Beberapa Jenis Penyakit pada Telinga

Beberapa Jenis Penyakit pada Telinga - Penyakit yang terjadi pada telinga akan memberikan kesulitan tersendiri pada penderitanya, yaitu mengalami kesulitan dalam pendengaran, memberikan gejala sakit yang disertai dengan pusing. Telinga memiliki bagian yang berbeda temasuk Canal Telinga, Telinga Tengah dan Telinga Dalam, dimana syaraf mengirimkan sinyal suara dan perasaan yang berkaitan dengan keseimbangan ke otak.
Beberapa Jenis Penyakit pada Telinga

Semua bagian telinga memiliki resiko terkena infeksi dan trauma yang bisa menimbulkan kerusakan kecil atau bahkan sangat berbahaya bagi telinga. Adapun beberapa macam penyakit telinga adalah sebagai berikut :

1. Tersumbatanya telinga oleh kotoran

Penyakit pada telinga bagian luar memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak. Minyak ini berguna untuk mencegah masuknya air dan kotoran ke dalam telinga. Biasanya, minyak akan menggumpal dengan kotoran dan akan mengering. Namun terkadang, kotoran telinga mengumpul terlalu banyak dan menyumbat telnga, hal ini tentunya akan menjadi masalah tersendiri bagi penderitanya.

2. Hilangnya pendengaran akibat pencemaran suara.

Suara yang terlalu kerasa dapat merusak telinga bagian dalam. Akibatnya pendengaran akan terganggu dan bahkan pendengaran bisa menghilang, rusaknya akibat suara yang terlalu keras dapat dicegah dengan tidak mendengarkan dang menghindari sumber pencemaran suara atau menggunakan alat penutup telinga yang dapat mengurangi intensitas suara.

3. Tuli konduksi

Pada tuli konduksi, telinga tidak dapat mendengar karena gangguan pada penghantaran getaran suara. Adapun yang menajdi sebab dari gangguan ini adalah :
  • Penyumbatan saluran telinga oleh minyak serumen
  • Penebalan atau pecahnya membran timpani
  • Pengapuran pada tulang pendengaran
  • Kekakuan hubungan stapes pada tingkap oval
  • Tuli syaraf, yaitu tuli yang disebabkan oleh adanya kerusakan syaraf auditori (syaraf pendengaran).
4. Vertigo

Vertigo adalah suatu gangguan atau kondisi dimana telinga bagian dalam mengalami gangguan sehingga terasa pusing dan ruang di sekeliling penderita tersebut terasa berputar sehingga pada kondisi ini penderita merasa berputar atau melayang. Kebanyakan para penderita penyakit vertigo terserang kondisi ini saat sedang stress dan kecapean. Simak lebih lanjut mengenai Vertigo.

5. Terasa ada tekanan dalam telinga

Orang yang mengidap penyakit meniere akan merasa ada tekanan pada telinga bagian dalam, gejala-gejala tersebut dapat timbul dengan tingkat keparahan, frekuensi, dan durasi yang berbeda-beda, terutama pada awal penyakit. Akan tetapi, bisa juga gejala-gejala tersebut terjadi dalam waktu yang bersamaan. Jika gangguan ini tidak segera diatasi, maka dikhawatirkan akan terjadi komplikasi, seperti : gangguan berbicara, hilangnya kesadaran, kehilangan penglihatan, dan gejala lainnya dan bahkan bisa menimbulkan penyakit lain yang lebih serius, seperti : stroke, tumor otak, penyakit jantung, penyakit kardiovaskular, dan menyebabkan hilangnya kemampuan mendengar.

Itulah beberapa jenis penyakit pada telinga. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini menambah pengetahuan tentang gangguan dan penyakit yang dapat menyerang telinga kita. Semoga bermanfaat..

0 comments "Beberapa Jenis Penyakit pada Telinga", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment