Kebiasaan Buruk Penyebab Kerusakan pada Rambut

Ditulis oleh: -
Kebiasaan Buruk Penyebab Kerusakan pada Rambut - Setidaknya ada 9 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, seperti yang dilansir The Fashion Sport, Kamis (21/8).

Kebiasaan Buruk Penyebab Kerusakan pada Rambut

Kebiasaan Buruk Penyebab Kerusakan pada Rambut

1. Sering mengikat rambut
Kebiasaan sering mengikat rambut ketat dalam waktu yang alma akan merangsang rambut rontok. Wanita mungking seringkali mengepang rambutnya atau mengikat ke belakang seperti ekor kuda atau disanggul dengna ikatan yang terlalu kuat. Peneliti kosmetika di Mount Sinai Hospital, New York City , Dr. Joshua Zeichner mengatakan kebiasaan tersebut menyebabkan peradangan pada akar rambut dan berakhir pada kerontokan.

2. Sering meluruskan rambut
Meluruskan rambut dengan menggunakan alat-alat elektronik seperti catokan akan merusak kulit kepala. Dokter kulit bersertifikat, Debra Jaliman mengatakan bahwa jika Anda terlalu sering melakukan pelurusan pada rambut, maka hal ini akan mengakibatkan kerusakan buruk dan rambutpun akan lebih cepat rontok.

3. Sering menggunakan bahan kimia untuk rambut
Waspadailah untuk menggunakan bahan-bahan kimia untuk perawatan rambut Anda (Baca : 7 Zat Kimia Berbahaya dalam Produk Perawatan Rambut). Adapun bahan-bahan kimia yang digunakan biasanya terdapat dalam roduk pewarna rambut, keriting rambut, atau meluruskan rambut.

Ahli Dermatologi, Dr. Jessica Krant mengatakan bahwa bahan-bahan kimia tersebut akan bereaksi serius yang merusak folikel rambut. Setelah beberapa tahun, kulit kepala wanita akan kehilangan kemampuan menumbuhkan rambut secara permanen.

4. Kurang suplemen
Menurut dokter kulit di Los Angeles, Dr Alex Khadavi, rambut pada dasarnya membutuhkan suplemen gelatin yang membuat mahkota Anda terlihat lebih sehat dan bermanfaat mengatasi kerontokan rambut.Suplemen gelatin akan menyehatkan rambut Anda tanpa efek samping. Dokter merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi 2-3 gram gelatin per hati. Suplemen ini sangat mudah ditemukan di toko obat lokal.

5. Sering berganti pil KB
Apakah Anda tahu bahwa sering berganti pil KB atau menghentikan konsumsi rutinnya bisa mengganggu keseimbangan hormon alami di tubuh Anda? Beberapa pil mungkin menyebabkan rambut semakin menipis.

Ahli dermatologi, Dr Jessica Krant menyarankan Anda untuk mengonsultasikannya dengan hati-hati bersama dokter, setiap kali Anda memutuskan untuk mengonsumsi pil KB jika Anda sudah memiliki rambut tipis dan tak ingin membuatnya lebih buruk lagi.

6. Sering terpapar sinar matahari
Ingatlah untuk selalu menggunakan topi atau penutup kepala lainnya (terutama bagi para muslimah, mengenakan hijab akan jauh lebih baik). Atau bisa juga dengan menyemprotekan SPF pada rambut Anda ketika terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, hal itu tentunya bisa mengakibatkan rambut kering dan membuatnya lebih rentan terkena kotoran, dan tentunya sinar UV matahari dapat melemahkan helaian rambut Anda.

7. Stress
Percaya atau tidak, stress adalah salah satu penyebab utama rambut rontok. Spesialis restorasi rambut Lucinda Ellery menyarankan Anda untuk tetap senang dan menghindari berbagai hal pemicu stress. Misalnya dengan menjalani hobi baru atau olahraga ringan yang dilakukan secara rutin, dan kegiatan menyenangkan lainnya.

8. Sering menggunakan pengering rambut
Panas tidak hanya akan merusak helaian rambut, tapi juga bisa membuatnya kering. Terlalu sering menggunakan pengering rambut atau hair dryer akan mengakibatkan hilangnya kemilau rambut dan zat pelemabab rambut di bawah kutikula. Hal ini akan merusak folikel rambut sehingga rambut Anda tidak tumbuh sehar dalam jangka waktu yang panjdng. Jika Anda harus mengeringkannya dengan alat, maka lakukanlah sepertiga rambut Anda sudah kering secara alami.

9. Diet tidak seimbang
Untuk rambut yang indah, pastikan Anda untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan diet yang seimbang. Sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan zat besi, betakaroten, asam lemak omega-3, protein, seng, dan biotin.

0 comments "Kebiasaan Buruk Penyebab Kerusakan pada Rambut", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment