Gejala Penyakit Kencing Batu

Gejala Penyakit Kencing Batu - Pencegahan penyakit kencing batu ini sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari berbagai jenis resiko pada ginjal atau sistem pencernaan dalam tubuh. Berikut ini adalah sajian informasi mengenai beberapa ciri-ciri penyakit kencing batu.

Penyakit Kencing Batu
Gejala Penyakit Kencing Batu

Penyebab terbentuknya batu dalam saluran kemih yang akhirnya menimbulkan penyakit kencing batu
  • Kekurangan vitamin A, dan kelebihan vitamin B
  • Tingginya kadar kalsium sistin, oksalat, asam urat, dan natrium dalam urine, beberapa senyawa tersebut merupakan penyebab utama terbentuknya pengkristalan mineral
  • Infeksi pada saluran kemih, tekanan darah tinggi, dan gaya hidup yang buruk
  • Obesitas
  • Menderita penyakit kolesterol, tanpa memperhatikan asupan makanan yang sehat
  • Kekurangan cairan. Jika seseorang kekurangan cairan maka hal ini dapat memicu terbentuknya batu pada ginjal.
Gejala Penyakit Kencing Batu
  • Kesulitan saat buang air kecil serta dadakan malam hari, seninya mengalami perubahan bisa keruh, dan bahkan berdarah jika keluhan penyakit kencing batu ini sudah masuk ke dalam tahap kronis.
  • Rasa sakit dan bengkak pada mata, dan juga apabila terjadi pada usia dini atau anak-anak, maka akan timbul gejala bengkak pad tangan dan kaki
  • Batu dalam kandung kemih bisa menyebabkan nyeri di perut bagian bawah
  • Rasa nyeri cukup hebat yang hilang timbul, biasanya di daerah punggung antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha dalam.
  • Mual dan muntah, perut kembung, demam, menggigil, terutama batu melewati ureter
  • Kencing batu ini bisa mengakibatkan infeksi saluran kemih. Jika batu menyumbat aliran kemih, maka bakteri akan terperangkap di dalam air kemih yang terkumpul di atas penyumbatan, sehingga terjadilah infeksi.
  • Jika penyumbatan berlangsung lama, air kemih akan mengalir balik ke saluran di dalam ginjal, menyebabkan penekanan yang akan menggelembungkan ginjal (hidronefrosis) dan pada akhirnya bisa terjadi kerusakan pada ginjal itu sendiri.
Setelah mengetahui gejala penyakit kencing batu, ada baiknya kita bisa mengenali tanda-tandanya sedini mungkin dan tentunya melakukan langkah pencegahan penyakit kencing batu sebelum menjadi semakin parah. 

Cara sederhana untuk mencegah timbulnya penyakit kencing batu tersebut sebenarnya dapat kita lakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, yaitu dengan mulai menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat : seperti makan yang teratur dengan gizi yang seimbang, minum air putih 8 gelas/ hari, dan bagi Anda yang memiliki tuntutan pekerjaan melebih banyak duduk, usahakanlah untuk minum air mineral yang cukup dan olahraga secara teratur di waktu luang Anda untuk menstabilkan daya tahan tubuh agar stamina tetap terjada dan terhindar dari serangan penyakit kencing batu.

Simak juga :
Terima kasih telah menyimak sajian informasi gejala penyakit kencing batu. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai tanda-tanda yang ditimbulkan penyakit kencing batu yang membahayakan kesehatan ini. Simak sajian artikel kesehatan menarik lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel. Salam sehat..

0 comments "Gejala Penyakit Kencing Batu", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment