Faktor Penyebab Penyakit Gusi Bengkak

Faktor Penyebab Penyakit Gusi Bengkak - Berikut ini adalah sajian informasi mengenai beberapa hal yang menjadi pemicu timbulnya penyakit gusi bengkak. Apa saja yang menjadi penyebab gusi menjadi bengkak? Mari kita simak sajian lengkapnya berikut ini.

Faktor Penyebab Penyakit Gusi Bengkak

Faktor Penyebab Penyakit Gusi Bengkak
1. Gingivitis

Penyebab penyakit gusi bengkak yang pertama adalah Gingivitis. Gingivitis atau radang gusi adalah penyebab gusi bengkak yang paling umum, gingivitis ini merupakan penyakit gusi yang mengakibatkan gusi menjadi iritasi dan kemudian membengkak. Banyak orang yang mengalami gingivitis tapi tidak menyadarinya karena gejalanya memang sangat ringan. Namun jika dibirkan begitu saja, maka gingivitis ini akan menyebabkan hilangnya gigi.

Yang paling berperan dalam timbulnya gingivitis ini adalah karena kuranya menjaga kebersihan mulut, yang memungkinkan plak menumpuk pada garis pembatas gusi dan gigi. Plak ini sendiri adalah lapisan yang terdiri dari bakteri dan partikel makanan yang menempel pada gigi dari waktu ke waktu. Jika plak ini menempel pada gigi maka akan menjadi karang gigi yang sulit dibersihkan dan tidak dapat dibersihkan hanya dengan menyikat gigi saja. Karang gigi yang menusuk gusi dapat mengakibatkan radang gusi dan kemudian membengkak.

2. Kehamilan

Hormon tubuh selama kehamilan berlansung dapat meningkatkan aliran darah di gusi, peningkatan aliran darah ini dapat mengakibatkan gusi menjadi lebih mudah iritasi, dan kemudian menyebabkan gusi bengkak. Perubahan hormonal ini juga dapat menghambat kemampuan tubuh untuk melawan bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi gusi. Hal ini dapat meningkatkan resiko gingivitis.

3. Malnutrisi

Kekurangan vitamin, terutama vitamin B dan C dapat menyebabkan gusi bengkak. Vitamin C memiliki peranan penting dalam pemeliharaan dan perbaikan gigi dan gusi. Jika kadar vitamin C dalam tubuh Anda terlalu rendah, Anda bisa mengembangkan penyakit Scurvy, scurvy ini dapat mengakibatkan penyakit anemia dan penyakit gusi.

4. Infeksi

Infeksi yang disebabkan oleh jamur dan virus berpotensi mengakibaktan gusi menjadi bengkak. Jika Anda memiliki herpes (Virus), bisa menyebabkan kondisi yang disebut dengan herpes akut gingivostomatitis, yang juga menyebabkan gusi bengkak. Oral Thrush, yang merupakan hasil dari pertumbuhan berlebihan jamur alami di dalam mulut (jamur candida), juga dapat menyebabkan gusi bengkak.

Itulah beberapa faktor penyebab gusi bengkak. Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut adalah salah satu faktor utama yang tak tidak boleh kita abaikan, karena seperti yang telah disebutkan di atas bahwa jika kebersihan mulut kita buruk, maka potensi terkena penyakit gusi bengkak sangatlah besar. Terima kasih telah menyimak sajian informasi pemicu penyakit gusi bengkak, semoga bermanfaat.

0 comments "Faktor Penyebab Penyakit Gusi Bengkak", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment