Khasiat Serai untuk Kesehatan

Khasiat Serai untuk Kesehatan - Serai dengan nama Latin Andropogon nardus adalah tanaman yang sangat populer digunakan digunakan di negara Asia, termasuk Indonesia. Serai memiliki rasa dan aroma yang khas, sehingga sering digunakan dalam berbagai rempah dalam masakan.

Khasiat Serai untuk Kesehatan
Serai memiliki zat anti mikroba, antioksidan, anti-kanker, dan anti peradangan. Selain itu, serai juga merupakan salah satu sumber terbaik untuk vitamin A, C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potassium, kalsium, mangan. Selain itu, daun serai juga mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelai, borneol, terpinen-4-ol, a-terpineol, geraniol, farsenol, metillheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lainnya adalah geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

1. Membantu sistem pencernaan
Khasiat serai bagi kesehatan yang pertama akan kita bahas adalah kemampuannya yang dapat mengatasi masalah pencernaan. Kandungan zat anti mikroba di dalamnya, serai mampu membantu proses fungsi usus dan pencernaan. Mengkonsumsi serai secara teratur bisa melawan bakteri dan parasit yang dapat mengakibatkan terjadinya masalah pencernaan seperti konstipasi, diare, kelebihan gas dalam lambung dan lainnya.

2. Menurunkan gula darah
Minum teh yang dicampur dengan serai akan membantu mengeluarkan racun dari pankreas dan meningkatkan fungsinya. Hal ini tentunya dapat membatu mengontrol dan menurunkan tekanan gula dalam darah. (Baca : obat tradisional penyakit diabetes mellitus)

3. Mengobati insomnia
Serai ternyata memiliki efek menenangkan yang dapat membantu anda tidur lebih nyenyak dan dijadikan sebagai ramuan herbal penyembuh insomnia yang efektif. Serai akan menyeimbangkan zat kimia dalam tubuh yang memicu insomnia atau masalah syaraf.

4. Menurunkan berat badan
Selain mampu mengeluarkan zat racun dalam tubuh, serai juga mampu mengurangi lemak jika kita mengkonsumsinya yang ditambahkan dengan teh. Mengkonsumsi serai juga memberikan efek diuretik yang membuat racun dan zat sampah kelur dari dalam tubuh dengan cepat, dan inilah yang nantinya akan membantu proses penurunan berat badan.

5. Kesehatan kulit
Serai mampu memurnikan darah dan melancarkan sistem sirkulasi (peredaran) darah. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau eczema. Selain itu, serai juga sangat efektif membuat kulit menjadi lebih bercahaya secara alami, hal ini terbukti dengan semakin gencarnya produk kecantikan yang menggunakan serai sebagai bahan dasarnya.

6. Memutihkan gigi
Memiliki masalah pada warna gigi yang tampak kuning? tentu saja hal ini akan membuat anda merasa sedikit tidak percara diri. Jangan khawatir, kita dapat mengatasi masalah gigi kuning ini dengan serai, caranya : tumbuk halus dua batang serai uang dipotong kecil-kecil dnegan sedikit arang dapur dan gosokkan pad gigi 
Anda. Lakukan 3x semingu, dan lihatlah hasilnya.

7. Sebagai "Pain Killer"
Jika anda mengalami sakit gigi, sakit otot atau sendi, minumlah teh lemon yang dicampur dengan serai insya Alloh dapat meringankan rasa sakit tersebut. Serai bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami.

8. Meringankan kram menstruasi
Anda wanita yang memiliki masalah ketika datang bulan, silakan coba minum teh serai setiap pagi ketika datang bulan. Rasa sakit, kram dan masalah ketika menstruasi yang biasanya mengganggu anda, akan hilang.

9. Pencegah kanker
Setiap 100 gram serai mengandung antioksidan pencegah kanker. Elemen alami yang terdapat dalam serai dipercaya dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel tubuh yang sehat.

10. Meningkatkan sistem syaraf
Minyak esensial yang terkandung dalam serai bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem syaraf. Hal ini disebabkan minyak serai tersebut mampu memberikan efek hangat yang menghangatkan, melemaskan oto, meredakan kejang-kejang.

Kekayaan alam kita telah menyediakan berbagai macam kebaikan, karena di dalamnya telah banyak beraneka ragam rempah-rempah yang tumbuh dengan subur. Semoga kita bisa menjaga kelestarian lingkungan memetik manfaat dari setiap tanaman obat herbal yang dapat kita peroleh di lingkungan kita, terutama serai yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat..

0 comments "Khasiat Serai untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment