Faktor Penyebab Penyakit Kencing Batu

Faktor Penyebab Penyakit Kencing Batu - Penyakit Kencing Batu merupakan gangguan pengeluaran air seni yang ditandai dengan keluarnya batu-batu yang berukuran kecil ketika buang air kecil. Jika dilihat secara detail, bentuk kencing batu tersebut hampir mirip dengan pasir kasar.

Faktor Penyebab Penyakit Kencing Batu
Gejala yang umumnya dirasakan oleh penderita penyakit kencing batu ini adalah rasa sakit pada bagian pinggang, nyeri di pinggang kiri atau kanan karena manusia memiliki 2 ginjal yang terletak di sebelah kiri dan kakan. 

Selain itu, pada sebagian orang mengalami kencing darah, hal ini dikarenakan terdapat batu dalam saluran kemih yang berhubungan langsung dengan fungsi organ ginjal, seperti yang kita ketahui bahwa ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan yang sangat vital.

Faktor Penyebab Penyakit Kencing Batu

Terbentuknya batu dalam saluran kemih atau terjadinya penyakit kencing batu pada seseorang bukan tanpa sebab, ada beberapa hal yang menjadi pemicu timbulnya penyakit yang berbahaya ini. Adapun faktor pemicu terjadinya penyakit kencing batu tersebut adalah sebagai berikut :
  • Faktor genetik atau faktor keturunan memang mendominasi dari penyebab penyakit kencing batu
  • Bentuk anatomis saluran kemih yang tidak normal sehingga dapat mengakibatkan aliran seni yang mengandung kalsium terhenti dan lama-kelamaan akan meningkatkan pembentukan batu urine
  • Pola hidup yang kurang sehat, kebiasaan buruk dan pola makan yang tidak teratur. Pola makan atau makanan yang dikonsumsi kurang bersih, terkadang kalsium oksalat yang tinggi, misalnya makanan dari olahan susu, sofdrink, makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi, makanan dengan kandungan gula yang tinggi, kopi, teh kental, dan segala jenis makanan dan minuman yang membuat air seni menjadi pekat sehingga terjadi pengendapan pada ginjal.
  • Peningkatan kalsium dalam air seni. Jika terjadi peningkatan kalsium dalam air seni dan mempengaruhi pergerakan kalsium pada tulang akan mengakibatkan seseorang tidak dapat bergerak atau kesulitan untuk bergerak
  • Kurang mengkonsumsi air putih. Kurangnya minum air putih akan membuat air kencing atau urine menjadi sedikit dan lebih pekat.
  • Konsumsi vitamin C dan D dengan dosis yang tinggi dan tidak diimbangi dengan kecukupan vitamin lainnya akan memudahkan terbentuknya batu dalam saluran kemih. Hal ini disebabkan karena kadar vitamin C dan D yang tinggi sekitar 100-300 mg dalam kedua vitamin tersebut yaitu vitamin C yang mengandung kalsium oksalat yang tinggi dan vitamin D dosis tinggi mampu meningkatkan terbentuknya absorbsi kalsium ke dalam usus.
  • Mengkonsumsi obat-obatan yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Obat-obatan utnuk kanker (sitostatik) bisa mempermudah pembetukan batu, karena meningkatnya kadar asam urat dalam darah.
Itulah beberapa faktor penyebab penyakit kencing batu. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini menambah pengetahuan Anda mengenai hal-hal yang menjadi pemicu terbentuknya batu pada saluran kemih. Mulailah menjalani pola makan dan gaya hidup yang sehat, agar kita senantiasa dapat mencegah berbagai jenis serangan penyakit, terutama penyakit kencing batu. Terima kasih telah menyimak artikel kesehatan di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel, salam sehat..

0 comments "Faktor Penyebab Penyakit Kencing Batu", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment