Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan

Khasiat Buah Pisang utnuk Kesehatan - Buah Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang dikenal oleh semua kalangan masyarakat. Daging buah yang lembut dan rasanya yang manis, menjadikannya sebagai bauh yang sangat cocok dijadikan sebagaipencuci mulut. Dan perlu kita ketahui bahwa mengkonsumsi buah pisang secara rutin ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan

Buah pisang juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, untuk membantu tumbuh kembang janin. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan nutrisi seperti kalium dan juga asam folat. Pisang mampu membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen, yang berfungsi untuk membangun atau meregenerasi jaringan pada tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Buah pisang kaya akan kandungan mineralnya yang penting, antara lain : vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium.

Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan

1. Kaya akan vitamin dan serat

Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingakn dengan buah apel, pisang juga kaya kaan kandungan potasium yang mencapai 400 mg, di dalam pisang yang berukuran sedang. Dengan demikian, mengkonsumsi pisang secara rutin, dapat menjaga kesehatan jantung.

2. Sumber energi

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam buah pisang ini dapat menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi 2 buah pisang dalam sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivita sehari-hari.

3. Menurunkan berat badan

Tahukah Anda bahwa buah pisang memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan? Hal ini karena pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil. Bagi yang memiliki masalah dengan berat badan, jangan khawatir. Konsumsilah buah pisang secara rutin untuk membantu menurunkan berat badan Anda menjadi lebih ideal.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Dengna mengkonsumsi secara rutin, sebanyak 3x sehari sebagai pencuci mulut, Anda juga akan turut menjaga kesehatan otak yang berasal dari kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah pisang tersebut.

5. Mengobati Jerawat

Cara menggunakan buah pisang untuk mengobati jerawat sangatlah mudah, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan menggunakan air. Lakukan pengobatan seperti ini selama beberapa hari sampai jerawat di wajah Anda hilang. Selain dapat menyingkirkan jerawat, menggunakan buah pisang sebagai masker juga dapat menjadikan kulit wajah menjadi lebih bersih.

6. Menghaluskan kulit wajah

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit kering atau kasa, daging buah pisang menjadi solusinya. Caranyapun sangat mudah, cukup lakukan langkah-langkah sederhana seperti yang dilakukan untuk mengobati jerawat.

7. Mengatasi diabetes

Kabar gembira bagi para penderita penyakit diabetes mellitus atau penyakit kencing manis. Dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu Goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda, dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Diabetes Mellitus).

8. Menyeimbangkan cairan tubuh

Tubuh memerlukan cairan yang seimbang dan cukup untuk menunjang semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang mampu berperan penting untuk membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

9. Mengobati sakit maag

Apakah Anda memiliki keluhan penyakit Maag? Jika iya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba pengobatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit maag dengan menggunakan pisang. Hal ini karena pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh, sehingga dapat meredakan gejala maag secara efektif.

10. Mengobati anemia

Pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga cocok untuk penderita penyakit anemia atau penyakit kurang darah. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin dapat mengatasi kekurangan sel darah merah dalam tubuh, hingga akhirnya penyakit anemia pun dapat dicegah.

11. Menyehatkan tulang

Buah pisang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi. Karena hal inilah yang menjadikan pisang sebagai buah yang mampu menjaga kesehatan tulang.

12. Mengobati luka bakar

Anda dapat menggunakan salah satu bagian dari tanaman pisang untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya, ambil abu daun pisang dan kemudian tambahkan minyak kelapa, kemudian oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

13. Mencegah penyakit jantung

Buah pisang efektif mencegah penyakit jantung. Hal ini karena kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan dalam buah pisang mampu mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terdapat dalam buah pisang juga merupakan suatu tonik yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, serat pektin juga berpengaruh dalam membantu menurunkan kadar kolesterol.

14. Melancarkan sistem pencernaan

Mengkonsumsi pisang secara rutin dapoat membantu sistem pencernaan dalam tubuh menjadi lebih baik. Sehingga nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap dan digunakan oleh tubuh secara optimal.

15. Meningkatkan mood

Pisang membantu meningkatkan suasana hati, sehingga mood menjadi stabil dan terhindar dari stress.

16. Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk

Cara mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk dengan menggunakan pisang, caranya cukup mudah. Ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan pada daerah kulit yang terkena gigitan nyamuk, maka Anda akan merasakan sendiri khasiatnya.

17. Melancarkan sirkulasi darah

Kandungan kalium dan potasiu dalam pisang bermanfaat untuk membantu sirkulasi darah menjadi lancar. Pada akhirnya peredarah oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko stroke, dan mengatur kestabilan tekanan darah.

18. Mengatasi rasa sakit ketika haid

Rasa sakit saat haid atau mensturasi melanda kebanyakan kaum hawa. Untuk mengatasinya, kita dapat menggunakan buah pisang. Perbanyaklah mengkonsumsi buah pisang, maka rasa sakit tersebut dapat berkurang.

19. Mencegah pembengkakan

Buah pisang digunakan untuk mencegah/mengurangi pembengkakan, menurunkan resiko diabetes tipe 2, memperkuat sistem syaraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini karena tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.

20. Mengobati sembelit

Pisang dapat digunakan sebagai obat tradisional penyakit sembelit. Buah ini membantu memperlancar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang secara rutin, dapat mencegah terjadinya pengerasan feses yang merupakan gejala awal penyakit sembelit atau konstipasi.

Itulah Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai manfaat yang terkandung dalam buah pisang. Salam sehat..

0 comments "Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment