Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan

Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan - Buah Sawo ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang beriklim tropis. Sehingga tidak mengherankan jika buah sawo ini tumbuh subur di negara Indonesia. Buah sawo ini pertama kali ditemukan banyak tumbuh di Amerika Tengah, khususnya daerah Meksiko.

Buah Sawo

Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Sawo

Buah sawo kaya akan kandungan nutrisi dan zat gizi yang berperan penting dalam kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah : vitamin C, mineral, vitamin A, vitamin E, kalium, dan memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas. Manfaat sawo ini di masyarakat pada umumnya hanya sebagai buah yang bisa memberi asupan nutrisi vitamin C untuk tubuh. Berikut ini adalah khasiat atau manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan
  • Mencukupi nutrisi mata. Buah sawo merupakan sumber vitamin A yang cukup melimpah. Vitamin  A dalam buah sawo berperan dalam memberikan nutrisi untuk mata sehingga mata akan selalu terjaga kesehatannya.
  • Anti kanker. Berbagai nutrisi dalam buah sawo seperti antioksidan, serat, vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya sangat efektif untuk mencegah berbagai serangan penyakit kanker, diantaranya dapat mencegah penyakit kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.
  • Menjaga kesehatan tulang. Buah sawo merupakan sumber kalsium, fosfor serta zat besi. Tiga kandungan tersebut mampu memberikan nutrisi dan menjaga kesehatan tulang seiring usia yang terus bertambah.
  • Mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan buah sawo yang memilik kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga buah sawo sangat efektif untuk melancarkan sistem pencernaan dan buang air besarpun lancar. Dengan demikian, maka penyakit sembelit atau penyakit konstipasi dapat dicegah secara alami.
  • Mengatasi anemia. Buah sawo mengandung folat dan zat besi, ke dua zat tersebut adalah zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh penderita penyakit anemia. Dengan tercukupinya kebutuhan zat besi dan folat dalam tubuh, maka Anda akan terhindar dari penyakit anemia atau penyakit kurang darah.
  • Menjaga kulit tetap sehat. Buah sawo memiliki kandungan vitamin A, C, serta vitamin E. Ketiga nutrisi tersebut dapat menyehatkan kulit serta membuat seseorang akan tampak lebih awet muda.
  • Mengatasi batuk. Buah sawo mampu membantu menghilangkan dahak serta lendir pada rongga hidung beserta saluran pernafasan Anda.
  • Mengobati diare. Jiak Anda memiliki keluhan penyakit diare, mengkonsumsi buah sawo matang bisa dijadikan sebagai salah satu pengobatan yang cukup efektif. Untuk mendapatkan manfaat buah sawo sebagai obat tradisional penyaki diare caranya cukup mudah, Anda cukup mengkonsumsi sawo matang tanpa perlu merebus ataupun menumbuknya.
  • Mengobati radang mulut. Mengkonsumsi buah sawo matang sebagai penawar rasa sakit akibat radang mulut. Selain itu, sawo juga dapat mengobati sariawan. Hal ini karena buah sawo kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan.
  • Baik untuk ibu hamil. Salah satu manfaat sawo bagi ibu hamil dan janin. Sawo memiliki kandungan sukrosa dan fruktosa yang baik untuk tubuh. Selain itu, sawo juga dapat menjadi penawar rasa mual ketika masa kehamilan.
  • Mengobati pendarahan pada luka. Salah satu kandunga nutrisi yang terdapat dalam buah sawo adalah kalium yang berfungsi menghentikan pendarahan pada luka. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi untuk menambah zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Mencegah insomnia. Kandungan nutrisi dalam sawo memiliki banyak menafaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya bisa dijadikan sebagai obat tradisional penyakit insomnia. Hal ini karena buah sawo memiliki banyak vitamin yang bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks. Jadi untuk Anda yang sering mengalami insomnia dan bahkan stress yang berlarut, Anda bisa mengkonsumsi buah sawo matang sebagai salah satu cara alami mengatasi keluhan penyakit insomnia dan stress yan dialami.
Demikianlah sajian informasi mengenai khasiat buah sawo untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai manfaat luar biasa yang dimiliki buah sawo. Salam sehat..

0 comments "Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment