Informasi Seputar Penyakit Anemia

Inforamsi Seputar Penyakit Anemia - Penyakit Anemia atau yang sering kita sebut dengan istilah " Penyakit Kurang Darah" ini merupakan suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin (sel pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah angka normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan penting dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh tubuh.

Penyakit Anemia

Informasi Seputar Penyakit Anemia
Ada lebih dari 400 jenis penyakit anemia atau penyakit kurang darah, yang dapat dikategorikan ke dalam 3 kelompok:
  1. Anemia karena kehilangan darah (pendarahan). Biasanya dialami oleh wanita yang sedang hamil dan melahirkan, juga pada wanita yang mengalami menstruasi dengan volume di atas normal (darah menstruasi sangat banyak pada setiap siklusnya). Selain itu, bisa juga karena penyebab pendarahan lain seperti kondisi gastrointestinal : lubang pada lambung (maag akut), gastritis (Pembengkakan pada lambung), kanker, konsumsi obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen yang dapat mengakibatkan terjadinya maag atau gastritis.
  2. Anemia karena berkurangnya atau karena kegagalan produksi hemoglobin karena kurangnya konsumsi zat besi, vitamin dan mineral, kelainan sumsum tulang serta karena keturunan (genetik). Biasanya anemia ini dialami oleh bayi, anak-anak, remaja, vegetarian dan vegan yang di dalam dietnya kurang mengkonsumsi zat besi. Selain itu juga bisa diakibatkan karena kanker, atritis, dan penyakit lupus.
  3. Anemia karena rusaknya sel darah merah, di mana sel darah merah mudah pecah karena tidak sanggup menahan tekanan di dalam sirkulasi darah atau yang disebut dengan hemolytic anemia. Jenis anemia ini diderita sejak lahir atau berkembang di kemudian hari. Penyebab hemolytic anemia beberapa diantaranya adalah : penyakit keturunan seperti sickle cell anemia dan thalassemia, infeksi karena obat-obatan, racun ular dan laba-laba, keracunan makanan, penyakit darah tinggi atau penyakit hipertensi, tumor, terekspos zat-zat kimia.
Gejala Penyakit Anemia
  • Kelopak mata pucat
  • Sering merasa kelelahan
  • Sering mual
  • Sakit kepala
  • Ujung jari pucat
  • Sesak nafas
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Wajah pucat
  • Rambut rontok
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh.
Simak juga :
Itulah sajian informasi mengenai penyakit anemia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda tentang penyakit kurang darah dan setiap gejala atau tanda-tanda yang menyertainya. Terima kasih atas kesediaan Anda telah menyimak informasi Seputar Penyakit Anemia yang kami berikan. Salam sehat..

0 comments "Informasi Seputar Penyakit Anemia", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment