Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan - Bunga Alamanda atau dalam bahasa ilmiah Allamanda cathartica merupakan tanaman hias ini juga sering disebut dengan nama Terompet Emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup. Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan banyak juga ditemukan di Brazil di mana bunga ini umum digunakan sebagai hiasan karena bentuknya sendiri yang indah. Bunga Alamanda ini termasuk ke dalam suku Apocynaceae.

Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan
Tanaman ini termasuk ke dalam golongan perdu berkayu dengan tinggi yang dapat mencapai 2 meter. Tanaman ini bersifat evergreen (hijau sepanjang tahun). Batangnya yang sudah tua akan berwarna coklat karena pembentukan kayu, sementara tunas mudanya berwarna hijau. Daunnya berbentuk hijau lancip ke ujung dengan permukaan kasar dengan panjang 6 - 16 cm, yang berkumpul 3-4 helai. Bunga Alamanda berwarna kuning bentuknya seperti terompet dengan diameter 5-7,5 cm, dan memiliki aroma yang harum.

Bunga ini dapat ditemukan di daerah sekitar sungai atau tempat terbuka yang terkena banyak sinar matahari dengan hujan yang cukup dan kelembaban yang tinggi sepanjang tahun. Suhu -1 derajat celsius dapat mematikan tanaman ini, karena bunga alamanda ini memiliki karakteristik yang sangat sensitif terhadap suhu dingin.

Selain memiliki bentuk dan warna yang cantik, Bunga Alamanda ini memiliki banyak manfaat. Bagian tanaman yang digunakan adalah akar, daun dan bunga untuk pengobatan.
  • Daun Alamanda memiliki kandungan  alkaloida (senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tumbuhan)
  • Kulit batang dan buahnya mengandung saponin
  • Kulit batangnya mengandung tannin
  • Buahnya mengandung flavonoida (senyawa kimia aktif yang dijadikan sebagai obat penyakit hati) dan polifenol (
    zat kimia yang memiliki sifat antioksidan).
Manfaat lainnya yaitu getah bunga alamanda yang berwarna putih memiliki sifat anti bakteri dan juga antibiotik sehingga dapat dijadikan sebagai obat penyakit kanker dan pencegah kuman atau bakteri. Bunga ini juga dapat digunakan untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa, serta dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kuning.

Daunnya digunakan untuk penawar racun dan dipakai sebagai ramuan herbal untuk penyakit bisul atau abses, eksim, dan kurap. Rasa daun bunga alamanda ini pedas, pahit, berkhasiat laksatif (pencahar) dan penyebab muntah (emetik).

Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan
  • Penawar racun. Caranya : cukup sediakan 15 gram daun bunga alamanda segar cuci bersih dan rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit hingga mendidih, dinginkan dan minumlah air rebusan daun bunga alamanda ini 2x sama banyak dengan selang satu jam.
  • Mematikan belatung dan jentik nyamuk.  Dan bagian dari tanaman ini yang digunakan adalah getah dari batang bunga alamanda.
  • Obat bisul dan kurap. Cukup cuci bersihdan tumbuk halus bunga alamanda dan balurkan pada bagian yang terkena bisul tersebut.
  • Mengatasi sembelit. Seduh daun alamanda, kemudian minum.
  • Obat Disentri, batang tanaman bunga alamanda ini keras dan bergetah yang bisa dimanfaatkan untuk penyakit disentri
  • Obat Penyakit Kuning. Bukan hanya batang, daun dan bunganya saja, tapi akar bunga alamanda ini juga memiliki manfaat untuk pencegahan penyakit kuning.
Itulah sajian informasi mengenai khasiat bunga alamanda untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi penyembuhan keluhan yang saat ini Anda derita. Selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Bunga Alamanda untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment