Macam-Macam Bunga Kamboja

Macam-Macam Bunga Kamboja - Kamboja memiliki nama Adenium karena merupakan salah satu tempat asal adenuim adalah daerah Aden yang merupakan ibukota Yaman. Daun adenium ada beberapa macam, bentuk lonjong, runcing, kecil dan besar, serta ada yang berbulu halus, ada pula yang tanpa bulu. Sedangkan bunga adenium berbentuk berbentuk seperti terompet, berkelopak 5, dengan aneka ragam warna sesuai dengan varietasnya masing-masing. Sekarang sudah dikembangkan kelopaknya bunga yang bersusun dan hasilnya sudah baik dan bahkan kelopak bunganya ada yang menyerupai susunan bunga mawar.

Adenium Windmill
Macam-Macam Bunga Kamboja (Adenium Windmill)

Bunga ini memiliki jenis daun yang agak panjang, runcing dan berwarna hijau tua, berbulu. Jenis bunga kamboja ini selalu berbunga dengan kelopak berwarna merah muda dan ada semburat putih ditengah petalnya, pertumbuhannya sedang.

Adenium Swazicum
Adenium Swazicum

Bunga kamboja jenis oni memiliki dua jenis warna yaitu hijau tua dan muda. Bunga ini memiliki bentuk bunga yang seperti bintang dan terdapat bulu-bulu halus di setiap daun di bagian bawah.

Adenium Waterfall
Adenium Waterfall

Pertumbuhannya sedang, bentuk daunnya agak membulat dan berbulu. Warna bunganya unik, warna merah tua dengan bercak putih.

Adenium Obesum
Adenium Obesum

Adalah semak Afrika Selatan yang memiliki batang besar dan bunganya berwarna merah muda dan putih, daunnya terlihat mencolok. Bunga kamboja jenis ini populer sebagai tanaman hias daerah tropis. Variasi tulang daunnya banyak mulai dari yang kasar sampai dengan yang sangat tipis, bung adenium jenis ini berbentuk seperti bintang dan memiliki warna merah yang pekat, meski ada beberapa jenis bunga adenium ini yang memiliki warna sedikit pudar, dan merupakan jenis adenium yang paling sering berbunga.

Adenium Multiflorum
Adenium Multiflorum

Bunga Kamboja jenis Adenium Multiflorum ini ditemukan di Afrika Selatan di sisi timur, sepeti Mozambik dan Afrika Selatan bagian timur. Tumbuh tinggi bercabang dan dengan daun yang lebar, bonggolnya tidak membesar, tapi memiliki batang dan akar yang membesar. Kamboja jenis Adenium Multiflorum ini juga memiliki masa dorman yang cukup panjang, sehingga masa itulah jenis ini akan berbunga dengan tanpa daun. Bunganya berwarna putih dengan garis merah di pinggirnya yang menambah tampilannya menjadi semakin cantik.

Adenium White Knight
Adenium White Knight

Daunnya berwarna hijau tua dan tidak berbulu, sering berbunga dan memiliki warna putih bersih, pertumbuhannyapun sangat cepat.

Adenium Boehmianum
Adenium Boehmianum

Bunga kamboja jenis ini berasal dari Namibia dan Angola, memiliki cabang yang banyak. Bunga jenis ini merupakan jenis kamboja yang paling besar, masa tumbuh bunga ini sangat pendek. (Baca : Khasiat Bunga Kamboja untuk Kesehatan).

Beberapa macam bunga kamboja di atas sebenarnya tidak membutuhkan banyak air untuk pertumbuhannya, hal ini karena akan tanaman bunga hias yang cantik ini sudah menyimpan banyak cadangan air ada akarnya, sehingga disarankan bagi Anda yang memiliki kecintaan terhadap bunga kamboja, sebaiknya rawatlah tanaman kamboja dengan baik, salah satunya dengan mengontrol pemberian air, jangan sampai kekurangan dan tidak baik pula jika berlebihan disiram air, karena dapat membuat akarnya menjadi busuk. Dan tidak lupa untuk menempatkan bunga kamboja pada tempat yang cukup terkena sinar matahari.

0 comments "Macam-Macam Bunga Kamboja", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment