Faktor Penyebab Penyakit Bisul

Faktor Penyebab Penyakit Bisul - Bisul adalah peradangan yang timbul pada daerah folikel kulit dan sekitarnya. Penyebab penyakit bisul yang paling sering adalah karena infeksi atau serangan bakteri Staphylococcus aureus, karena itu bisul bisa diartikan sebagai infeksi lokal pada kulit bagian dalam.

Faktor Penyebab Penyakit Bisul

Pada awalnya, folikel rambut yang terinfeksi, tetapi karena adanya gesekan, iritasi dan kurangnya menjaga kebersihan tubuh, maka infeksi tersebut menyebar ke jaringan sekitarnya dan terjadilah bisul.

Faktor Penyebab Penyakit Bisul
  • Penyebab terjadinya penyakit bisul ini pertama kali adalah karena rambut yang tumbuh ke dalam, luka, ataupun dikarenakan masuknya benda asing ke dalam kulit. Bisul ini biasanya berawal dari benjolan merah dan lunak di daerah kulit, yang lama kelamaan akan menjadi lebih keras. Kemudian tepat di tengah benjolan tersebut akan terbentuk puncak berwarna putih yang akan memecah atau harus dikeluarkan. Cairan yang keluar ini disebut dengan nanah, berisi sel darah putih (bertugas untuk melawan bakteri Staphyloccocus yang menginfeksi dan menyebabkan bisul tersebut), bakteri, dan protein.
  • Kurang menjaga kebersihan
  • Infeksi bakteri Staphylococcus aureus
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat
  • Lemahnya kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit
Beberapa Jenis Bisul
  1. Penyakit bisul juga dapat muncul karena adanya sumbatan kelenjar minyak, yang kemudian terinfeksi. Bisul ini seperti ini disebut dengan 'akne kista', biasanya terjadi di kulit wajah para remaja.
  2. Lain halnya dengan bisul yang disebut dengan 'hidradenitis suppurativa' yang disebabkan oleh radang lokal kelenjar keringat. Biasanya bisul ini timbul di lebih dari satu buah, lokasinya di daerah ketiak atau pangkal paha.
  3. Terakhir adalah bisul yang disebut dengan 'kista pilonidal', biasanya terjadi pada lipatan bkong. Awalnya hanya berupa infeksi di folikel rambut, kemudian ditambah dengan iritasi dari tekanan karena duduk terlalu lama, biasanya saat travellinng lama, maka terbentuklah bisul . Tempatnya di daerah tubuh yang banyak terjadi gesekan, seperti ketiak dan bokong.
Cara Mengatasi Bisul dengan Obat Alami

Mengobati penyakit bisul akibat infeksi bakteri, tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan obat kimia atau antiseptik pada umumnya, kita juga sebenarnya bisa mengobati dan menyembuhkan penyakit bisul dengan menggunakan obat tradisional penyakit bisul yang bahan-bahannya dapat kita peroleh di lingkungan sekitar kita.
  • Daging lidah buaya, dihancurkan lalu oleskan pada bisul
  • Getah bunga kamboja dioleskan pada bisul
  • Daun kamboja yang sudah dilemaskan dan dioleskan dengan minyak kelapa lalu ditempelkan pada bisul
  • Daun pare yang sudah dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas hingga airnya menjadi 1 gelas, saring dan minum setelah dingin
  • Daun murbei, cuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas menjadi 1 gelas, disaring dan diminum setelah agak dingin.
Untuk cara mengobati penyakit bisul dengan menggunakan obat alami, anda bisa menyimak sajian informasinya lebih lanjut di : Ramuan Herbal untuk Penyakit Bisul.

Demikianlah sajian informasi mengenai faktor penyebab terjadinya penyakit bisul, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan hal apa saja yang menjadi pemicu timbulnya penyakit Abses dan cara alam untuk mengobatinya.

0 comments "Faktor Penyebab Penyakit Bisul", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment