Tanaman Herbal Untuk Menurunkan Gula Darah

Tanaman Herbal Untuk Menurunkan Gula Darah - Bahan Alami Untuk Menurukan Gula Darah yang memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menurunkan kadar gula darah atau diabetes mellitus. Berikut ini adalah sajian informasi lengkap mengenai pengobatan penyakit gula darah dengan menggunakan ramuan alami.

Tanaman Herbal Untuk Menurunkan Gula Darah

Tanaman Herbal Untuk Menurunkan Gula Darah
Barangkali yang terbersit dalam benak kita ketika mendengar kata penyakit gula darah atau penyakit diabetes mellitus adalah pengobatan secara medis atau suntikan insulin dengan tujuan untuk menstabilkan kadar gula dalam darah, dan mengembalikan fungsi pankreas seperti semula.

Ada beberapa tanaman herbal untuk menurunkan gula darah yang sebenarnya bisa kita gunakan sebagai alternatif penyembuhan penyakit diabetes mellitus atau menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Apa saja tanaman penurun gula darah tersebut? berikut ini adalah beberapa jenis tanaman herbal untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Brotowali

Efek Farmakologi
Analgesik (menghilangkan rasa sakit), anti piretik (menurunkan panas)

Cara Penggunaan

6 cm batang brotowali dicuci dan dipotong-potong. Tambahkan sepertiga genggam daun sambiloto dan sepertiga daun kumis kucing. Rebus dengan tiga gelas sampai menjadi dua gelas. Diminum setelah makan.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki manfaat sebagai ramuan herbal untuk mengatasi penyakit wasir, sebagai penghilang noda bekas jerawat, bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan (campuran es dan makanan lainnya), dan ternyata manfaat lidah buaya tidak berhenti sampai di situ. Lidah buaya juga sangat efektif untuk menurunkan gula darah atau penyembuhannya. Dan fungsi utamanya adalah sebagai Antiradang atau Pencahar

Cara Penggunaan

1 lembar lidah buaya dicuci bersih, buang durinya kemudian dipotong-potong. Rebus lidah buaya dengan tiga gelas air sampai menjadi satu setengah gelas. Minum 3x1,5 gelas setiap habis makan.

Mahkotadewa

Efek Farmakologi
Antiradang, obat disentri dan obat sakit kulit dan eksim. Adapaun cara membuat ramuan herbal penurun gula darah dari tanaman mahkota dewa, adalah sangat mudah dan anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
Siapkan lima hingga tujuh iris buah mahkotadewa lalu seduh dengan satu gelas air panas (200 cc). Tutup dan biarkan sebentar agar melarut dulu. Setelah itu minum secukupnya.

Mengkudu

Mengkudu, mungkin anda masih ingat, bahwa buah mengkudu adalah salah satu alternatif untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi atau hipertensi, dan ternyata bukan hanya itu. Mengkudu adalah buah yang termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman herbal untuk menurunkan gula darah. Karena mengkudu dapat memperbaiki sel beta pankreas dan reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

Cara Penggunaan
Ambil dua buah mengkudu masak. Parut dan tambahkan sedikit air kapur. Aduk sampai merata. Peras dengan sepotong kain lalu diminum.

Pare

Pare, adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa yang khas, ya rasa pahit adalah salah satu sifat yang dimiliki pare. Selain digunakan sebagai bahan-bahan masakan, pare ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Fakta ilmiahnya, pare memiliki kandungan zat yang berperan aktif sebagai penurun gula darah dalam tubuh, diantaranya adalah sebagai Antiradang, sifatnya dingin. Charantin dan polypeptide-P di dalam pare merangsang sel beta pankreas untuk mengeluarkan insulin.

Cara Penggunaan
Ambil 200 gram buah pare segar. Potong-potong lalu buah tersebut bisa dijus atau direbus. Kemudian airnya diminum.

Teh Hijau

Teh Hijau adalah bahan dasar minuman yang telah dikenal manfaatnya untuk merawat kecantikan, dan bukan hanya itu, ternyata teh hijau juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah luar biasanya, yiatu dapat menurunkan kadar gula darah atau sebagai penyembuh penyakit diabetes mellitus.

Polifenol di dalam teh meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.  Efek teh hijau terhadap insulin ini pernah diteliti oleh Hiroshi Tsuneki dkk dan diterbitkan dalam jurnal BMC Pharmacology tahun 2004.Sehingga dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, maka kadar gula yang tinggi dalam tubuh akan mulai stabil, karena kandungan dalam teh hijau tersebut mampu memperbaiki fungsi pankreas untuk dapat memproduksi insulin guna menstabilkan gula darah yang berlebihan tersebut.

Selain dengan menggunakan ramuan herbal yang telah disebutkan di atas sebagai penyembuh diabetes mellitus atau penurun kadar gula darah, ada juga beberapa metode penyembuhan secara tradisional dari bahan alami, ekstrak teripang laut, dan informasi selengkapnya dapat anda simak di => Obat Tradisional Penyakit Diabetes Mellitus.

Demikianlah informasi cara menurunkan gula darah secara alami. Jalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, agar penyakit gula darah bisa diatasi dengan cepat. Segera atasi penyakit gula darah yang anda keluhkan dengan tanaman herbal untuk menurunkan gula darah yang telah disediakan alam sekitar kita. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

6komentar:

  1. Brotowali ini pahitnya luar biasa nggak tahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang rasanya pahit, tapi untuk khasiatnya sendiri Insya Allah dapat menurunkan kadar gula darah..
      Terima kasih atas kunjungnnya ya Bang Munir.. :)

      Hapus
  2. Semua herbal itu kan pahit2 kalo penderita punya riwayat gastritis ga papa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak menjadi masalah, karena untuk rasa pahit sendiri itu tidak memberikan efek yang terlalu buruk bagi penderita gastritis. Kecuali jika yang dikonsumsi itu adalah santan, makanan pedas, makanan yang asam, soda, alkohol, & makanan yang memicu parahnya penyakit gastritis itu sendiri.

      Hapus
  3. Artikelnya bagus sekali semoga bisa bermanfaat bagi semua masyarakat yah...Kami menyediakan makanan kesehatan untuk diet, dan penderita penyakit diabetes....

    http://dietyangbenar.wordpress.com/

    BalasHapus
  4. itu kalo kita langsung meramu dari bahan bahan tersebut, apakah gak ada efek sampingnya? terutama bagi ginjal, mohon tanggapannya

    BalasHapus