Faktor Penyebab Penyakit Sembelit

Faktor Penyebab Penyakit Sembelit - Penyakit Konstipasi atau penyakit sembelit merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan, yaitu pengerasan feses dan sulit untuk dikeluarkan karena kontraksi dan aktivitas pergerakan otot usus sangat lambat.

Faktor Penyebab Penyakit Sembelit

Faktor Penyebab Penyakit Sembelit

Penyakit Sembelit atau penyakit konstipasi yang dialami oleh seseorang ternyata tidak muncul begitu saja tanpa pemicu. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya penyakit sembelit :
1. Pola Hidup
Pola hidup ini memiliki peranan penting dan sering dijumpai oleh penderita penyakit sembelit, hal ini disebabkan karena pola hidup yang dijalani oleh penderita penyakit konstipasi atau sembelit ini tidak baik, meliputi kebersihan dan jenis-jenis makanan yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Stress dan emosi yang tidak stabil
Stress dan emosi yang tidak stabil dapat mengakibatkan ketidakseimbngan sistem-sistem pada tubuh kita, ketidakseimbangan inilah yang memicu terjadinya penyakit sembelit, dan stress itu sendiri diakibatkan oleh pola hidup yang kurang baik. Emosi yang tidak stabil dapat membuat usus menjadi kejang, cairan feses pada kasus ini akan diserap kembali oleh usus besar sehingga membuat feses menjadi semakin keras, dan inilah yang menjadikan sembelit lebih parah.

3. Efek samping obat-obatan
Konsumsi obat-obatan tertentu memberikan efek atau dampak tersendiri terhadap sistem pencernaan kita. Adapun beberapa obat yang menjadi penyebab penyakit sembelit ini sendiri adalah Antasid, natikolinergik, psikotropika, obat tekanan darah tinggi dan kodein.

4. Kelainan sistem anatomi pencernaan, hormon dan kurang elastisitasnya usus besar
Kelainan pada sistem pencernaan ini dapat menimbulkan penyakit smebelit, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor alami yaitu pada perempuan hamil, yang biasanya memiliki usus yang kurang elastis sehingga terjadilah sembelit, bisa juga saat menstruasi pada wanita (pengaruh hormon).

5. Diet dan kurang olahraga
Diet kerapkali mengakibatkan sedikitnya asupan serat dalam tubuh, asupan serat yang itdak cukup tersebut tentunya mengakibatkan sembelit dan kesehatan tubuh terganggu.

6. Kekurangan vitamin C dan berserat
Kurangnya serat dan vitamin C dalam tubuh sangat mempengaruhi sistem pencernaan kita. Jika tubuh kita kekurangan 2 zat ini, maka akan menimbulkan masalah pada tubuh, bukan hanya sembelit akan tetapi dalam keadaan yang parah dapat menimbulkan penyakit wasir.

7. Menahan dan menunda BAB
Mendunda dan menahan BAB akan mengakibatkan usus besar menyerap kembali cairan feses sehingga menyebabkan feses menjadi mengeras, dan akan sulit dikeluarkan tubuh sehingga gesekan dinding usus akan terasa sakit, inilah yang disebut dengan sembelit.

8. Ketidak seimbngan elsktrolit dan kelebihan serat
Kelebihan serat atau dengan istilah hiperkalsemia juga merupakan faktor penyebab penyakit sembelit, kelebihan konsumsi ini akan berakibat kinerja usus menjadi lambat dan tidak seimbang. Zat lain, yaitu elektrolit yang berlebuhan dikenal dengan hipoklemia juga menjadi penyebab timbulnya penyakit sembelit atau konstipasi.

9. Penyumbatan oleh penyakit
Penyakit yang mengakibatkan tersumbatnya sistem pencernaan sehingga menghambat keluarnya feses dari dalam tubuh merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya penyakit sembelit. Adapun beberapa penyakit yang menyebabkan terjadinya penyakit sembelit tersebut adalah : divertikulitis, ambeien, fisura dan abses anus, polip usus, kanker kolorektal, dan penyakit Crohn.

10. Penyalahgunaan obat-obatan 
Obat-obatan yang digunakan untuk memperlancar pencernaan seperti obat pencahar justru akan mengakibatkan dampak ketergantungan pada usus, sehingga jika tidak mengkonsumsi obat pencahar gerakan usus akan melambat, aktivitas ini akan menimbulkan kemungkinan terjadinya penyakit sembelit.

Itulah beberapa faktor penyebab penyaki sembelit. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang hal-hal yang memicu terjaidnya penyakit sembelit (konstipasi). Salam sehat..

0 comments "Faktor Penyebab Penyakit Sembelit", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment