Khasiat Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Garam untuk Kesehatan dan Kencantikan - Garam adalah salah satu jenis penyedap rasa makanan yang keberadaannya sangat dibutuhkan untuk menambah cita rasa makanan. Karena seperti pepatah mengatakan bahwa "bagai sayur tanpa garam", itu artinya garam memang memiliki peranan penting dalam cita rasa suatu jenis masakan, tanpa garam rasanya akan hambar.

Khasiat Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Garam memiliki rasa yang khas, yaitu asin. Siapa yang sangka bahwa garam ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mulai dari melawan jerawat hingga mampu menyembuhkan bibir yang pecah-pecah. Perawatan dengan menggunakan garam ini tergolong murah, dan tentunya dapat kita peroleh dengan mudah serta prakteknyapun dapat kita lakukan sendiri di rumah, tanpa harus melalui langkah-langkah rumit seperti yang dilakukan pada perawatan kecantikan modern yang juga membutuhkan biaya yang tidak murah.

1. Detoks kulit
Garam telah digunakan sebagai bahan campuran sejumlah perawatan facial di salon. Garam telah dipercaya bisa melembabkan serta menghilangkan bakteri yang menutup pori-pori. Namun jika Anda ingin mencobanya di rumah, Anda bisa melakukannya dengan mencampurkan secangkir garam dengan air hangat dalam bak mandi. Situs Beauty Sweet Spot mengatakan bahwa mandi garam selama setengah jam bisa membantu Anda mendetoksifikasi dan mengurangi bengkak di tubuh.

2. Facial
Tekstur garam yang sedikit kasar ini dapat dimanfaatkan untuk mengelupaskan kulit mati pada wajah. Katherine Dorn dari Pierre Michael Salon menyarankan agar Anda mencampurkan garam dengan minyak wajah atau facial oil. Kemudian pijatkan adonan tersebut pada wajah dengan gerakan berputar. Setelah itu, bilaskan dengan air bersih seperti biasa.

3. Toner
Selain seabgai campuran untuk facial, garam juga bisa digunakan sebagai toner. Katherine Dorn menyarankan untuk menyemprotkan campuran garam dengan air hangat pada wajah kemudian tepuk-tepuk hingga kering. Cairan ini bisa menjadi pengganti toner untuk menutrisi kulit.

4. Rambut bergelombang alami
Ingin tampil gaya rambut ala beach waves saat berlibur ke pantai? Semprotkan saja air laut ke rambut Anda. Mengaplikasikan air garam ke rambut mungkin terdengar aneh. Namun menyemprotkan campuran air dengan garam atau air laut asli kepada rambut dapat menghasilkan rambut ikal alami serupa beach waves tanpa perlu ke salon. Amber Katz dari situs Rouge 18 menyatakan jika ada pasir yang menempel malah akan menambah tekstur yang memperindah bentuk ikal rambut.

5. Mengatasi jerawat
Bonnie Ndoci seorang pemilik salon Facials by Bonnie mengatakan bahwa garam dapat dipakai untuk melawan jerawat akibat bahan kimia seperti shampoo yang menyebabkan alergi pada kulit wajah.
Caranya adalah dengan mencampurkan 1/4 sendok garam dengang segelas air hangat. Kemudian rendamlah kapas di dalamnya, lalu taruhlah kapas tersebut di area jerawat dan tunggu hingga sekitar 1 menit. Garam akan mengurangi pembengkakan serta kemerahan pada jerawat.

6. Mengobati bibir pecah
Bagi Anda yang memiliki keluhan bibir pecah-pecah, garam bisa jadi solusi penyembuhan untuk Anda. Hal ini juga diungkapkan oleh Situs Entertainista yang menyarankan agar Anda mencampurkan 3 sendok garam dengan 1 sendok vaseline. Setelah itu, aduk dan gosokkan adonan secara perlahan pada bibir untuk mengelupas bibir keringnya. Kemudian bersihkan kulit-kulit yang tersisa dengan menggunakan lap basah, dan jangan lupa untuk memulaskan lip balm yang turut membantu melembabkan bibir setelah perawatan.

7. Scrubbing
Mungkin tidak semua orang tahu bahwa garam ternyata memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit serta menyamarkan kerutan. Meski terasa perih, garam juga dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Untuk mendapatkan manfaat dari scrub garam ini, caranya cukup mudah. Campurkan garam dengan minyak zaitun, tambahkan minyak esensial seperti lavender, vanila atau cinnamon sehingga bisa sekaligus merelaksasi tubuh.

8. Mengatasi mata bengkak
Meskipun banyak yang mengatakan bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi garam bisa membuat wajah menggemuk, bumbu dapur yang memiliki rasa asin ini ternyata sangat efektif untuk meredakan pembengkakan jika dipakai sebagai perawatan luar. Misalnya untuk bagian mata, Anda bisa mencampurkan garam dengan air hangat dan diaplikasikan pada mata yang bengkak.

9. Mengatasi infeksi
Cara mendapatkan manfaat dari garam untuk mencegah terjadinya infeksi adalah dengan memasukkan secangkir garam pada air hangat, dan gunakan air hangat tersebut untuk merendam bagian tubuh yang terinfeksi dan tunggu hingga 30 menit. Terapkan cara ini 2x sehari untuk hasil yang maksimal.

10. Cairan kumur
Katherine Dorn banyak memanfaatkan garam sebagai rutinitas kecantikan. Tidak hanya untuk wajah atau rambut, garam juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan mulut. Agar nafas menjadi lebih segar serta mulut dan gigi lebih bersih, gunakan campuran air garam, baking soda sebagai cairan kumur alami.

11. Kesehatan jantung
Mengkonsumsi garam sesuai kebutuhan tubuh akan membantu menstabilkan detak jantung yang tidak teratur

12. Otak
Garam dapat membantu mengeluarkan kelebihan asam dari sel tubuh. Hal ini terutama penting dan sangat dibutuhkan oleh sel pada otak

13. Usus
Garam mampu membantu menyerap partikel makanan, ketika melewati saluran pencernaan

14. Paru-paru
Garam memiliki peranan yang penting untuk membersihkan paru-paru dari lendir atau dahak yang lengket. Hal ini tentunya sangat berguna pada orang yang memiliki penyakit asma dan cystic fibrosis.

15. Sinus
Sinus merupakan rongga udara yang terdapat di area wajah yang terhubung denga hidung. Sinus berguna untuk menjaga kelembaban bagian dalam hidung. Dalam hal ini garam bisa membantu sinus yang tersendat. Selain itu, garam adalah antihistamin alami.

16. Otot
Meski tidak terlihat memiliki keterkaitan, namun garam bisa membantu untuk mencegah terjadinya keram otot.

Garam memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Namun, garam juga akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Manfaatkan garam dan konsumsilah secara wajar, agar kita bisa mendapatkan khasiatnya secara optimal. Terima kasih telah menyimak sajian informasi Khasiat Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan, semoga bermanfaat..

1 comments:

  1. banyak juga ya manfaat dari garam ini, luar biasa.
    selain untukm kesehatan, juga bisa untuk kecantikan.
    boleh di coba tuhu tips nya gan
    thanks ya

    ReplyDelete