10 Bunga Beracun Paling Mematikan

10 Bunga Beracun Paling Mematikan - Berikut ini ada beberapa jenis bunga yang secara tampilan sangat indah dan cantik. Tapi, siapa yang menyangka jika ternyata bunga yang cantik ini memiliki racun yang sangat berbahaya dan sangat mematikan.

10 Bunga Beracun Paling Mematikan 

10. Opium
Opium

Opium terkenal sebagai bunga penghasil narkotika. Narkotika dari bunga ini dapat diperoleh dengan cara menyayat buahnya hingga mengeluarkan getah putih yang lengket. Setelah kering, getah tersebut akan berubah warna menjadi kecoklatan. Kandungan getah tersebut berisi campuran narkotika alami alkaloid, termasuk morfin dan kodein. Morfin adalah acetylated yang berguna untuk menghasilkan diacetylmorphine (atau lebih dikenal sebagai heroin).

Opium adalah jenis narkotika yang paling berbahaya. Kandungan ini dikonsumsi dengan cara ditelan langsung atau diminum bersama teh, kopi atau dihisap bersama rokok atau sheesha (rokok ala Timur Tengah). Pada mulanya, pengkonsumsi Opium akan merasa segar bugar, dapat berimajinasi dan berbicara, namun hal ini tidak bertahan lama. Tak lama kemudian kondisi kejiwaannya akan mengalami gangguan dan berakhir dengan tidur pulas bahkan koma. Jika seseorang ketagihan, maka Opium akan menjadi bagian yg melekat di hidupnya. Tubuhnya tidak akan mampu lagi menjalankan fungsi-fungsinya tanpa mengonsumsi Opium dalam dosis yang biasanya. Dia akan merasakan sakit yang luar biasa jika tidak bisa memperolehnya. Kesehatannya akan menurun drastis. Otot-otot si pecandu akan layu, ingatannya melemah dan nafsu makannya menurun. Kedua matanya mengalami sianosis dan berat badannya akan terus menyusut.

9. Daphne
Daphne

Bunga ini dikenal juga dengan nama Lady Laurel atau Tanaman Surga. Indah memang, tapi siapa sangka dengan penampilan indahnya bunga ini menyimpan banyak sekali racun yang mematikan. Seluruh bagian tubuh daru bunga ini beracun, tapi bagian yang paling beracun berpusat pada getah dan buahnya. Daphne mengandung zat mezerine dan daphnin, yang merupakan suatu racun kuat dan dapat mengakibatkan sakit perut parah, sakit kepala, diare dan kegilaan. Jika seseorang mengkonsumsi buah bunga daphne dalam dosis tertentu, maka akan berakibat fatal, yaitu akan menyebabkan koma bahkan kematian.

8. Lilly of The Valley
Lilly of The Valley

Bunga ini sangat cantik dan sama sekali tidak tampak seperti tumbuhan yang beracun. Akan tetapi, jangan tertipu dengan tampilan luarnya, bunga ini sangat beracun. Meskpun hanya mengkonsumsi satu atau dua takaran dari bunganya yang berbentuk lonceng ini tidak akan mengakibatkan kematian, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak dapat mengakibatkan rasa sakit di mulut, muntah-muntah, keram di seluruh tubuh, dan diare. Racun dalam bunga ini juga akan menyebabkan gangguan pada fungsi jantung dan detak jantung menjadi melemah.

7. Aconitum
Aconitum

Tahukah anda, jika ada beberapa dari sepesies Bunga Aconitum ini digunakan sebagai racun pada anak panah. Suku Minaro di Ladakh menggunakan Aconitum napellus untuk memburu kamabing jantan. Sedangkan di Jepang Suku Ainus menggunakannya untuk memburu Beruang. China juga menggunakannya untuk keperluan berburu dan perang, jika tersentuh ujungnya akan mengakibatkan kadaan mati rasa dan perih. Sudah terbayangkan bagaimana mematikannya racun yang terdapat dalam bunga Aconitum ini.

6. Atrope Bella Donna
Atrope Bella Donna

Bunga ini juga dikenal sebagai salah satu jenis bunga paling beracun di West Hemisphere, Belladona. Mengandung tropane alkoids yang sangat berbahaya. Seluruh bagian tubuh bunga ini sangat beracun, tapi yang paling berbahaya adalah pada buahnya yang terlihat lezat untuk dimakan. Gejala yang akan timbul ketika keracunan bunga ini adalah : pupil mata membesar, penglihatan menjadi kabur, sakit kepala, berhalusinasi, dan kegilaan. Racun yang terdapat dalam bunga ini adalah Atropine yang mampu mengganggu sistem syaraf dan mengakibatkan ganguan pernafasan, sering berkeringat dan melemahkan detak jantung.

5. Conium
Conium

Bunga beracun ini milik keluarga Apiaceae dan dapat ditemukan di Eropa dan bagian selatan Afrika. Salah satu spesiesnya adalah Conium maculatum yang juga disebut poison hemlock. Bunga ini berasal dari Eropa, Asia Barat dan Afrika utara. Bunga ini mengandung banyak alkaloid yang bisa sangat mematikan bagi manusia dan ternak. Salah satu contohnya adalah coniine dan sangat mirip dengan nikotin, dapat mengganggu cara kerja sistem saraf pusat. Apa yang biasanya akan terjadi dari keracunan conium adalah kelumpuhan otot dan sistem pernafasan sehingga jantung dan otak tidak mendapatkan cukup oksigen.

4. Nerium Oleander
Nerium Oleander

Bunga ini dikenal sebagai salah satu jenis tanaman paling beracun di bumi. Sering dipergunakan untuk bunuh diri di India Selatan. Pada seluruh bagian tanaman ini terkandung racun yang mematikan, seperti Oleandrin dan neriine, yang dapat mengakibatkan gangguan sistem syaraf, gangguan pencernaan, dan sistem kerja sirkulasi darah. Dan yang paling mencengangkan, semua gejala tersebut akan terjadi dalam waktu yang bersamaan. Penderita yang mengalami keracunan bunga Nerium ini akan mengalami kehilangan kesadaran, tubuh bergetarm rasa sakit yang luar biasa, koma, hingga mengalami kematian. Getahnyapun tidak kalah berbahaya, yaitu dapat mengakibatkan iritasi pada kulit dan kebutaan pada mata.

3. Datura

Bunga Datura mengandung alkaliod yang cukup mematikan. Bunga ini digunakan selama ratusan tahun sebagai racun halusinogen. Di beberapa tempat di Eropa dan India, Datura ini sering digunakan untuk melakukan pembunuhan dan bunuh diri.

2. Angel's Trumpet
Angel's Trumpet

Selain memiliki nama dan tampilan yang indah, tapi ternyata bunga Angel's Trumpet ini tak seindah tampilan dan namanya, bunga ini sangat beracun. Tanaman ini memiliki racun yang mematikan bagi manusia maupun hewan. Racun yang terkandung dalam bunga ini dapat memberikan efek halusinogen yang sangat kuat, karena mengandung zat Tropane Alkaloids.

1. Autum Crocus

Autum Crocus
Autum Crocus merupakan salah satu tumbuhan yang paling beracun di dunia. Bunga yang memiliki warna cantik ini mengandung Colchicine yang merupakan obat mematikan yang biasa digunakan untuk perawatan encok. Racun yang terkadung dalam bunga ini sejenis Arsenik dan belum ada obat yang dapat digunakan untuk penyembuhannya. Jika keracunan bunga ini, maka akan mengakibatkan hilangnya tekanan darah dan penyakit jantung.

Itulah 10 Jenis Bunga Beracun Paling Mematikan di dunia. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan manambah pengetahuan kita akan bunga yang sangat beracun dan berpotensi menyebabkan kematian.

0 comments "10 Bunga Beracun Paling Mematikan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment