10 Jenis Bunga Paling Harum di Dunia

10 Jenis Bunga Paling Harum di Dunia - Bunga adalah salah satu jenis tanaman hias yang telah lama kita digunakan untuk mempercantik halaman rumah kita. Selain itu, bunga juga memiliki bentuk yang cantik serta aroma yang menarik menjadikannya sebagai simbol atau lambang berbagai perasaan dan juga kasih sayang. Berikut ini adalah jenis-jenis bunga paling harum di dunia :

1. Jasmine
10 Jenis Bunga Paling Harum di Dunia - Jasmine

Keharuman Jasmine atau Melati memang telah menjadikannya sebagai bunga yang populer di seluruh duni. Ada lebih dari 200 spesies bunga melati dan di Indonesia salah satunya adalah Melati Putih (Jasmine Sambac), yang telah digunakan sebagai simbol nasional. Memiliki warna yang putih bersih juga menjadikan melati sebagai bunga yang dianggap "Simbol Kesucian" dan kemurnian. Tanaman ini dapat tumbuh antara 3 hingga 5 meter. Selain sangat akrab akan fungsinya yang sering digunakan sebagai aksesoris pengantin, di beberapa negara, bunga melati ini juga dimanfaatkan sebagai teh dan bahan baku pembuat parfum. (Baca : Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan).

2. Rose
Rose

Rose, siapa yang tidak tahu dengan jenis bunga yang satu ini. Bunga yang sangat populer sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang. Sebelum berkembangnya teknologi hortikultura, mawar pada zaman dahulu justru sangat berbau harum. Namun, saat ini sudah banyak muncul kultivar baru yang justru tidak berbau (seperti rosa bankisae). Bunga mawar sering digunakan sebagai bunga potong dan sebagai bahan dasar parfum, oleh karena itu, bunga mawar merupakan salah satu komoditas yang bernilai ekonomi tinggi.

3.Frangipani
Frangipani

Nama Frangipani berasal dari nama bangsawan Itali pada abad ke-16 membuat parfum dari ekstrak bunga ini. Dalam bahasa inggris, disebut plumeria dan dalam bahasa Indonesia sendiri disebut dengan nama Bunga Kamboja atau Cempaka Kubur. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa orang Asia sering mengaitkan bunga kamboja ini dengan hal-hal yang berbau mistik, seperti : kematian, kuburan, hantu, dll. Mungkin hal ini dikarenakan bunga kamboja mampu menyebarkan bau harum yang semerbak pada malam hari. Faktanya, hal demikian terjadi untuk menarik serangga agar melakukan penyerbukan pada bunga kamboja itu sendiri. Selain memiliki warna yang cantik dan aroma yang khas, bunga kamboja juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh dan penyembuhan beberapa jenis penyakit. (Baca : Khasiat Bunga Kamboja untuk Kesehatan).

Bunga Frangipani ini sendiri menjadi simbol kota Palermo di Sisili Italia dan merupakan bunga kebangsaan Nikaragua (hal ini terlihat dalam kemunculan bunga kamboja dalam uang kertasnya). Bunga kamboja ini juga memiliki nilai jual yang tinggi, di pasaran harga perkilonya dapat mencapai Rp. 20.000,- hingga Rp. 40.000,- sebagai bahan pengharum, kosmetik dan spa. Bahkan pasarnya telah menembus hingga ke luar negeri. Luar biasa bukan? Mungkin ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda, apakah berminat mencoba?

4. Sweet Alyssum
Sweet Alyssum

Lobularia maritima atau Sweet Alyssum atau Sweet Alison (sering juga disebut dengan Alyssum), tidak hanya memiliki nama yang cantik, tetapi juga memiliki aroma harum yang tak kalah memikat. Bunganya berwarna putih dengan struktur batang yang sangat rendah ke tanah hingga hampir menyerupai karpet hijau. Bagi Anda yang ingin mempercantik halaman rumah atau kebun tapi memiliki dana yang minim, bunga Sweet Alyssum ini adalah salah satu pilihan yang tepat, bibitnyapun mudah tumbuh, karena cukup ditabur dengan perawatan yang cukup sederhana pula.

5. Chocolate Cosmos
Chocolate Cosmos

Cocolate Cosmos (Cosmos astrosanguineum) berasal dari Meksiko, memiliki warna merah gelap. Aroma vanili yang harum dan mirip dengan permen coklat muncul saat bunga ini mekar di musim panas. Meski bunga ini memiliki aroma yang menarik, tapi waspadalah, jangan sampai Anda mencicipinya kerna bunga ini beracun. Kini tanaman ini hanya bertahan sebagai klon tunggal non subur dari perbanyakan vegetatif tahun 1900-an. Tanaman aslinya dianggap telalh musnah sejak 100 tahun yang lalu.

6. Wisteria
Wisteria

Di Amerika Selatan aroma manis Wisteria yang menebar di udara adalah pertanda datangnya musim semi. Di Jepang sendiri, disebut dengan nama Fuji Musume dan dianggap bunga yang indah setelah bunga Sakura. Bunga Wisteria ini sendiri adalah tanaman merambat (ada yang berbentuj ornamen) dengan warna ungu, violet biru, putih dan merah muda. Bunga yang menjuntai ke bawah memberikan sensasi ketenangan bagi mereka yang duduk tepat berada di bawahnya.

7. Sweet Pea
Sweet Pea

Bunga ini populer dengan aroma bunganya yang wangi (meski tidak semua varietasnya), Sweet Pea (lathyrus odoratus) berupa tanaman merambat dengan ketinggian 1-2 meter. Sejak lebih dari 300 tahun silam "Si Kacang Polong Manis" ini telah dikembangbiakkan sebagai tanaman hias, bunganya muncul dalam nuansa warna yang berbeda dari merah ke pink atau putih ke kuning ditambah dengan kombinasi keduanya.

8. Lily of The Valley
Lily of The Valley

Bunga ini dianggap sebagai perlambang "Kemurnian Cinta" ini telah dipercaya membawa keberuntungan dan kelanggengan. Tidak heran jika bunga ini sering kita ditemui dalam rangkaian bunga pernikahan. Tumbuhan yang hijau (perennial) ini meskipun memiliki aroma yang sangat menarik, tapi ternyata memiliki racun yang berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian jika dikonsumsi terlalu banyak, dan perlu Anda ketahui bahwa bunga Lily of The Valley ini termasuk ke dalam 10 Bunga Beracun Paling Mematikan. Aroma bunga ini juga digunakan dalam produksi parfum. Bunga Lily of  The Valley ini berbentuk lonceng imut yang menggantung dan berwarna putih ke merah-mudaan.

9. Gardenia
Gardenia

Di awal musim panas aroma bunga Gardenia yang menyembul dari tanaman semaknya memberikan sensasi yang luar biasa. Bunganya berwarna putih telah menjadi inspirasi beberapa merek parfum ternama seperti Chanel's Gardenia dan Marc Jacobs Eau de Perfume. Tanaman ini mencapai ketinggian 6-8 kaki dan membutuhkan tanah yang subur, penyiraman yang teratur dan cahaya matahari yang cukup. Tidak hanya manusia yang menyukai kecantikan dan aroma bunga Gardenia yang menarik ini, seranggapun demikian. Perawatannya mungkin sedikit membutuhkan usaha, tapi hal ini akan sebanding dengan keindahan dan aroma yang dihasilkan ketika bunga ini mulai berkembang.

10. Four O'clock
Four O'clock

Disebut juga dnegan nama Marvel of Peru (mirabilis jalapa) yang mekar di sore hari, sepanjang malam hingga pagi berikutnya. Nama 'Mirabilis' sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti mengagumkan dan "Jalapa" adalah nama kota di Meksiko. Tidak hanya memiliki warna yang kuat dan segar, bunga yang sering kita sebut dengan "Bunga Pukul Empat" masyarakat kita dulu sering menjadikannya sebagai penanda tibanya waktu sholat Ashar, bunga ini juga memiliki kombinasi warna yang amat cantik di setiap mahkota bunganya. Bunganya juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami pada makanan, sedangkan daunnya yang dimasak dapat dikonsumsi namun hanya untuk keadaan darurat.

Itulah 10 Jenis Bunga Paling Harum di Dunia. Terima kasih atas kesediaan Anda telah menyimak sajian infomrasi yang kami berikan. Simak juga sajian informasi lengkap artikel lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel. Semoga bermanfaat..

7comments:

  1. kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. adakah rumput liar yang berbau wangi ?

      Delete
    2. ada bang, nama rumput akar wangi.

      Delete
  2. Terima kasih infonya gan, mantabbbsss.
    Ditunggu postingan2 lainnya.

    Gema Parfum :
    Parfum terbaik wanita.

    -------------

    ReplyDelete
  3. artikelnya bagus dan sangat berguna untuk kami, saya dari kebunbibit mau menawarkan bebarapa tanaman buah, caranya mudah kunjungi saja https://kebunbibit.id/

    ReplyDelete
  4. Yg No 1 bunga kemuning, bkn melati

    ReplyDelete
  5. Yg No 1 bunga kemuning, bkn melati

    ReplyDelete