Makanan Super Sehat untuk Jantung Anda

Makanan Super Sehat untuk Jantung - Bagi Anda penderita penyakit jantung, dianjurkan untuk bisa lebih bijak lagi dalam memilih berbagai jenis menu makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, hal ini tentunya bertujuan untuk meminimalisir resiko penyakit jantung yang bisa menyerang sewaktu-waktu dan sangat berbahaya bahkan bisa mengancam keselamatan jiwa penderitanya.

Makanan Super Sehat untuk Jantung Anda
"Ada banyak sekali buah-buahan dan sayuran dalam berbagai warna, bentuk dan ukuran yang baik bagi kesehatan jantung Anda, dan Anda pasti dapat mengurangi resiko tekrena penyakit akrdiovaskular dengan mengkonsumsi makanan tersebut setiap hari." Kata tJulia Zumpano, RD, LD, seorang ahli diet dari The Cleveland Clinic.

Buah-buahan dan sayuran segar merupakan makanan pokok untuk menjaga kesehatan jantung dan dapat menangkal radikal bebas dalam aliran darah serta dapat melindungi pembuluh darah. Begitu juga dengan bahan makanan yang lain seperti biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, teh yang mampu menawarkan berbagai macam khasiat untuk melindungi jantung dengan fitonutrien yang kompleks.

Makanan Sehat untuk Jantung
  1. Yogurt. Penelitian yang dilakukan para ilmuwan menunjukkan bahwa yogurt dapat melindungi terhadap penyakit gusi. Jika dibiarkan, penyakit gusi dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung. Para peneliti menganalisis asupan makanan dari hampir 1.000 orang dewasa dan menemukan mereka yang mengkonsumsi yogurt memiliki gusi yang sehat. Laporan ini diterbitakan dalam Journal of Periodontologi mengungkapkan proiotik (bakteri baik) sebagai salah satu makanan juara untuk kesehatan gusi. Probiotik dipercaya dapat melawan pertumbuhan bakteri di mulut, memperbaiki pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurut Yoshihiro Shimazaki, DDs, Ph.D. dari Universitas Kyushu.
  2. Kismis. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam kismis mampu memerangsi tumbuhnya jenis bakteri yang dapat mengakibatkan peradangan dan penyakit gusi. Orang yang memiliki penyakit gusi akan mempengaruhi terhadap kesehatan jantung.
  3. Pisang. Dalam buah pisang terkandung kalium yang dapat membantu menjaga fungsi jantung dan keseimbangan natrium serta air dalam tubuh. Kalium membantu ginjal mengekskresi kelebihan natrium, sehingga menjadikan tekanan darah lebih stabil. Mineral ini sangat penting bagi orang yang memakai obat diuretik untuk penyakit jantung.
  4. Popcorn. Mengandung polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Popcor bahkan memiliki polifenol 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan kacang merah.
  5. Teh hijau. Beberapa bukti kuat mengenai khasiat dan manfaat teh hijau untuk kesehatan jantung berasal dari berbagai penelitian yang dilakukan para ilmuwan. Para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau setiap hari memiliki kesehatan jantung yang sangat baik.
  6. Salmon. Salmon baik untuk kesehatan jantung Anda. Kandungan vitamin D dan omega-3-nya  sangat berperan penting dalam menjaga jantung untuk tetap sehat. Vitamin D pada salmon lebih tinggi dibanding ikan yang lain. Ia membantu pencernaan kalsium, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta baik untuk menurunkan berat badan dan juga meningkatkan fungsi otak. kekurangan vitamin D pada orang dewasa juga dikatikan dengan penyakit jantung dan kematian prematur. Sementara omega-3 adalah antioksidan yang ampuh.
  7. Brokoli. Brokoli adalah jenis sayuran yang memang dikenal mampu menurunkan resiko terhadap penyakit kardiovaskular. Para ilmuwan mengatakan bahawa indole 3 karbinol, komponen yang terdapat alam brokoli sangat berpotensial untuk menjaga kesehatan jantung. Cara kerjanya adalah mengantisipasi aspek-aspek yang bisa menyebabkan penyakit jantung.
  8. Asparagus. Asparagus memiliki banyak kandungan nutrisi ampuh untuk melawan penyakit jantung, seperti : folat, vitamin A, C, Dan K, juga omega-3. Kandungan tersebut berfungsi sebagai alat detoksifikasi yang dapat membuang bahan-bahan beracun bagi tubuh. Dengan demikian, ia melindungi kesehatan dan struktur sistem kardiovaskular itu sendiri.
  9. Bayam. Siapa yang tak tahu bayam? Ya, makanan favorit Popeye ini ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi dan zat gizi yang tinggi, tak heran jika Popeye menjadi kuat setelah mengkonsumsi bayam. Bayam mengandung vitamin A, C, dan K, serta kaya akan kalsium, dan magnesium. Seporsi bayamg dapat memberikan 20% dari kebutuhan magnesium Anda. Ini sangat penting, karena tubuh butuh magnesium untuj fungsi otot yang baik, mengontrol gula adrah, hingga mampu mengontrol tekanan darah.
  10. Biji-bijian. Orang yang makan biji-bijian cenderung lebih ramping dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal ini mungkin karena biji-bijian mengandung antioksidan, fitoestrogen dan pitosterol yang protektif terhadap penyakit jantung koroner. Serat dalam biji-bijian juga memiliki manfaat: berbagai studi menghubungkan diet tinggi serat dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian di Harvard, orang yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena penyakit jantung daripada mereka yang makan diet rendah serat. Serat larut dalam Biji-bijian juga dapat menurunkan kolesterol jahat ( LDL ). Jenis biji-bijian dengan kadar serat larut tinggi adalah gandung, jagung dan beras merah.
  11. Kacang hijau. Mengkonsumsi kacang hijau secara secara teratur baik untuk kesehatan jantung Anda, dan Anda tidak perlu makan kacang hijau dalam jumlah banyak untuk mendapatkankan manfaatnya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyarankan untuk mengkonsumsi 1/2 cangkir kacang hijau setiap hari dapat menurunkan kolesterol. Kacang hijau kaya akan serat larut dan zat lainnya yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang hijau mengandung berbagai nutrisi untuk melindungi jantung, yakni flavonoid yang bekerja untuk menghambat adhesi trombosit dalam darah, sehingga dapatr menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.
  12. Ikan Salmon. Mengkonsumsi ikan 2-3 porsi dalam satu minggu, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner untuk jangka panjang. studi menunjukkan. Ikan seperti salmon dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah irama jantung yang tidak teratur ( aritmia ). Selain ikan salmon dan tuna, minyak biji rami, minyak canola dan kenari juga mengandung omega-3.
  13. Kacang. Kacang-kacangan mengandung banuak vitamin, mineral, lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan rendah lemak jenuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang-walnut, pecan, almond, hazelnut, pistachio, kacang pinus dan kacang tanah hampir setiap hari memiliki jantung yang lebih sehat dan kuat.
  14. Coklat hitam. Para peneliti telah menemukan bahwa coklat kaya akan flavanol yang memiliki efek pengencer darah, dan dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan. Orang-orang Kuna di Kepulauan San Blas, lepas pantai Panama, tercatat memiliki kesehatan jantung yang sangat baik, karena banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari coklat. Flavanol dalam cokelat akan membantu meningkatkan fungsi dan menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga dapat menekan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit ginjal dan demensia. Beberapa penelitian juga menunjukkan coklat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa dalam cokelat, yang disebut epikatekin, meningkatkan oksida nitrat ,  zat yang sangat penting untuk kesehatan pembuluh darah. Tingkat berlimpah oksida nitrat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.
  15. Tomat. Merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium dan serat. Tomat juga mengandung lycopene, yang akan bekerja sama dengan vitamin dan mineral lainnya untuk membantu dalam pencegahan dan pengobatan penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi nutrisi dalam tomat dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.
  16. Apel, dikaitkan dengan rendahnya risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular dalam sebuah studi di Iowa. Peneliti Finlandia mempelajari data yang dikumpulkan selama 28 tahun dari 9208 pria dan wanita, menemukan bahwa orang yang gemar mengkonsumsi apel memiliki risiko yang sangat rendah untuk menderita stroke dan jantung. Flavonoid yang ditemukan dalam apel seperti kuersetin, epikatekin, epigalokatehin, dan kaempferol memiliki peran kunci untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat ( LDL ), dan mencegah penumpukan plak dalam arteri, serta menghambat peradangan. Apel juga kaya akan pektin, bentuk serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Apel sangat di anjurkan sebagai makanan sehat untuk penderita jantung.
  17. Aneka buah beri. Mengkonsumsi buah beri seperti stroberi, blueberry, acai berry, bilberry, raspberry dan aneka jenis buah beri lainnya dikaitkan dengan peningkatan tingkat kolesterol “baik” HDL dan menurunkan tekanan darah, dua hal positif untuk para penderita jantung. Di dalam buah-buahan ini terkandung berbagai polifenol yang mempromosikan kesehatan yang mencakup antosianin dan asam ellagic. Polifenol dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, sebuah molekul yang menghasilkan efek jantung sehat. Salah satunya adalah membuat rileks pembuluh darah, yang kemudian menghasilkan penurunan tekanan darah.
  18. Delima merah. Penelitian menunjukkan bahwa delima merah dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri dan menurunkan tekanan darah. Para ahli percaya bahwa manfaat delima merah berasal dari senyawa antosianin di dalamnya. Dalam sebuah studi pada tahun 2008, peneliti menemukan bahwa dibandingkan dengan minuman kaya antioksidan lainnya termasuk jus blueberry, cranberry dan anggur merah, delima  merah memiliki kapasitas antioksidan tertinggi. (dari berbagai sumber).
Simak Juga:
Itulah sajian informasi menganai makanan super sehat untuk jantung. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai jenis makanan apa saja yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Salam sehat..

0 comments "Makanan Super Sehat untuk Jantung Anda", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment