Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan - Jeruk Nipis adalah salah satu jenis jeruk yang memiliki rasa masam dengan berbagai kandungan nutrisi dan zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan sebagai penyembuh beberapa jenis penyakit.

Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan
Ada ribuan jenis jeruk yang ditemukan oleh para ahli botani di seluruh dunia. Namun, dari sekian banyak varietas jeruk tersebut, jeruk nipislah yang paling banyak yang memiliki manfaat bagi tubuh. Hal ini dibuktikan dengan begitu banyaknya resep tradisional warisan nenek moyang dimana jerk adalah bahan alami utama yang digunakan dalam pengobatannya.

Tidak hanya dengan pengobatan tradisional, begitu pula dengan pengobatan modern. Ekstrak jeruk nipis ini banyak sekali digunakan untuk kesehatan dan pengobatan berbagai jenis penyakit, beberapa diantaranya adalah batuk, radang tenggorokan, sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat di wajah, dll.

Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, seperti yang telah dilansir oleh magzforwomen.

1. Buah rendah kalori

Jeruk yang rasanya asam itu  rendah kalori, dimana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak. Sebagai gambaran, jika Anda mengkonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Disamping itu, jeruk nipis manis juga rendah kandungan protein sehingga Anda mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis adalah pilihan yang tepat untuk mereka yang menginginkan timbunan lemak dalam tubuhnya cepat terkikis dan mendapatkan berat badan yang ideal.

2. Kaya akan vitamin

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang mudah membantu memenuhi kebutuhan harian dalam bentuk alami. Seorang pria dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin C setiap hari dan perempuan dewasa sekitar 75 gram. Karena setiap porsi jeruk nipis manis berisi minimal 50 miligram vitamin C, Anda tidak perlu khawatir untuk kebutuhan vitamin C setiap hari saat Anda menambahkan jeruk nipis dalam menu harian Anda.

3. Sumber mineral

Jeruk nipis manis sangat kaya akan kandungan mineral, dimana memiliki kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligram dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis juga memiliki kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor dan semua kandungan mineral tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam jerk nipis menawarkan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang fit, tubuh kita akan terlindungi dari infeksi dan penyakit.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Dalam jeruk nipis terdapat kandungan flavonoid yang mampu meningkatkan produksi empedu, adam dan cairan pencernaan. Semua hal ini sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan flavonoid ini mampu menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Mengkonsumsi jeruk nipis juga mampu menenangkan perut bila Anda menderita mual, muntah, dan diare.

6. Mengatasi sembelit

Jeruk Nipis ternyata dapat dijadikan sebagai obat tradisional penyakit sembelit. Sering minum air hangat dengan perasan jeruk nipis akan mencegah terjadinya sembelit atau gangguan pencernaan lainnya. Air jeruk nipis hangat akan merangsang dan mengatur gerakan usus Anda sehingga menyembuhkan dari semua rasa sakit trauma yang berhubungan dengan sembelit.

7. Pembersih alami

Jeruk nipis mampu membantu proses detoksifikasi dan membersihkan tubuh Anda dari racun dengan cara membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi di tubuh. Ini membersihkan sistem di tubuh Anda, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan tentunya lebih sehat.

8. Mencerahkan kulit

Efek menghilangkan racun dari tubnuh juga mampu membuat kulit menjadi terlihat lebih cerah. Vitamin C daru jeruk nipis membantu Anda terlihat lebih muda, karena kandungan antioksidannya membuat kulit tampak lebih cerah dan terawat.

9. Mancegah penuaan dini

Jerk nipis adalah salah satu obat tradisional pencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis memiliki fungsi sebagai antioksidan alami yang mampu menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan banyak kerusakan pada kulit. Dengan minum air jeruk nipis hangat, akan membantu kulit tubuh untuk melawan kerutan akibat penuaan dini.

10. Menurunkan berat badan

Para ahli sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan rasa kenyang, jeruk nipis juga berisi serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya Anda menggunakan jeruk nipis sebagai obat tradisional pelangsing tubuh, sehingga Anda bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal yang diidamkan tanpa efek samping ataupun ketergantungan yang merugikan kesehatan.

Itulah sajian informasi mengenai khasiat jeruk ipis untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai manfaat buah jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan. Selamat mencoba..

1 comments: