, hingga perubahan dan reaksi kesembuhan dapat anda raih.

5. Meningkatkan Gairah Seksual

Ini dia yang istimewa dari petai cina atau lamtoro. Bukan hanya mampu mengobati berbagai macam penyakit ringan, akan tetapi lamtoro juga dapat digunakan untuk meningkatkan gairah seksualitas seseorang.  Untuk mengingkatkan libido atau gairah seksual dengan menggunakan tanaman lamtoro, cukup kocok 1 sendok bubuk biji tanaman lamtoro, 1 sendok bubuk lada hitam, 2 butir kuning telur ayam kampung mentah dan 1 sendok madu sampai rata. Minum campuran tersebut sekaligus satu hari.

6. Diabetes

Diabetes atau penyakit kencing manis adalah salah satu jenis penyakit yang tergolong sulit dalam proses penyembuhannya. Untuk menurunkan kadar gula darah secara alami kita dapat menggunakan biji lamtoro untuk memulihkan kinerja pankreas untuk menghasilakan hormon insulin yang berperan dalam menstabilkan kadar gula dalam darah. Gunakan 5 gram bubuk biji tumbuhan lamtoro diseduh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum hangat-hangat 1/2 jam sebelum makan. Lakukan 2 kali sehari.

7. Cacingan

Gunakan biji lamtoro tua dan kering ditumbuk halus menjadi bubuk. Ambil 5 gr bubuk tersebut lalu seduh dengan 100 cc air panas kemudian diminum.

8. Tertusuk

Bahkan bila anda tertusuk kayu, bambu, dan lain-lain gunakan daun lamtoro yang muda secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Untuk mengobati luka baru dan bengkak, gunakan daun lamtoro secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang luka.

9. Herpes

Untuk mengobati penyakit herpes dengan menggunakan 30 gram daun lamtoro ditambah 1 siung bawang putih ditumbuk halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.

10. Menghaluskan kulit

Petai cina ini ternyata tidak hanya berfungsi untuk mengobati berbagai macam penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh saja. Faktanya, lamtoro juga mampu memberikan manfaat sebagai penghalus kulit yang alami. Untuk mendapatkan kulit yang halus dengan menggunakan petai cina ini, ambillah 5 atau 6 daun petai cina. Kemudian remas-remas hingga keluar airnya. Setelah itu gosokkan pada seluruh badan pada saat anda mandi. Diamkan 1 menit dan bersihkan tubuh dengan air. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Jika badan anda terasa gatal, jangan teruskan, sebab mungkin tidak cocok dengan jenis kulit anda.

11. Ramuan Sambung Tulang

Bahan-bahan:


Daun petai cina, daun katuk, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih.

Cara mengolah:
  1. Hancurkan/blender bahan-bahan tersebut dengan perbandingan 1:1 sampai benar-benar hancur.
  2. Tambahkan air secukupnya, rebus hingga airnya tinggal sedikit, jangan sampai kering.
Cara pakai:
  • Digunakan sebagai param.
  • Ramuan (bahan-bahan & sedikit cairannya) dioleskan di tempat tulang yang patah lalu diikat dan diperban.
  • Ramuan diganti 3 hari sekali.
Itulah sajian informasi Khasiat Lamtoro (Petai Cina) untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi dan pengetahuan bagi kita semua akan manfaat dan tanaman obat lamtoro atua petai cina yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Salam sehat..

18comments:

  1. wahh ternyata lamtoro bnyak manfaatnya ya...
    thanks infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sebenarnya kita bisa memanfaatkan setiap bahan alami yang tersedia di lingkungan sekitar kita sebagai obat tradisional penyembuhan berbagai macam penyakit. Terima kasih juga atas kunjungannya, semoga bermanfaat.. :)

      Delete
  2. artikel yang bagus dan saya sangat kagum, mudah - mudahan website saya cara cepat hamil di sukai google juga seperti website anda, semoga anda selalu beruntung.

    ReplyDelete
  3. dulu waktu kecil suka makan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang mah sudah mulai langka, di tempat saya juga sudah jarang ditemukan lamtoro ini..

      Delete
  4. buat lalapan enak itu lamtoro apalagi kalau di buat botok, enak bener tu hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering makan botok juga? wah...bagus tuh, kebanyakan orang malah ogah-ogahan makan lamtoro ini dengan alasan aromanya yang nggak bersahabat. Tapi, kalau kita lihat manfaatnya..rasanya sayang kalau kita melewatkan lamtoro dalam menu makan kita..:)

      Delete
  5. iya sekarang sudah mulai langka, di pasar tradisional jg susah nyarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar, mungkin karena minat masyarakat untuk mengkonsumsi lamtoro ini yang kurang, inilah yang mungkin menjadi pemicu kelangkaan lamtoro itu sendiri..

      Delete
  6. oke banget tulisan ini utuk di pratekkan

    ReplyDelete
  7. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. trimakasih informasix....

    ReplyDelete
  11. itu yang dijadikan bubuk yang tua apa yang muda kering ,,,makasi

    ReplyDelete