Langkah Pencegahan Penyakit Kencing Batu

Langkah Pencegahan Penyakit Kencing Batu - Apakah Anda mengalami keluhan sulit buang air kecil, terasa seperti ada yang menyumbat, sakit ketika buang air kecil, air kencing berwarna merah darah, nyeri pinggang yang hebat bahkan hingga sampai ke punggung? Waspadalah, ada kemungkinan Anda terkena serangan penyakit kencing batu.

Penyakit kencing batu adalah salah satu gangguan yang terjadi pada seseorang ketika di dalam saluran kemih terdapat batu yang terbentuk akibat endapan zat asam urat, dan zat-zat lainnya yang mengakibatkan penderitanya merasakan gejala seperti yang telah disebutkan di atas. 

Langkah Pencegahan Penyakit Kencing Batu

Langkah Pencegahan Penyakit Kencing Batu
Sebelum Anda menderita penyakit kencing batu yang sangat berbahaya ini, ada baiknya Anda melakukan beberapa cara pencegahan penyakit kencing batu sedini mungkin, agar dapat terhindar dari resiko penyakit kencing batu itu sendiri, dan jika Anda sudah terlanjur memiliki keluhan penyakit kencing batu, tak apa. Setidaknya, langkah-langkah sederhana berikut ini mampu mengikis dan meminimalisir pembentukan batu pada saluran kemih itu sendiri. Adapun langkah pencegahan penyakit kencing batu tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Minum banyak air putih, tips ini adalah langkah pencegahan penyakit kencing batu yang paling mudah untuk dilakukan. Produksi urine akan bertambah sehingga endapan-endapan yang beresiko mengalamai kristalisasi akan ikut terbuang bersama urine. Standar kebutuhan air pada manusia biasanya mengikuti rumus 30 cc/kg berat badan perhari. Jadi, orang dengan berat badan 60 kg membutuhkan asupan air minum sebanyak 1,8 liter per harinya. Kebutuhan air juga bisa dipenuhi dengan rajin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti sayur dan buah.
  2. Jangan pernah sekali-kali menahan buang air kecil, karena hal ini akan menimbulkan keadaan statis urine yang dapat berakibat pada terjadinya pengendapan kristal.
  3. Batasi konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium, seperti : susu, keju, ikan salmon, dan sarden. Hal ini karena beberapa makanan tersebut kaya akan kalsium, sedangkan seperti yang diketahui bahwa kalsium merupakan salah satu senyawa yang ikut berperan dalam pembentukan batu dalam saluran kemih tersebut. Selain itu, periksalah makanan yang akan Anda konsumsi, apakah memiliki kandungan zat kapur yang tinggi.
  4. Jangan berlebihan mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D dosis tinggi. Jika terlalu banyak mengkonsumsi suplemen ini justru akan berbahaya karena menimbulkan batu kalsium jika dikonsumsi di luar waktu makan. Hal ini tidak akan berbahaya jika dikonsumsi segera diikuti dengan makan. Kelebihan vitamin D sendiri dapat memancing banyak penyerapan kalsium.
  5. Batu ginjal juga bisa terbentuk dari asam urat, maka menu protein yang banyak mengandung zat purin (jeroan, daging, makanan kaleng, kacang-kacangan, terigu) juga harus dibatasi, termasuk jika batu yang terbentuk terbuat dari oksalat yang berasal dari sayur mayur.
  6. Jangan terlalu lama duduk dan usahakan untuk melakukan olahraga secara rutin. Orang-orang yang pekerjaannya duduk dan kurang bergerak akan lebih mudah terkena penyakit kencing batu ini dibandingkan dengan mereka yang pekerjaannya melibatkan banyak gerakan fisik.
  7. Kurangi asupan makanan dan minuman yang dapat memuat pH urine menjadi asam. Seperti supan protein hewani yang berlebihan, seperti : jus apel, jus anggur, dan jus tomat. Jika pH urine turun, reabsorbsi kalsium dalam ginjal akan berkurang sehingga kadar kalsium dalam urine naik. Batu oksalat akan terbentuk pada pH urine 5,2. Selain itu, hasil metabolisme protein hewani akan mengakibatkan kadar kalsiumm dan asam urat dalam urine menjadi naik.
Simak Juga :
Itulah sajian informasi mengenai beberapa Langkah Pencegahan Penyakit Kencing Batu. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai penyakit kencing batu dan bagaimana cara pencegahannya yang bisa kita lakukan sendiri. Jika Anda memiliki keluhan penyakit kencing batu, jangan pernah menyerah, kesempatan untuk sembuh masih sangat terbuka lebar untuk Anda. Sempurnakan ikhtiar dalam menjalani pengobatan dan tak lupa untuk senantiasa berdo'a kepada Alloh SWT. semoga diberikan kelancaran dan lekas diberikan kesembuhan, aamiin. Selamat mencoba..

0 comments "Langkah Pencegahan Penyakit Kencing Batu", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment