Penyebab Penyakit Epilepsi

Penyebab Penyakit Epilepsi - Untuk penyakit epilepsi atau penyakit ayan ini sendiri, biasanya gejala yang mungkin ditimbulkan dari penyakit ini adalah berupa hilangnya kesadaran, kejang seluruh tubuh hingga mengeluarkan air liur berbusa dan nafas tersengal mengorok, serta terjadi kontraksi otot yang mengakibatkan penderitanya mendadak jatuh pingsang diiringi dengan jeritan. 

Penyebab Penyakit Epilepsi
Semua urat-urat mengejang, lengan dan tungkai menjulur kaku, tangan menggenggam dengan eratnya, seringkali lidahnya terluka karena tergigit saat rahang terkatup rapat, si penderita akan mengalami kesulitan untuk bernafas dan wajah memerah atau keiru-biruan. Selama serangan penyakit epilepsi ini berlangsung, biasanya mata si penderita tertutup dan akhirnya tertidur pulas lebih dari 45 menit. Apabila telah sadarkan diri, dan ditanya, maka ia tidak ingat apa-apa yang telah terjadi atas dirinya. Serangan penyakit ayan ini datang berulang-ulang.

Penyebab Penyakit Epilepsi

Umumnya, penyakit epilepsi disebabkan oleh kerusakan otak dalam proses kelahiran, luka pada kepala, penyakit stroke yang terjadi pada orang dewasa, tumor otak yang biasanya diderita oleh anak-anak, dan karena penggunaan alkohol. Terkadang, penyakit epilepsi ini juga timbul karena adanya faktor genetik, tapi bukan penyakit keturunan. Meskipun demikian, penyebab pasti penyakit epilepsi ini belum diketahui secara pasti, secara umum dapat mencakup beberapa hal berikut ini :
  • Faktor genetik, namun bukan faktor keturunan
  • Adanya perubahan zat kimia dalam otak
  • Pernah mengalami gangguan fisik atau mental
  • Bisa karena faktor lingkungan
  • Pada proses kelahiran terjadi akibat luka pada kehamilan
Pencegahan Penyakit Epilepsi

Untuk meminimalisir bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit peilepsi atau penyakit ayan itu sendiri, perlu dilakukannya beberapa langkah pencegahan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Cedera kepala yang merupakan salah satu penyebab penyakit ayan yang dapat dicegah. Mencegah terjadinya cedera pada kepala merupakan salah satu cara yang paling aman untuk menekan resiko terkena penyakit ayan.
  • Pencegahan kejang yang dilakukan dengan menggunakan obat-obatan anti konvulsan secara tepat dan memodifikasi daya hidup yang merupakan bagian dari rencana ataupun langkah pencegahan penyakit epilepsi itu sendiri.
  • Infeksi yang terjadi pada masa anak-anak yang harus dikontrol dengan menggunakan vaksinasi yang benar untuk menjauhkan penyebab yang mungkin akan menimbulkan penyakit epilepsi. Dan pada orang tua, harus tetap waspada jika suatu saat anak Anda mengalami kejang, berilah penanganan yang tepat, salah satunya dengan mengompres badan anak Anda untuk menurunkan demamnya, bisa dengan memberikan obat anti peuretik.
Siman Juga :
Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya penyakit epilepsi. Terima kasih atas kesediaan Anda telah menyimak sajian informasi faktor penyebab penyakit ayan yang kami berikan. Semoga bermanfaat..

0 comments "Penyebab Penyakit Epilepsi", Baca atau Masukkan Komentar

Post a comment