Khasiat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh - Brokoli adalah sayuran berdaun hijau tua jenis Brassica, keluarga tanaman yang meliputi kangkung, kubis, dan kembang kol. Sayuran ini berasal dari Italia, dimana nama 'Brokoli' berasal dari kata broccolo Italia, yang berarti ' Cabang' dan pertama kalinya dibudidayakan di abad ke-17 atau ke-18.

Khasiat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh
Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang populer di seluruh dunia yang digunakan dalam berbagai hidangan masakan. Sayuran ini bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah ataupun dimasak, tapi cara terbaik mengkonsumsi brokoli adalah memakannya dalam keadaan mentah sebagai salad, karena hal ini dapat melindungi nutrisi di dalam brokoli itu sendiri.

Sayuran brokoli ini telah lama dianggap sebagai salah satu jenis makanan super yang dikemas dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. Nilai gizi meliputi : zat besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A, vitamin C. Brokoli juga mengandung phytochemical penting dan antioksidan yang mampu melawan berbagai jenis penyakit dan infeksi.

Khasiat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

1.Melancarkan sistem pencernaan
Brokoli mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh kita. Dengan demikian, sistem pencernaan dalam tubuh kita berlangsung dengan baik dan tentunya sekaligus dapat mencegah terjadinya penyakit sembelit atau penyakit konstipasi (Baca: Obat Tradisional Penyakit Sembelit).

2. Menjaga kesehatan kulit
Brokoli mengandung vitamin c, beta-karoten, vitamin B kompleks, dan ini semua merupakan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk membuat kulit menjadi lebih bercahaya, bahkan vitamin E yang terdapat dalam brokoli ini mampu membantu perkembangan regenerasi jaringan kulit atau sel-sel yang telah mati.

3. Anti kanker
The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengkonsumsi brokoli karena mengandung fitokomia sebagai zat antikanker. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa diet kaya brokoli dapat mengurangi  resiko berbagai jenis penyakit kanker, seperti : penyakit kanker payudara, kanker usus, dan juga kanker paru-paru.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung
Tidak banyak masyarakat pada umumnya yang tahu, bahwa ternyata brokoli dapat dijadikan sebagai obat tradisional penyakit jantung. Hal ini karena kandungan lutein karotenoid dalam brokoli dapat mencegah tejadinya penebalan arteri jantung, sehingga menjauhkan kita dari resiko penyakit jantung dan stroke.

5. Mencegah masuknya racun ke dalam tubuh
Brokoli mengandung vitamin C dan asam amino sulfur sehingga menjadikannya sebagai penawar racun yang sangat baik, selain itu brokoli juga dapat membantu mencegah radikal bebas dan racun seperti halnya asam urat.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Brokoli merupakan sumber vitamin C, yaitu sebuah nutrisi penting yang mampu menjaga sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh kita untuk mencegah serangan berbagai jenis penyakit.

7. Menjaga kesehatan mata
Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dalam brokoli mampu membantu melindungi mata terhadap degenerasi makula dan mencegah terjadinya penyakit katarak.

8. Melindungi dari radiasi Ultraviolet
Peneliti telah menemukan senyawa sulforaphane dalam brokoli yang dapat membantu mengurangi kerusakan pada kulit dan peradangan yang diakibatkan oleh paparan radiasi sinar UV.

9. Menjaga kesehatan tulang
Karena brokoli kaya akan kandungan kalsium, magnesium, seng dan fosfor, sayuran berdaun hijau tua ini mampu membantu memelihara kekuatan tulang dan menjaga tulang agar tetap kuat. Mengkonsumsi brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita yang memasuki usia lanjut dan yang sedang mengandung, karena mereka lebih rentan terkena penyakit osteoporosis dan membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak untuk menjaga kesehatan tulangnya.

10. Mencegah anemia
Penderita penyakit anemia memiliki masalah dengan kurangnya zat besi dalam tubuh. Brokoli memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang mampu membantu mencegah terjadinya penyakit anemia akibat defisiensi besi. Brokoli adalah salah satu jenis obat tradisional penyakit anemia terbaik.

11. Menjaga kesehatan saat kehamilan
Brokoli merupakan sumber folat yang baik untuk mencegah cacat syaraf seperti spina bifida dalam janin. Semua wanita membutuhkan sumber folat saat kehamilannya berlangsung.

Itulah beberapa khasiat brokoli untuk kesehatan tubuh kita. Setelah kita mengetahui manfaat sayuran brokoli bagi kesehatan, tidak ada salahnya jika kita mulai memasukkan sayuran brokoli ini ke dalam menu harian kita, agar kita bisa mendapatkan manfaat gizi dan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh tanpa harus melakukan ritual pengobatan yang memakan biaya yang mahal. Semoga bermanfaat..

1 comments: