Khasiat Bunga Sedap Malam untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Sedap Malam untuk Kesehatan - Bunga Sedap Malam yang memiliki nama Latin Polianthes tuberosa Linn. adalah tanaman hias yang berasal dari Meksiko. Karena bunganya yang indah dan memiliki aroma seharum bunga melati menjadikan bunga sedap malam ini sebagai perhiasan pada sanggul wanita dan di pesta perkawinan.

Khasiat Bunga Sedap Malam untuk Kesehatan
Terna tegak dengan umbi di bawah tanah, tinggi 0,5-1,4 m. daun sebagian duduk pada akar, sebagian sepanjang batang yang tegak, duduk, berbentuk lanset, panjang 15-150 cm, lebar 0,6-1 cm, ujung lancip ke arah pangkal melebar. Bunganya hampir duduk, kebanyakan berpasangan dalam ketiak daun pelindung yang berbentuk bulat telur lanset, berwarna putih dan berbau sangat harum terutama pada waktu malam. Buahnya kotak memanjang, seingkali tumbuh kurang sempurna, kadang-kadang dengan beberapa biji yang baik.

Bunga ini disukai di manca negara, masyarakat Jepang menggunakan bunga sedap malam sebagai lambang cinta. Di Thailand sendiri, bunga yang harum di malam hari ini adalah kesayangan para perangkai bunga karena sifatnya yang harum dan tidak mudah layu. Selain itu, di Eropa sendiri bunga sedap malam digunakan untuk upacara keagamaan. Pemanfaatan bunga sedap malam bagi kesehatan umumnya dibagi menjadi 2, yaitu pemakaian luar dan dalam. Dua manfaat tersebut diperoleh melalui sulingan dari bunga sedap malam yang mengahasilkan minyak, hasil sulingannya itu dikenal dengan nama minyak tuberose.

Minyak hasil sulingan dari bunga sedap malam ini diyakini memiliki kandungan : geraniol dan nerol, farnesol, benzyl, alkohol, metil, benzoat, metil salsilat, metil antramnilat, eugenol, asam butirat dan kemungkinan asam fenilasetat. Kandungan-kandungan ini secara medis memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan penyembuhan beberapa macam penyakit.

Sementara kandungan kimia yang telah dikteahui adalah sapogenin. Bagian tanaman yang dipakai sebagai obat adalah bagian bunga dan akar, keduanya bisa diolah untuk pemakaian luar dan dalam.

Bunga digunakan untuk :
  • Sakit kepala, pusing
  • Menenangkan hati dan pikiran
  • Pandangan kabur, rabun mata
  • Katarak, radang mata merah (conjuntivis)
  • Susah tidur
  • Penambah darah
  • Meningkat stamina
  • Melancarkan ASI
  • Pegal linu
Akar, berkhasiat untuk :
  • Influenza
  • Radang tenggorokan
  • Rematik
  • Bisul, bengkak.
Khasiat Bunga Sedap Malam untuk Kesehatan

Tidak hanya memiliki bunga yang cantik dan aroma yang begitu haru, bunga sedap malam ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah khasiat bunga sedap malam untuk kesehatan tubuh kita :

1. Katarak, Radang Mata

Rebus 50 kuntum bunga sedap malam dengan 1.500 cc air hingga mendidih, tunggu sampai dingin. Setelah dingin, gunakan untuk mencuci mata.

2. Bisul dan Bengkak

Ambil akar sedap malam secukupnya lalu cuci bersih, setelah itu tumbuk halus dan tempelkan pada bagian yang sakit.

3. Susah tidur, menenangkan pikiran dan hati, penambah darah da pandangan kabur

Bahan : 30 kuntum bunga sedap malam, 15 gram kie cie (bisa diperoleh di toko obat China), 1-2 bunga tahi kotok, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 10 gram jahe, merica, garam, dan kecap secukupnya. Iris bawang putih dan bawang merah, tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol secukupnya. Tambahkan tepung tapioka yang telah diencerkan secukupnya. Masak sampai matang.

4. Meningkatkan stamina

Bahan : 50 kuntum bunga sedap malam, 50 gram kacang kapri, 1 butir telur ayam, 100 gram udang, 10 gram jahe, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah. Tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol secukupnya, tambahkan tepung maizena secukupnya yang telah diencerkan, masak sampai matang.

5. Mempertajam penglihatan

Bahan : 30 kuntum bunga sedap malam, 70 gram kacang kapri muda, 100 gram daging ayam, 75 gram wortel, 1 butir telur ayam, 10 gram jahe, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, kecap manis dan garam secukupnya. Potong-potong daging ayam dan wortel. Kemudian siapkan bawang putih dan bawang merah yang telah diiris-iris, tumis semua bahan dengan minyak nonokolesterol sampai matang.

6. Influenza

Bahan : 20 gram akar sedap malam, 15 gram jahe, 2 batang daun bawang putih, 600 cc air bersih. Rebus bahan bersama air sampai tersisa separuhnya (300 cc). Air rebusan tersebut diminum 2 x masing-masing 150 cc.

7. Radang tenggorokan, Bau Mulut, Suara Serak, Sakit Saat Menelan Makanan

Bahan : 20 gram akar sedap malam, 25 gram sambilito segar, 600 cc air bersih. Rebus bahan bersama air sampai tersisa setengahnya, yaitu 300 cc. Setelah itu saring dan minum dua kali sehari masing-masing 150 cc.

8. Rematik

Untuk menglah obat tradisional penyakit rematik ini, cukup menyediakan bahan : 30 gram akar bunga sedap malam, 20 gram jahe merah, gula merah secukupnya, 400 cc air. Rebus bahan bersama dengan 400 cc air hingga mendidih, saring dan bagi 2 bagian untuk diminum 2x sehari.

Itulah sajian informasi mengenai Khasiat Bunga Sedap Malam untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi penyembuhan keluhan penyakit yang saat ini Anda derita. Terima kasih telah menyimak manfaat bunga sedap malam bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Bunga Sedap Malam untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment