Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan

Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan - Nanas adalah salah satu jenis buah-buahan yang memiliki bentuk buah yang terbilang unik. Buah yang berasal dari Brasil ini memiliki nama Latin Ananas comosus(L.) Merr. yang biasanya ditanam di perkebunan yang tidak hanya digunakan sebagai bahan konsumsi (selai, sirop, dll), ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan

Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan

1. Melancarkan sistem pencernaan
Nanas mengandung banyak sekali kandungan serat alami yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh kita. Pencernaan yang lancar membantu dalam melancarkan buang air besar. Vitamin C yang terkandung dalam nanas mampu mengatasi masalah sembelit. Selain itu, enzim protease yang terkandung dalam nanas juga mampu mencerna protein dalam tubuh.

2. Mengatasi flu dan demam
Kandungan vitamin C dalam buah nanas cukup tinggi, sehingga sangat cocok bagi penderita penyakit flu ataupun demam, dan vitamin C ini telah dipercaya mampu memerangi cirus penyebab penyakit flu itu sendiri. Nanas mampu melancarkan hambatan yang ada pada tenggorokan sehingga flu, batuk juga cepat disembuhkan

3. Menjaga kesehatan gigi
Masih tentang kandungan vitamin C dalam buah nanas, tidak hanya mampu mengatasi flu atau demam saja. Kandungan vitamin C dalam buah nanas juga mampu mencegah plak pada gigi yang menimbulkan rasa nyeri pada gusi gigi. Tentunya tidak hanya mengandalkan konsumsu buah nanas saja, untuk menjaga kesehatan gigi, Anda harus mengimbanginya dengan melakukan perawatan kesehatan gigi dan gusi, yaitu dengan cara menggosok gigi secara rutin.

4. Mengobati peradangan
Nanas mampu mengobati peradangan pada kulit, seperti kulit yang mengelupas atau bersisik. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan menggunakan nanas yang diparut, kemudian tempelkan pada bagian kulit yang mengalami peradangan tersebut. Tempelkan pada malam hari hingga pagi hari baru dapat dibersihkan dengan air bersih.

5. Menghaluskan kulit
Selain mampu mengatasi peradangan pada kulit, buah nanas juga memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit. Hal ini karena kandungan air yang ada pada nanas dapat mengangkat sel kulit mati.

6. Mengatasi kembung pada perut
Kembung pada perut bisa diakibatkan oleh gas yang berlebihan pada saluran pencernaan lambung dan usus. Buah nanas dapat mengatasi kembung pada perut, caranya mudah cukup dengan mengkonsumsi jus buah nanas sebelum makan.

7. Obat asam urat
Para ahli sangat merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung enzim bromelain untuk mengatasi asam urat. Kandungan tersebut berupa diuretik yang membantu mengatasi masalah asam urat. Tentu tidak mengkonsumsi nanas yang terlalu matang, karena dapat mengakibatkan kadar asam urat naik. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Asam Urat).

8. Penyubur rambut
Kandungan senyawa Cystine dapat membantu menyuburkan dan menunda penuaan pada rambut. Sehingga dengan mengkonsumsi buah nanas, secara tidak langsung Anda juga turut memberikan nutrisi penting untuk kesehatan rambut dan kulit kepala Anda.

9. Meredakan radang renggorokan
Vitamin C yang terkandung sangat baik untuk mengatasi dan meredakan radang pada tenggorokkan. Saat ini memang banyak sekali cara untuk meredakan radang tenggorokan. Tapi tidak dengan cara dan bahan yang alami seperti dengan buah nanas ini. Buah nanas merupakan Obat Tradisional Penyakit Radang Tenggorokan yang efektif mengobati tanpa efek samping. Cobalah konsumsi buah nanas dalam bentuk yang sudah diolah seperti jus.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh
Nanas mengandung kandungan asam amino yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Asam amino memang sudah terkenal ampuh untuk mengatasi rasa lelah atau lain sebagainya. Untuk itu rajin mengonsumsi buah nanas ini setiap hari akan dapat membantu tubuh lebih sehat dan bugar.

11. Menurunkan tekanan darah
Buah Nanas mengandung kaya akan kalium yang sangat bermanfaat untuk penderita darah tinggi. Kandungan serat yang ada didalamnya pun sangat membantu untuk mencegah lemak terserap di dalam saluran pencernaan. Sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari untuk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

12. Menurunkan berat badan
Buah nanas sangat cocok untuk menu program diet untuk menurunkan berat badan ideal. Kandungan enzim yang terdapat pada nanas ini mampu menyerap lemak pada pencernaan sehingga akan terbuang bersamaan dengan feses. Enzim tersebut bernama Proteiolitik. Selain itu, vitamin c juga dapat membantu dalam proses pembakaran lemak agar tidak menumpuk didalam tubuh.

13. Mengatasi ketombe
Nanas juga ternyata memiliki peranan penting dalam perawatan rambut. Salah satunya adalah ketombe. Caranya cukup mudah, hanya perlu menambahkan air perasan nanas yang telah ditambah dengan air jeruk nipis yang bisa langsung diaplikasikan ke kulit kepala yang berketombe.

14. Meningkatkan kualitas sperma
Buah nanas sangat cocok untuk pria yang ingin meningkatkan kualitas spermanya.

Itulah sajian informasi mengenai khasiat buah nanas untuk kesehatan. Semoga kita bisa mengambil manfaat dari buah nanas yang saat ini sangat mudah untuk kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment