Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan - Bunga Melati atau dalam bahasa latin Jasminum sambac, Ait. merupakan salah satu jenis bunga yang sangat terkenal karena aroma baunya yang harum. Di Indonesia sendiri, pohon bunga melati sendiri sangat mudah untuk ditemukan, kita sering menjumpainya di pekarangan rumah atau sebagai pembatas pagar. Tidak hanya memiliki warna dan bunga yang cantik serta aroma yang harum, ternyata bunga melati juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita, dan sebagai penyembuh berbagai macam penyakit, dan metode penyembuhan penyakit dengan menggunakan bunga melati ini telah dilakukan sejak zaman dahulu.

Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan
Di Indonesia sendiri, bunga melati ini adalah tanaman bunga hias yang dijadikan sebagai "Puspa Bangsa" atau simbol nasional yaitu melati putih, karena bunga putih kecil yang harum ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi suku di negara ini.

Baunya yang khas, menjadikan bunga melati sebagai salah satu jenis bunga yang disukai oleh semua kalangan, dan juga dipergunakan untuk kepentingan ritual-ritual tertentu, dari mulai dari kegiatan atau ritual yang bersifat adat, religius, hingga ritual yang berbau mistis. Bunga ini juga merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan bebagai suku di indonesia, terutama Sunda dan Jawa.

Hal yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat kita adalah, ternayta bunga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Padahal nenek moynag kita sudah menggunakannya sebagai bahan dasar pengobatan tradisional berbagai penyakit, diantaranya adalah : menghentikan keluarnya ASI berlebihan, obat sakit mata, sakit kepala, demam, sesak, nafas, 

Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam bunga melati yang berperan dalam penyembuhan berbagai penyakit itu adalah : indol, benzyl, dan livalylacetaat. Dan bagian dari tanaman bunga melati yang dipergunakan sebagai obat adalah bagian daun, akar dan bunganya.

Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan

1. Sesak Nafas

Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan yang pertama adalah sebagai obat tradisional penyakit sesak nafas. Rebuslah 20 lembar daun melati dan garam secukupnya dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, air rebusan daun melati tersebut disaring. Minum airnya dua kali sehari tiap pagi dan sore.

2. Demam dan Sakit Kepala

Sakit kepala? Anda jangan dulu memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia. Kita bisa mengatasi demam dan sakit kepala dengan menggunakan tanaman herbal untuk sakit kepala yaitu bunga melati yang dapat kita peroleh di pekarangan rumah kita, ya dengan menggunakan si cantik bunga melati. Ambillah segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati, kemudian diremas-remas dengan tangan. Setelah layu dan agak hancur, rendam dalam air. Air rendaman ini digunakan untuk mengompres dahi. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengobati sakit kepala ringan.

3. Disengat Lebah atau Serangga Lain

Jika Anda tiba-tiba disengat lebah, ambillah satu genggam bunga melati, kemudian diremas-remas sampai halus. Tempelkan bunga melati yang sudah diremas tersebut ke bagian tubuh yang digigit serangga atau disengat lebah.

4. Sakit Mata

Sakit mata memang sesuatu yang sangat mengganggu, terutama bagi anda yang memiliki aktivitas padat, bekerja di lapangan, atau yang mengharuskan anda untuk berlama-lama di depan layar komputer. Tapi jangan khawatir, ada resep sederhana namun sangat efektif untuk menyembuhkan sakit mata secara tuntas hanya dengan menggunakan bunga melati. Simak cara membuat ramuan penyembuh sakit mata dengan bunga yang memiliki nama latin Jasminum sambac Ait. ini :

Ambil bunga melati beberapa buah ( kuntum ) minimal ambil 3.
  • Cuci bersih dengan air untuk menghilangkan debu dan bakteri yang menempel sebelum dipetik.
  • Pindahkan kedalam gelas atau cangkir plastik.
  • Tuangkan air panas kira-kira kurang dari seperempat gelas.
  • Kemudian tutup agar uapnya tidak keluar.
  • Tunggu hingga dingin, setelah itu silakan anda teteskan ke bagian mata anda yang terasa perih.
  • Setelah meneteskan beberapa tetes, simpanlah kedalam kulkas dengan gelas dalam keadaan tertutup seperti semula, agar tiada bakteri yang masuk dan menjaga kondisi air bunga melati tetap steril.
Resep juga bagus untuk anda yang sedang memiliki gangguan minus atau plus maupun rabun penglihatan. Gunakan satu hari dua sampai tiga kali secara beraturan setiap hari.

5. Menghentikan ASI Berlebihan

Terkadang, ada ibu menyusui yang ASI-nya keluar terlalu banyak. Bahkan saat sang bayi tidak menyusu pun ASI tetap keluar. Hal ini tentu cukup merepotkan, namun bisa diatasi dengan ramuan bunga melati. Caranya, satu genggam daun melati dipipis halus, kemudian ditempelkan pada sekitar payudara. Lakukan setiap pagi sebelum mandi.

6. Radang Usus

Manfaat luar biasa yang dimiliki oleh bunga melati ini adalah sebagai obat tradisional penyakit radang usus. Cara membuatnyapun sangat mudah, kita cukup ambil satu genggam daun melati poncosuda (nama lain melati hutan atau melati gambir), rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring, minum 2 kali sehari.

7. Radang Ginjal

Penyakit Radang Ginjal ternyata dapat kita obati dengan menggunakan bunga melati. Ambil 15 gram daun kering melati poncosuda, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari sampai air kencing yang keruh menjadi normal.

Selain sebagai obat dan penyembuh dari beberapa macam penyakit yang telah disebutkan di atas, ternyata melati juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai berikut :

  • Minyak melati dikenal sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat sehingga obat herbal ini direkomendasikan untuk meningkatkan libido, kekuatan seksual, merangsang dorongan seksual, dan bahkan mungkin mengobati infertilitas baik pada pria dan wanita.
  • Melati dianggap sangat efektif khususnya dalam mengatasi nyeri otot, sendi, dan sakit kepala.
  • Menambahkan minyak melati ke dalam campuran minyak esensial dapat mengobati gejala yang paling umum dari infeksi pernapasan.
  • Teh melati dikenal sebagai tonik alami yang dapat merangsang semua fungsi sistem tubuh utama dan organ.
  • Melati memiliki sifat antiseptik yang dapat direkomendasikan untuk mengobati segala macam infeksi kulit.
  • Melati adalah obat alami yang dapat digunakan untuk merangsang dan meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan.
  • Melati bisa menjadi alat detoksifikasi aman yang dapat digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh.
  • Teh dan ekstrak melati dapat membantu dalam menurunkan berat badan lebih efektif.
  • Minyak bunga melati dapat sangat efektif untuk mengobati ketegangan saraf, apatis, kecerdasan, dan gangguan saraf yang lebih serius.
  • Melati dapat dimanfaatkan untuk memerangi depresi dan efek negatif lain dari stres.
Itulah sajian informasi mengenai Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan. Mari menjaga kelesarian lingkungan kita dan menjadikannya sebagai apotek hidup, salah satunya adalah menanaminya dengan tanaman hias yang sekaligus berfungsi sebagai obat alami untuk penyembuhan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah melati ini. Insya Alloh akan banyak manfaat yang kita peroleh. Semoga bermanfaat..

0 comments "Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment