Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan - Buah Mengkudu adalah salah satu jenis tanaman yang seringkali kita temui di lingkungan sekitar kita. Mungkin tak banyak yang mengetahui akan khasiat dan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh. Faktanya, buah yang memiliki totol-totol dan berwarna putih ketika sudah matang ini ternyata telah terbukti melalui berbagai penelitian para ahli, memiliki khasaiat yang  luar biasa.

Buah Mengkudu

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan
Mengkudu (Bahasa Aceh : keumeudee, Jawa : pace, kemudu, kudu), Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Tibah (Bali). Buah mengkudu ini sendiri berasal dari daerah Asia Tenggara dan tergolong ke dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah Noni (bahasa Hawaii), Nono (Bahasa Tahiti), Nonu (Bahasa Tonga), Ungcoikan (Bahasa Myanmar) dan Ach (Bahasa Hindi).

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon ini mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih, buahnya merupakan buah majemuk yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Mengkudu
  1. Zat nutrisi : buah mengkudu memiliki banyak kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Salah satunya adalah zat yang paling berperan penting dalam tubuh seperti protein, vitamin, serta mineral. Selenium yang terdapat dalam buah mengkudu ini merupakan zat antioksidan yang hebat.
  2. Terpenoid : Kandungan yang bermanfaat untuk membantu proses sintesis organik dan juga untuk pemulihan sel-sel pada tubuh.
  3. Zat antibakteri : adanya zat-zat aktif dalam sari buah mengkudu sangat bermanfaat untuk mematikann bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escheria coli dan Bacillus subtilis. Zat antibakteri dalam mengkudu ini juga bermanfaat untuk mengontrol bakteri patogen (bakteri mematikan) seperti S. Typhi, Salmonella montivideo, S. scotmuelleri.
  4. Zat antikanker: kandungan zat-zat anti kanker dalam buah mengkudu ini sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal yang tumbuh menjadi sel-sel kanker mematikan.

Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan
  • Daya tahan tubuh. Buah mengkudu memiliki keseimbangan kandungan vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim, Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas, karena mengkudu ini memiliki antioksian alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.
  • Anti-inflamasi. Sari buah mengkudu memiliki sifat antiinflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan dan juga menurunkan resiko terkena serangan jantung.
  • Analgesik. Buah mengkudu terkenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk meredam rasa sakit kepala. Mengkudu ini memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi.
  • Anti kuman. Kandungan antrakuinon, skopoletin, dan terpana yang terdapat dalam mengkudu memiliki sifat antibakteri anti jamur dan anti parasit yang baik untuk kesehatan tubuh.
  • Anti kanker. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu ini sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA dan kanker serta baik untuk menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh.
  • Menstabilkan tekanan darah. Mengkonsumsi buah mengkudu dalam bentuk jus, buah segar atau suplemen sangat dianjurkan, karena kandungan nutrisinya bisa mencegah terjadinya penyakit hipertensi atau penyakit darah tinggi. Dan yang paling penting adalah buah mengkudu ini dapat menstabilkan tekanan darah pada angka normal. Untuk mendapatkan manfaat buah mengkudu sebagai obat tradisional penyakit darah tinggi, caranya cukup mudah. Cukup dengan memeras buah mengkudu untuk diambil airnya, kemudian campurkan dengan madu sampai merasa dan saring, minumlah 2 kali sehari.
  • Demam (masuk angin dan flu). Satu buah mengkudu dan satu rimpang kencur direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, kemudian saring dan minum 2x sehari, pagi dan sore.
  • Obat batuk. 1 buah mengkudu dan 1/2 genggam daun poo (bujanggut). Rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring dan minum 2x sehari, tiap pagi dan sore.
  • Sakit perut. Bahan yang diperlukan untuk mengatasi sakit perut dengan mengkudu ini adalah sediakan 2-3 daun mengkudu, caranya tumbuk daun mengkudu hingga halus dan tambahkan sedikit garam kemudian seduh dengan air panas. Setelah dingin, saring dan minum.
  • Menghilangkan sisik pada kaki. Gunakan buah mengkudu yang usdah masak di pohon, bagian kaki yang bersisik gosok dengan buah mengkudu tersebut hingga merata, dan biarkan selama 5-10 menit, kemudian bersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena buah mengkudu memiliki kandungan yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus.
  • Melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi buah mengkudu secasra teratur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Penyakit perut kembung, muntah, luka pada usus halus serta radang lambung juga bisa diatasi dengan buah mengkudu ini.
Itulah sajian informasi mengenai khasiat buah mengkudu untuk kesehatan yang kami berikan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai manfaat luar biasa yang terkandung dalam buah mengkudu, dan menjadi salah satu solusi alternatif bagi Anda untuk mengatasi keluhan penyakit yang sedang diderita. Selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment