Khasiat Bunga Asoka untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Asoka untuk Kesehatan - Asoka yang memiliki nama ilmiah Saeca Indica ini merupakan tanaman dari family Caesalpiniaceae. Bunga Asoka ini adalah salah satu tanaman suci dari India. Bunga ini juga memiliki warna bunga yang beragam seperti : merah, oranye, dan kuning. Biasanya tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias karena daunnya dapat dibentuk dan bunganya sangat indah.

Khasiat Bunga Asoka untuk Kesehatan
Tidak semua orang mengetahui bahwa bunga asoka ini ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, hal ini karena dalam bunga Asok itu sendiri terdapat berbagai jenis kandungan nutrisi dan zat gizi yang baik untuk kesehtan tubuh kita, diantaranya : pada kulit kayu asoka yang kering dan telah dihaluskan terdapat banyak sekali zat tanin dan zat organik yang mengandung besi, sedangkan pada kulit kayunya beberapa zat tanin dan catachin.

Bung Asoka juga dipercaya mampu memberikan manfaat untuk kesehatan, dan dijadikan sebagai bahan alami pengobatan tradisional yang efektif. Bagian yang biasanya dimanfaatkan adalah pada bagian kulit dan bunga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kulit kayu asoka kering yang sudah dihaluskan mengandung cukup banyak tanin dan zat organik yang mengandung zat besi.

Khasiat Bunga Asoka untuk Kesehatan
  • Mengobati luka memar. Untuk mendapatkan manfaat ini, kita hanya cukup meminum air rebusan dari bunga Asoka yang sudah ditambah dengan bunga mawar kering dan umbi daun dewa.
  • Mengobati kaki atau betis yang keram, caranya sangat mudah, caranya cukup minum air rebusan bunga asoka yang sudah dicampur dengan bunga mawar dan daun sembung segar.
  • Mengatasi gangguan haid. Bagi para wanita yang memiliki keluhan haid tidak lancar atau tidak teratur, bunga asok adalah bahan alami yang bisa dijadikan solusi penyembuhannya, caranya : minum air rebusan bung asoka yang sudah dicampur dengan bunga mawar dan daging lidah buaya.
  • Mengobati disentri. Cara menyembuhkan disentri dengan bunga asoka : Bunga asoka ditumbuk hingga halus, lalu dicampur dengan air untuk mengobati penyakit disentri hemoragik.
Terima kasih telah menyimak sajian informasi mengenai Khasiat Bunga Asoka untuk Kesehatan. Semoga menambah pengetahuan Anda dan tentunya bermanfaat untuk mengatasi keluhan yang sedang dirasakan. Selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Bunga Asoka untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment