Khasiat Sawi Hijau untuk Kesehatan

Khasiat Sawi Hijau untuk Kesehatan - Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar ataupun diolah. Di Indonesia sendiri penyebutan sawi ini biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica rapa kelompok parachinesis, yang disebut juga dengan sawi bakso, caisim, atau caisin). Selain itu, terdapat pula sawi putih (Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga dengan petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan.

Khasiat Sawi Hijau untuk Kesehatan
Menurut Glady Block, Ph.D, dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat, konsumsi sayuran hijau secara teratur dapat menyusutkan resiko penyakit kanker hingga separuhnya. Tidak hanya itu, Dr. Joann Manson dari Harvard Medical Scholl juga menyebutkan bahwa konsumsi sayuran hijau juga mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti stroke, jantung koroner, dan hipertensi. Salah satu jenius sayuran hijau yang sangat populer di Indonesia adalah sawi.

Khasiat Sawi Hijau untuk Kesehatan

1.Mencegah Osteoporosis
Sawi banyak mengandung vitamin dan mineral. Kadar vitamin K, A, C, E dan folat pada sawi tergolong ke dalam kategori excellent, yaitu mangan dan kalsium. Sawi juga excellent dalam hal asam amino triptofan dan serat pangan (dietaryfiber). Kandungan nutrisi lengkap inilah yang menjadikan sawi sebagai salah satu jenis sayuran yang mampu memberikan nutrisi lengkap yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau yang disebut dengan isitlah penyakit osteoporosis. Jagalah kesehatan tulang Anda dengan memasukkan sawi hijau dalam setiap menu makanan Anda sehari-hari sebagai obat tradisional penyakir osteoporosis yang paling aman tanpa efek samping.

2. Kaya Asam Folat
Sawi memiliki kandungan asam folat yang sangat tingi. Asam folat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mengatasi penyakit anemia atau penyakit kurang darah yang sering terjadi pada ibu hamil. Selain itu, asam folat juga merupakan koenzim untuk beberapa sistem enzim.

Salah satu peranan asam folat adalah biosintesis dan pemindahan satu satuan karbon seperti gugus metil. Dnegan demikian, memungkinkan terjadinya sintesis metionin, kolin, dan penambahan gugus metil pada pirimidin sehingga terbentuk timin. Senyawa terakhir ini merupakan salah satu komponen penting dalam molekul DNA.

3. Anti Penuaan
Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E yang terdapat dalam sayuran sawi hijau sangat tinggi dan baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini, atau bisa juga disebut sebagai antiaging alami.

4. Kaya Mineral & Serat
Sawi hijau memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Dan tubuh kita membutuhkan serat untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Di dalam saluran pencernaan, serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan bersama feses.

5. Anti Kanker
Sawi adalah sayuran berdaun hijau yang telah diketahui memiliki khasiat sebagai anti kanker. Hal ini dikarenakan tingginya senyawa fitokimia pada sawi, khusunya glukosinolat. Di dalam tanaman, glukosinolat bereaksi dengan enzim mirosinase, menghasilkan komponen aktif indol dan isotiosianat, yang berfungsi untuk mereduksi potensi kanker. Karena kemampuan kedua komponen tersebut dalam mengatur enzim yang berfungsi mendetoksifikasi hati. Inson dan isotiosianat juga dapat menghambat enzim yang dapat menyebabkan terbentuknya senyawa karsinogenik (penyebab kanker).

6. Mencegah Penyakit Kolesterol
Kandungan vitamin E, betakaroten, dan vitamin C dalam sawi baik untuk mencegah penyakit kolesterol dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL. Kandungan vitamin B6 dan asam folat serta magnesium pada sawi juga berpotensi untuk mencegah penyakit jantung, menghambat terbentuknya homosistein, yaitu senyawa yang mampu menyumbat pembuluh darah sehingga berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

7. Melawan Radikal Bebeas dan Infeksi Virus
Daun sawi segar adalah sumber vitamin C yang menyediakan 70 mcg atau sekitar 117% dari AKG per 100 g. Vitamin C (asam askorbat) adalah antioksidan yang alami dan kuat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dan infeksi virus penyebab timbulnya penyakit pada tubuh.

Terima kasih telah menyimak sajian informasi yang kami berikan. Semoga bermanfaat dan menambah pengatahuan Anda mengenai manfaat dan khasiat dari sayur sawi hijau bagi kesehatan tubuh kita.

0 comments "Khasiat Sawi Hijau untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a comment