Khasiat Bunga Pakis Giwang untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Pakis Giwang untuk Kesehatan - Pakis Giwang ini memiliki nama Latin Euphorbia milii Ch. des Moulibs, E. splendens, Bojer. Bahasa Mandarin China : Thie hai tang. Tanaman ini dikenal masyarakat sebagai tanaman hias yang mengadung getah. Umumnya tanaman kaktus giwang ini ditanam sebagai tanaman hias dalam pot, pekarangan, dan taman-taman. Kadang kala dibuat sebagai tanaman pagar dan dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 2.300 m dpl.

Khasiat Bunga Pakis Giwang untuk Kesehatan
Apakah Anda tahu bunga kaktus pakis giwang? Ya, bunga cantik nan unik ini merupakan semak tahunan ini tumbuh tegak, mencapai ketinggian 1 m, percabangan rapat, dan berbunga sepanjang tahun. Batangnya bersegi, warna coklat kelabu, berduri kasar, tajam, rapat dan bergetah, daunnya tunggal dan bertangkai pendek bekumpul diujung batang, bentuknya bundar telur sungsang, tepi rata dan warnanya hijau. Bunga pakis giwang ini majemuk, keluar dari ketiak daun, bentuk payung, panjang ibu tangkai bunga 5-10 cm, warnanya bermacam-macam, diantaranya : oranye, kuning, dadu, dan merah. Berbunga sepanjang tahun, buahnya kotak, bulat, kecil, berwarna putih kehijauan. Biji bulat, kecil dan berwarna coklat. Selain memiliki aneka warna dan bentuk bunga serta batangnya yang unik, ternyata bunga pakis giwang ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sifat dan khasiat dari pakis giwang :

Rasanya pahit, sifatnya netral, astringen, sedikit beracun. Bunganya berkhasiat untuk penghenti pendarahan (hemostatis). Batangnya dan daun berkhasiat menghilangkan bengkak, anti radang, antiseptik. Sedangkan kandungan yang terdapat dalam daun, batang dan bunganya mengandung saponin dan tanin. Bunganya juga mengandung flavonoid.
  • Pendarahan rahim. Siapkan bunga segar 10-15 kuntum bunga pakis giwang dan daging (50 gram) rebus dan makan sebagai sup.
  • Bisul dan radang kulit bernanah. Cuci daun dan batang pakis giwang secukupnya, buang duri-durinya lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit gula merah, tempelkan ramuan tersebut ke daerah yang sakit, lalu balur. Gantilah ramuan tersebut 2-3 kali sehari.
  • Hepatitis. Cara menggunakan pakis giwang untuk pengobatan hepatitis ini sangat mudah : Cuci dan potong tipis batang segar kaktus pakis giwang (9-15 gram), rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring rebusan tersebut, Anda bisa menambahkan madu secukupnya, lalu bagi untuk 2 kali minum. Minum pada pagi dan sore hari, masing-masing 1/2 gelas.
  • Luka bakar, tersiram air panas. Cuci bersih daun dan batang kaktus pakis giwang secukupnya, lalu potong kecil-kecil secukupnya. Tambahkan air sampai semua bahan terendam, lalu rebusa sampai mendidih selama 15 menit, setelah dingin gunakan air saringannya untuk mencuci dan mengompres luka. Gunakan obat tradisional bekas luka bakar ini secara rutin, sampai sembuh.
* Catatan : Jika timbul diare berat setelah minum rebusan herbal ini, segera minum rebusan Glycyrrhiza uralensis (gancao/akar manis) sebagai penawar racun (antidote)
Glycyrrhiza uralensis, sinonim : G. glabra L. , dinamakan akar manis/kayu manis (kayu legi).

Itulah sajian informasi mengenai Khasiat Bunga Pakis Giwang untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi pengobatan keluhan yang Anda rasakan. Selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Bunga Pakis Giwang untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment