Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan

Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan - Buah Melon memiliki nama latin Cucumis melo dan termasuk ke dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae yang masih memiliki ikatan saudara dengan semangka dan blewah.

Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan
Sejak masuk ke pasar Indonesia pada tahun 70-an, buah melon inu menyandang sebagai buahnya orang kaya karena harganya yang mahal dan masih langka. Namun, sekarang buah melon sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, sehingga kita sudah bisa memperolehnya dengan harga yang terjangkau.

Buah melon adalah salah satu jenis buah yang memiliki rasa manis dan segar. Tidak banyak orang yang tahu bahwa dibalik kesegaran dan rasa manis dari buah melon ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Melon

Selain memiliki rasa yang segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti : karbohidrat 14,8 gr, protein 1,55 gr, lemak 0,5 gr, potassium 546,9 mg, vitamin A 5.706,5 IU (mencukupi 65 % dari kebutuhan vitamin A harian), dan vitamin C 74,7 mg(mencukupi 12 % kebutuhan vitamin C harian).

1. Anti Aging

Khasiat buah melon untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai anti aging. Kolagen, sebuah zat yang sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada berbagai jenis produk kosmetik yang banyak digunakan di seluruh dunia. Dan zat kolagen itu ternyata terdapat dalam buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka. (Obat Tradisional Pencegah Penuaan Dini).

2. Baik untuk Diet

Lebih dari 90% kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah melon sangat rendah kalori, bebas lemak, dan kolsterol, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat Anda sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan ataupun mengecilkan perut yang buncit.

3. Anti Kanker

Buah melon memiliki kandungan karotenoid, suatu senyawa yang telah teruji secara klinis mampu menangkal radikal bebas. Dan karotenoid ini merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Adapun jenis penyakit kanker yang dapat dicegah dengan konsumsi buah melon ini diantaranya adalah kanker paru-paru dan kanker payudara.

4. Mencegah Serangan Jantung

Selain sangat efektif mencegah kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil resiko serangan jantung ataupun stroke.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah melon diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan dirubah menjadi vitamin A dan digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangan dengan pencahayaan yang minim/buruk.

6. Mencegah Impotensi

Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan Citrulline yang dapat memproduksi arginine.  Arginine ini berfunsi sangat beguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju organ seksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah organ seksual menjadi lancar dan terhindari dari disfungsi ereksi (penyakit impotensi).

Itulah beberapa khasiat buah melon untuk kesehatan tubuh kita. Semoga sajian informasi mengenai manfaat buah melon yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda bahwa terdapat banyak sekali manfaat dari buah melon ini yang dapat kita ambil. Jadikan kebiasaan mengkonsumsi buah melon sebagai salah satu kebiasaan sehat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda agar tetap optimal.

0 comments "Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment