Khasiat Bunga Amaryllis untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Amaryllis untuk Kesehatan - Bunga Amaryllis atau yang sering disebut dengan Bunga Bakung ini merupakan tanaman hias yang cukup umum bisa kita dapati di halaman-halaman rumah. Bunga bakung ini memang memiliki kesan yang sederhana namun sangat cantik dengan variasi warna seperti kuning, merah, dan putih. Tanaman bakung ini merupakan bagian dari genus lilium, bahasa inggrisnya adalah Lily. Terdiri dari 110 spesies dalam keluarga bakung (Liliaceae). Bakung memiliki ketinggian antara 0.5 - 1.25 m. Bakung juga memiliki tangkai yang kokoh, dan secara umum bakung ini membentuk umbi polos di bawah tanah.

Tidak hanya memiliki warna dan bentuk bunga yang sangat cantik, Bunga Amaryllis atau bunga bakung ini telah dikenal sebagai tanaman hias yang juga memiliki fungsi sebagai bahan alami pengobatan berbagai macam penyakit atau penyembuhan luka, biasanya dicampurkan dengan minyak kelapa yang kemudian dilayukan di atas api dan ditempelkan pada bagian yang sakit.

Selain itu, keberadaan bunga Amaryllis di halaman rumah dipercaya oleh kebudayaan China, Mesir dan Arab sebagai simbol perlindungan dari penyakit atau wabah menular. Bunga Bakung (Amaryllis) sendiri secara medis dikenal manfaatnya sebagai analgesik (pereda demam), anti bengkak dan juga ekspektoran.

Dan khasiat bunga amaryllis untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
  • Mengobati kolesterol, dengan cara melayukan daun bunga bakung di atas api kemudian tempelkan pada bagian yang keseleo
  • Mengobati sakit pinggang dengan cara menghaluskan 10 gram daun bunga bakung dan 10 gram jahe merah, lalu balurkan ke bagian pinggang yang sakit.
  • Mengobati sakit gigi. caranya : tumbuk halus akar bunga bakung yang sudah dicuci bersih secukupnya, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.
  • Mengobati borok (Ulkustripikum) dengan caranya menumbuk halus daun bunga bakung yang masih segar secukupnya, kemudian peras dan airnya dibalurkan merata ke bagian borok.
  • Melancarkan buang air kecil. Caranya mudah, dengan cara mengoleskan daun bunga bakung dengan minyak kelapa, kemudian tempelkan pada daerah kandungan kencing.
Demikianlah sajian informasi mengenai manfaat bunga amaryllis (bunga bakung) bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi pengobatan atas keluhan penyakit yang saat ini Anda derita. Selamat mencoba..

2comments: