Khasiat Tanaman Putri Malu untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Putri Malu untuk Kesehatan - Tanaman Putri Malu yang memiliki nama ilmiah Mimosa Pudica ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah, tetapi kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan dan di Kepulauan Pasifik.


Khasiat Tanaman Putri Malu untuk Kesehatan
Putri malu merupakan sejenis tanaman perdu pendek asih termasuk dalam anggota suku polong-polongan yang sangat mudah dikenali, biasanya tumbuh di pinggir jalan, tanah lapang, mampu berkembang biak dengan cepat, tumbuh tidur di tanah, terkadang tegak. Batang bulat, berbulu dan berduri.

Daunnya kecil-kecil tersusun majemuk,bentuk lonjong dengan ujung lancip, warnanya hijau (ada yang kemerah-merahan), bunganya bulat seperti bola berwarna merah muda dan bertangkai. Tanaman putri malu ini dikenal dengan perilakunya yang unik, yaitu daun-daunnya mampu merespon secara cepat (layu/menutup) saat disentuh. Respon ini hanya bersifat sementara dan akan kembali seperti semula setelah beberapa menit kemudian.

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis

Manis, astringen, agak dingin, penenang (transquiliser), sedative, peluruh dahak (expectorant), nati batuk (antitusive), penurun panas, anti radang, peluruh air seni (diuretic). Putri malu memiliki antibacterial, anti biotik, anti inflamasi, anti mikrobial, pembasmi kuman, penawar nyeri, penenang, dan kontraseptif.

Khasiat Tanaman Putri Malu untuk Kesehatan

1. Obat Insomnia
  • Cara 1 : Rebusalah 30-60 gram daun putri malu hingga mendidih dan minumlah arinya
  • Cara 2 : Dengan mencampurkan sebanyak 15 gram daun tanaman putri malu dengan 15 gram daun sawi langit serta 30 gram daun calincing yang selanjutnya direbus sampai mendidih dan minumlah air rebusan obat tradisional penyembuh penyakit insomnia ini sampai keluhan penyakit insomnia yang dikeluhkan tersebut sembuh.
2. Obat Bronkitis Kronis
  • Cara 1 : Campurkan 600 ml air dengan 60 gram akar tanaman putri malu kemudian direbus dengan api yang kecil, biarkan hingga airnya tersisa sekitar 200 ml saja. Bagilah 2 air hasil rebusan untuk 2x minum.
  • Cara 2 : Mimosa pudica 30 gram, akar tanaman Peristrophe roxburghiana 10 gram, keduanya direbus, dibadi menjadi 2 dosis/hari.
3. Batuk berdahak
  • Siapkan 10-15 gram daun putri malu, rebus dan minum air rebusannya
4. Obat Rematik
  • Siapkan 15 gram akar tanaman putri malu lalu rendam ke dalam 500 ml arak putih dalam waktu 2 mingu, cara pemakaiannya adalah dengan menempelkan ke bagian yang sakit. Gunakanlah obat tradisional penyakit rematik dari tanaman putri malu ini secara rutin, maka Anda akan merasakan khaisatnya.
5. Obat Cacingan/Ascariasis
  • Mimosa pudica 15-30 gram direbus, lalu minum airnya.
Khasiat lain : 
  • Masih ada khasiat lain dari tanaman putri malu ini, diantaranya yaitu untuk mengatasi penyakit malaria, akar dan bijinya berkhasiat untuk merangang mintah
  • Para Ahli pengobatan China dan penelitian AS serta Indonesia mengindikasikan, tanaman ini bisa dipakai untuk mengobati berbagai penyakit lain seperti radang mata akut, kencing batu, panas tinggi pada anak-anak dan herpes.
Namun sebenarnya, seluruh bagian dari tanaman putri malu ini mengandung racun, meski putri malu juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, diasarankan bagi Anda yang ingin menggunakan tanaman ini untuk pengobatan, sebaiknya Anda mendiskusikannya terlebih dahulu dengan ahlinya, seperti dokter atau para ahli di bidang tanaman dan obat-obatan herbal. Selain itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil atau yang sedang dalam masa perawatan untuk tidak mencoba-coba secara sembarangan tanpa adanya rekomendasi dari ahli medis.

Itulah sajian lengkap mengenai Khasiat Tanaman Putri Malu untuk Kesehatan. Terima kasih atas kunjungan dan kesediaannya telah menyimak informasi yang kami berikan. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan Anda mengenai manfaat putri malu bagi kesehatan tubuh, dan semoga bermanfaat..

0 comments "Khasiat Tanaman Putri Malu untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment