Kenali Gejala Alergi Pada Tubuh Manusia

Obattradisionalpenyakitamandel.blogspot.com - Alergi adalah sauatu reaksi kepekaan tubuh yang tidak biasa terhadap suatu objek tertentu. Alergi ini biasanya disebabkan oleh penyimpangan dalam sistem kekebalan tubuh. Orang yang memiliki alergi akan memberikan reaksi berlebihan terhadap sesuatu yang mungkin bagi orang lain merupakan hal yang sepele, dan alergi ini bisa menyerang pada semua bagian tubuh.

Penyebab Alergi Pada Tubuh

 Gejala Alergi Pada Tubuh Manusia
Faktor pemicu alergi pada tubuh salah satunya adalah genetik. Anak-anak dari salah satu orang tua yang menderita penyakit alergi, maka mereka berpotensi menderita alergi dengan kemungkinan 15-30%. Anak-anak dengan kedua orang tua alergi, memiliki kemungkinan terkena alergi 50-75%.

Tetapi, alergi juga dapat timbul bahkan jika orangtua tidak memiliki alergi. Gejala alergi pada anak dapat terjadi saar anak memiliki reaksi hipersensitif terhadap lingkungan, seperti perubahan suhu udara, udara yang buruk, udara lembab dan udara yang panas atau dingin.

Selain itu, beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya alergi adalah : makanan (susu, telur, udang, ikan, kacang-kacangan), obat, kelelahan, stress, debu, spora jamur, serbuk sari, asap kendaraan, asap rokok, udara lembab, udara panas, bau cat, perubahan  cuaca, serangga (semut, nyamuk, tawon, ulat).

Gejala Alergi Pada Tubuh Manusia

Gejala ataupun tanda-tanda alergi pada tubuh dapat dibedakan dari bagian mana alergi itu terjadi. Beberapa bagian tubuh sering dipengaruhi oleh alergi yang ada.
  • Sistem pernafasan. Gejala alergi pada sistem pernafasan adalah batuk, pilek, hidumg tersumbat, bersin-bersin, sesak nafas, mengik (nafas mengeluarkan suara lenguhan), mimisan, sakit telinga, telinga kemerahan, tenggorokan gatal, suara seratk.
  • Sistem pencernaan. Gejalanya adalah : nyeri perut, diare, sulit buang air besar, kembung, dan sering kentut.
  • Kulit. Gejala alergi yang timbul dan tampak pada kulit adalah terasa gatal pada kulit, timbul bintik-bintik merah, kulit menebal, eksim, kulit menjadi kebiruan/hitam, bibir menjadi bengkak.
  • Mata. Gejala alergi pada mata, meliputi mata gatal, mara merah, mata berair, mata belekan, warna kehitaman di bawah mata, bintitan.
Itulah beberapa gejala alergi pada tubuh manusia. Semoga sajian informasi yang kami berikan bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda akan berbagai hal yang berkenaan dengan alergi. Salam sehat..

0 comments "Kenali Gejala Alergi Pada Tubuh Manusia", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment