Waspadai 11 Jenis Penyakit Jantung Berbahaya

Waspadai 11 Jenis Penyakit Jantung Berbahaya ! - Mungkin selama ini kita menggolongkan jenis penyakit kardiovaskuler ke dalam satu kategori, yaitu serangan jantung. Akan tetapi, kita tidak menyadari sepenuhnya bahwa serangan jantung merupakan hasil akhir dari berbagai jenis penyakit jantung.

11 Jenis Penyakit Jantung Berbahaya
Istilah kardiovaskuler sendiri merujuk ada jantung dan pembuluh darah yang memasok darah ke jantung. Setiap masalah baik itu yang terjadi pada jantung ataupun pembuluh darah yang memasok darah ke jantung dapat menyebabkan penyakit kardiovaskuler. Berikut ini adalah 11 jenis penyakit jantung yang berbahaya, seperti yang dilansir Boldsky.

1. Penyakit Arteri Koroner
Ini adalah jenis penyakit yang paling umum dari penyakit jantung, dimana dinding arteri menjadi menebal akibat akumulasi lemah. Kondisi ini menghambat jumlah darah yang masuk ke dalam jantung dan bisa meningkatkan tekanan darah. Baca : Cara alami menurunkan tekanan darah.

2. Trachycardia
Trachycardia pada dasarnya adalah isitlah medis untuk peningkatan denyut jantung. Palpitasi dan detak jantung yang tinggi dapat disebbakan oleh beberapa faktor perilaku yang buruk, diantaranya adalah : merokok, konsumsi alkohol, dan stress berlebih.

3. Penyakit Otot Jantung
Terkadang otot jantung juga dapat melemah. Dalam hal ini, fungsi otot-otot jantung akan melambat sehingga tidak mampu memompa darah yang cukup untuk tubuh.

4. Penyakit Katup Jantung
Jantung kita memiliki 4 katup. Jika salah satu diantara 4 katup tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik, maka hal ini akan memicu terjadinya penyakit stroke atau angina.

5. Bradikardi
Adalah suatu istilah medis untuk denyu jantung yang lambat. Hal ini dapat terjadi karena otot-otot jantung lelah. Alat pacu jantung yang dipasang di jantung dapat membantu memacu denyut jantung yang melemah.

6. Gagal Jantung
Penyakit gagal jantung ini sering terjadi ketika jantung tidak dapat memompa darah dan berhenti bekerja. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang kehilangan banyak darah, terkejut atau bahkan karena gangguan paru-paru.

7. Penyakit Jantung Bawaan
Ada beberapa bayi yang dilahirkan dengan jantung yang lemah atau bahkan jantung mereka berlubang. Kondisi ini dapat diatasi melalui operasi. Akan tetapi, tidak semua tindakan operasi yang dilakukan tersebut berhasil 100%.

8. Gangguan Serebrovaskular
Serebrovaskular adalah keadaan terjadinya hambatan dalam sirkulasi atau peredaran darah dari jantung ke otak. Jenis penyakit jantung yang satu ini sangatlah berbahaya karena dapat mengakibatkan stroke.

9. Angina
Istilah Angina ini merupakan istilah medis yang menggambarkan rasa sakit dan sesak di sekitar dada. Hal ini terjadi dikarenakan penderitanya tidak mendapatkan cukup oksigen. Kondisi ini paling sering diakibatkan oleh adanya penyumbatban kecil di arteri jantung atau koroner.

10. Penyakit Jantung Rematik
Sebuah jenis tertentu dari infeksi bakteri di masa kecil dapat mempengaruhi sendi dan katup jantung. Masalah jantung mulai muncul di usia dewasa, dan solusi yang seringkali direkomendasikan untuk mengobati keluhan penyakit jantung rematik ini adalah dengan cara operasi.

11. Aterosklerosis
Aterosklerosis adalah pengerasan arteri. Arteri seringkali mengeras karena adanya endapan wabah, racun dan lemak. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah dan stroke jantung.

Simak Juga :
Itulah 11 jenis penyakit jantung berbahaya yang harus kita waspadai. Jantung adalah organ tubuh yang memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup kita. Oleh karenanya, jagalah kesehatan jantung dengan menjaga pola makan dan tentunya dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Semoga bermanfaat..

0 comments "Waspadai 11 Jenis Penyakit Jantung Berbahaya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment