Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan - Buah Srikaya memiliki nama Latin Annona squamosa L. dan juga memiliki nama sebutan. Di Indonesia sendiri ada yang menyebutnya denga serba bintang, delima bintang, seraikaya, serkaya, srikoyo, sarikaya, sirikaja, garosi, hirikaya, dan sebagainya.

Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan
Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan
Sekilas, buah Srikaya ini hampir memiliki kemiripan dengan buah sirsak, hanya saja buah srikaya memiliki ukuran yang lebih kecil. Dari segi rasa, srikaya juga memiliki rasa yang manis dan tidak jauh berbeda dengan sirsak. Tidak hanya rasanya yang enak, ternyata srikaya ini juga memiliki berbagai kandungan nutrisi dan zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga sebagai pengobatan tradisional untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit.

Kandungan nutrisi dalam buah srikaya

Untuk ukuran 100gram buah srikaya dapat dikonsumsi sekitar 48%, karena alam buah ini memiliki banyak biji. Dan dari 48 % bagian tersebut memiliki kandungan:
  • Energi 63 kkal
  • Karbohidrat 13,9 gr
  • Protein 1,1 gr
  • Lemak total 0,5 gr
  • Kalsium 127 mg
  • Fosfor 30 mg
  • Zat besi 2,7 mg
  • Vitamin A 0 IU
  • Vitamin C 28,3 mg
  • Vitamin B1 0,08 mg.
Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan

1. Mencegah asma

Srikaya adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang nantinya bisa digunakan untuk mencegah beberapa jenis penyakit dan salah satunya adalah penyakit asma. Jika Anda memiliki keluhan penyakit asma atau penyakit sesak nafas, tidak ada salahnya untuk menggunakan obat tradisional penyakit asma dari buah srikaya.

2. Mengontrol kadar gula darah 

Buah srikaya memiliki banyak kandungan serat. Apabila Anda mengkonsumsi 2 buah srikaya saja, maka Anda sudah memnuhi setengah dari kebutuhan serat harian tubuh. Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah srikaya juga dapat mencegah resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

3. Menstabilkan tekanan darah

Buah srikaya kaya akan kandungan potassium, suatu zat yang berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan menjadikannya untuk berada pada angka stabil(normal). Potassium mampu mengontrol efek dari sodium yang ada pada tubuh.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin B dalam buah srikaya bermanfaat untuk mencegah terjadinya perkembangan homocystein. Homocystein ini adalah zat yang bisa menyebabkan stroke dan jantung koroner apabila jumlahnya terlalu besar. Dengan adanya vitamin B6 dalam buah srikaya ini tentunya akan membantu untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, stroke dan tentunya turut menjaga kesehatan jantung secara alami.

5. Membantu menghasilkan energi untuk tubuh

Srikaya memiliki kandungan Thiamin, yang merupakan suatu zat yang bisa membantu untuk mengubah gula menjadi energi. Jika Anda merasa lelah setelah melakukan berbagai aktivitas harian, Anda bisa mengkonsumsi untuk mendapatkan cukup energi bagi tubuh.

6. Memperkuat tulang

Buah srikaya mengandung magensium yang sudah terbukti bisa membantu dalam menjaga kepadatan tulang agar tetap kuat. Maka tak heran jika beberapa suplemen makanan terdapat kandungan magnesium dalam komposisinya.

7. Menjaga kesehatan kelenjar tyroid

Kelenjar tyroid merupakan kelenjar yang paling bebsar di dalam tubuh. Letaknya berada pada leher di bagian depan. Kelenjar ini bisa mengeluarkan enzim yang berperan bagi tubuh bernama tyroxine. Karena buah srikaya mengandung tembaga, maka hal ini tentunya akan sangat membantu untuk menstimulasi kerja dari tyroid itu sendiri.

8. Menurunkan kolesterol jahat

Kandungan niacin yang terdapat dalam buah srikaya bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh dan menurunkan koleseterol jahat yang berbahaya. (Baca : Obat Tradisional Penurun Kolesterol).

9. Menjaga kesehatan pada kehamilan

Folat adalah anggota vitamin B, atau biasa disebut dengan vitamin B9. Kandungan folat tersebut akan dapat membantu untuk mencegah terjadinya cacat bagi janin dan juga menjaga kesehatan kehamilan pada ibu yang mengandung. Dan buah srikaya memiliki semua kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan kehamilan ini, luar biasa bukan?

Sungguh luar biasa. Ternyata buah srikaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Alam menyediakan berbagai macam kebaikan untuk kita. Semoga kita senantiasa bisa mengambil manfaat sembari tetap menjaga kelestarian lingkungan yang Alloh SWT. anugerahkan kepada kita. Terima kasih telah menyimak sajian informasi Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan.

1 comments:

  1. buah sirsak memang sangat kaya akan kandungan bermanfaat, daun nya juga memiliki khasiat yang luar biasa

    ReplyDelete